Selasa, 25 November 2008

KELUHAN shock breaker depan HONDA BeAt bunyi

Saya membeli Honda Beat periode awal yaitu 3 minggu setelah motor ini di launching, waktu itu saya mengunjungi Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2008 dan tertarik dengan motor ini karena beberapa pertimbangan. Antara lain Model menurut saya bagus, Mesin oke juga karena jaminan merek Honda, faktor penggunaan untuk mengantar anak ke sekolah dan satu hal lagi karena skuter matic merek lain sudah terlalu banyak jadi bosen ingin sesuatu yang Baru.


Secara umum saya puas dengan motor ini dari model, performa, ke iritan tetapi ada kekurangan atau kelemahan Honda Beat yang sangat MENGANJAL mengenai PEREDAM DEPAN alias shock breaker depan sering berbunyi pletok…pletok...pletok pada saat melibas polisi tidur atau lubang yang tidak terlalu dalam (10 cm) atau jalan aspal yang keriting. Bunyi pletok..pletok ini akan semakin sering jika kita mengerem ban depan lebih keras atau jika karena sesuatu hal kita mengerem mendadak.

Sudah komplain ke bengkel resmi Honda (AHASS)

Mengingat shock breaker ini adalah alat yang sangat vital dalam kendaraan, yang berfungsi sebagai peredam goncangan agar pengendara merasa aman, nyaman dan tidak cepat lelah. Didorong rasa penasaran dan ketakutan akan factor keamanan itulah, maka buru-buru ke Bengkel untuk menyampaikan keluhan ini. Pada saat service pertama ke Bengkel Resmi Honda Daya Motor Bekasi, kilometer baru 300 an km saya sengaja tidak menunggu 500 km atau 1 bulan pertama. Jawaban dari mekanik AHASS Daya Motor Bekasi katanya karena motor baru maka belum tahu penyebabnya, kedua menjawab agak ragu-ragu dengan mengatakan bahwa standar motor matic memang seperti itu. Apa benar ya…? Tindakan yang dilakukan sebatas service rutin sesuai standar pengecekan servis berkala dan bunyi shock itu tetap tidak bisa hilang.

Pada bulan ke empat tepatnya awal Nopember 2008 saya service lagi dengan spidometer menunjukan angka 900 an km dengan complain yang sama yaitu mengenai shock yang bunyi tersebut dengan harapan pada waktu itu sudah banyak Honda Beat yang beredar, ternyata dugaan benar, rata-rata teman-teman yang service rutin Honda Beat mengungkapkan keluhan serupa….yaitu bebunyian pada sector shock depan tersebut. Untuk mencari bunyi shock depan mekanik AHASS sampai mencopot sparkboard depan, lampu besar sampai papan atau firing depan untuk mengetahui asal bunyi apakah karena kelembutan shock depan sehingga spakboard menyentuh penjepit shock bagian atas. Hasilnya ternyata bukan berasal dari bagian itu.

Kemudian di coba dengan mengayunkan shock breaker pada saat motor berhenti dengan mengerem roda depan. Setelah di ayun-ayunkan beberapa kali barulah ketahuan bunyi jedok…jedok…jedok…. itu muncul, menurut mekanik yang menangani komplain tersebut bunyi dimaksud berasal dari per spiral yang terlalu keras pada saat membalik . Per atau pegas tersebut ada di sock breaker depan bagian atas, pengujian hanya sampai di situ saja, mekanik meyakinkan bahwa hal itu tidak mempengaruhi faktor keamanan kendaraan. Solusi yang di lakukan hanyalah mengencangkan komstir saja. Atau jika konsumen menghendaki bisa mengganti dengan shock breaker Honda Kharisma menurut mekanik tersebut, tetapi jika ini dilakukan apakah tidak akan merusak garansi? mengingat motor ini baru.

Mohon tanggapan dari PT Astra Honda Motor (AHM)

Sampai sekarang bunyi shock depan Honda Beat saya masih ada, walapun sudah dijelaskan oleh mekanik bengkel resmi Honda PT Daya Motor Bekasi bahwa bunyi tersebut tidak berbahaya atau motor tetap aman,dikendarai, saya sebagai konsumen ingin tahu tanggapan dari PT AHM apakah standar shock depan seperti itu.

Jika memang catat produksi maka recall produk bukan sesuatu yang menakutkan atau musibah, tetapi suatu bentuk aspresiasi produsen kepada konsumen seperti yang terjadi pada roda belakang Honda Vario beberapa waktu yang lampau. Mudah-mudahan masukan ini Dapat Memberikan Perbaikan Bagi Kualitas Motor Honda dan dapat Mempertahankan LOYALITAS pengguna Merek HONDA.

Jika teman-teman pembaca ada yang mempunyai pengalaman sama mohon share ya…atau punya solusi untuk masalah ini ..silahkan koment. Terima kasih.

Artikel yang berhubungan : Menghilangkan bunyi shock Honda Beat, Test Drive Honda BeAt, Honda New Tiger Revo, Kawasaki KLX 140 dan Yamaha X1 R 135

17 komentar:

tarfiqblog mengatakan...

Servis ulang aja Bro,tak selamanya yang Baru itu baek.Ok

Anonim mengatakan...

@ admin

Terimkasih bro Tarfiq, saya sudah komplain 2 kali pada saat servis pertama dan servis kedua. Tetapi jawaban yang kami dapatkan dari mekanik bengkel AHASS tidak begitu tegas. Katanya bunyi itu masih dalam toleransi dan kemungkinan standar motor mati Honda. Jika nanti ada recall ya konsumen akan diberitahu.

Mendapat jawaban seperti rasanya kita tidak dapat berharap banyak kepada mekanik bengkel resmi Honda.

Seperti waktu komplain ke dua hal yang dikerjakan oleh mekanik untuk mengurangi timbulnya bunyi hanya dengan mengencangkan komster saja.

Hal itu tidak akan menghilangkan sumber bunyi karena berasal dari per/pegas pada saat membalik yang ada di bagian atas shock depan (maaf namanya bagian itu saya belum tahu. Ini dibuktikan saat mekanik mencoba mengayun-ayunkan shocbreker tsb.

didiet mengatakan...

hmm gitu ya..saudaraku ada juga ni yg punya honda beat..ntar tak tanyak permasalahannya sama juga gak

balidreamhome mengatakan...

New tiger gimana ya bro, tapi harganya muahaaalll neh.. 24 jutaan tuh :-)

admin mengatakan...

U/ Balidream

Selama ini Honda memasang harga yang lebih tinggi untuk motor yang berada pada satu level. Barangkali ada pertimbangan image, bahwa motor bagus harga juga bagus (ini hanya opini saya saja.

Khusus untuk tiger saat ini kelas 200 cc memang ia melenggang sendiri paling ada pesainnya Bajaj Pulsar 200. Tetapi Honda masih percaya diri belum menganggap Bajaj Pulsar saingan. Barangkali akan berbeda jika Yamaha mengeluarkan motor sekelas.

wiwik mengatakan...

Honda Beat saya & kakak saya juga begitu. belum pernah saya komplain karena mungkin semua honda beat juga begitu. Ada temen saya coba ganti dengan per shok honda grand, memang udah g bunyi lagi tapi keras, g seempuk yang aslinya, pokoknya kurang nyaman deh.

Anonim mengatakan...

bener bos..beat istri saya ampe skrg (pembelian bln agsts 08) masih bunyi2 aja.Komplain ke AHAS juga sama aja, malah mekanik'a bilang : "ya memang begitu pak, diemin aja yg ptg gak bahaya". Sebel jg denger'a kalo gini. Gak ganggu keamanan sih mungkin, tapi kenyamanan pasti terganggu!! Tiap lewat polisi tidur mesti pelan2. Apa HONDA terlalu terburu2 dan bernafsu ngejar ketinggalan'a ama Yamaha ya? Dan kalo emg cacat produksi knp gak ada tanggung jawab'a ya dr HONDA? Tau gitu gw ambil Mio lagi dah!

admin mengatakan...

u/ wiwik & anonim

Dari perbincangan pada saat sy servis ke 3 dengan mekanik AHASS katanya memang standar shoc depan Beat terlalu empuk jadi pada saat per membalik/rebound pernya mentok, itu yang membuat shoc depan bunyi krok..krok...pada saat melibas polisi tidur atau jalan kriting.

Honda Beat khan! sebenarnya sudah beredar duluan di Thailand dengan nama Icon, kemungkinan PT AHM mengadosi utuh shoc depan seperti spec yang di Thailand pada hal jalanan di Indonesia khan berbeda kondisinya. Banyak podur lah..dan lain-lain.

Intinya Shoc depan skutik beat yang terlalu empuk cocok di jalan yang rata dan mulus jika ingin merasakan kenyaman.

Untuk membuang bunyi tersebut ya per shoc depan diganti dengan per yang lebih panjang seperti yang di sampaikan sobat Wiwik, bisa dengan per shoc kharisma bunyi akan hilang tetapi ada efeknya shoc menjadi lebih keras.

dennylaros mengatakan...

Sama bro..Honda beat saya juga bunyi cetok-cetok di area depan kalau lewat "polisi tidur", parahnya anak saya yang umur 4 tahun suka naik didepan jadi makin parah aja suaranya padahal cuman lewat jalan keriting biasa

setsuna mengatakan...

bagi yang punya solusi buat sock depan beat yang suka bunyi
tolong kirim solusi ke setsunaf4@gmail.com

Anonim mengatakan...

mungkin as shock depan baret2 kan krom2 honda JELEK DARI PADA YAMAHA

Anonim mengatakan...

Benar bro.. saya punya Beat sejak hari pertama sudah mengagetkan jantung "hati" sama "tunggangan" baru karena bunyi jedok jedok jedok... sampai berpikir negatif, bagaikan garpu sepeda yang hampir mau patah saja ...
sesungguhnya ini tidak bisa disalahkan kepada pengguna, "kenapa harus lewat jalan rusak?"
Tetapi persoalannya lewat jalan bergelombang di daerah komplek perumahan yang banyak "polisi tidur" juga menimbulkan bunyi mengganggu telinga, dimana suatu saat pada waktunya, 3 tahun 4 tahun atau 10 tahun kemudian atau 12 tahun kemudian "kekuatan besi" tersebut akan menurun "kekerasannya" dan akan menjadi pecah atau patah.. sehingga mencelakakan pengendaranya di jalan raya...

Benarkah masyarakat yang harus dikorbankan oleh kesalahan produksi dari Astra Honda Motor (AHM)?

Contoh dari kekuatan besi dapat menurun kekerasannya, ada contoh kongkrit dan fakta yang pernah terjadi; besi pegangan turbin jet dari sayap pesawat boing menjadi berkurang kekuatan/kekerasannya sehingga menjadi penyebab dari beberapa kali jatuhnya pesawat jenis boing, baru diketahui karena ada kecelakaan yang menyebabkan penumpang, dan pilot tidak hancur lembur.

Sehingga ada penelitian yang intensif untuk mencari penyebab lepasnya turbin dari sayap pesawat.

Mengapa Turbin jet pendorong pesawat bisa lepas dari sayap pesawat sewaktu running take off?

Setelah dilakukan beberapa kali pengetesan dan berbagai cara penelitian, unsur besi menjadi lunak hanya disebabkan karena "dongkrak" yang mengangkat turbin sewaktu menjalankan perawatan rutin. Terlalu mengangkat beberapa centimeter lebih tinggi, sehingga "plat baja" yang menjadi pegangan turbin menjadi "retak" yang hanya diketahui dari "microscope laser"

Maka dalam persoalan bunyi dari Shock Depan Motor Honda Beat ini, seharusnya dapat dimasukkan sebagai "kesalahan produksi" yang menjadi tanggung jawab 100% pabrikan AHM untuk mencari solusi dan mengganti per ulir posisi diatas shock depan bagi seluruh Honda Beat yang saat ini sudah beredar, baik di show room Dealer motor atau pemakai.

Sebagaimana masyarakat adalah warga negara Indonesia, atau bukan warga negara Indonesia sekalipun, tanpa kecuali, bahwa; nyawa kita seharusnya tidak harus mendapatkan celaka yang sia-sia disebabkan karena ketamakan dan kecongkaan pengusaha yang tidak peduli terhadap keselamatan manusia.

Langkah yang dapat ditempuh adalah:
1. Melaporkan kepada YLKI;
2. Departemen Perindustrian;
3. Balai Uji dan Keselamatan Masyarakat terhadap pabrikan yang tidak melakukan Uji Kelayakan terhadap Produk yang diedarkan ke masyarakat dari Pabrik AHM.

Seluruh informasi diatas, mungkin bisa terjadi bias terhadap gangguan bunyi shock hanya pada saya saja, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap Authorized Honda Astra Service Senter (AHASS) di seluruh Indonesia yang telah menerima service Honda Beat, apakah; "memang honda beat mengalami bunyi jedok jedok yang sama karena hentakan besi baja yang terdapat pada kembalinya per ulir atas di dalam shock depan?"

Silahkan para pembaca menanggapi dengan jujur, agar masyarakat mendapatkan perlindungan yang layak, sebelum terjadi kecelakaan, dengan; "terjungkal pengendara" sehingga meninggal dunia karena terjatuh dan dilindas mobil yang tidak diketahui oleh pengendara itu sendiri (sebab sudah meninggal) dan pada umumnya, kendaraan dimaksud akan dijual, agar; "membuang sial dan tanpa harus melakukan penelitian lebih lanjut, terhadap asal muasal terjadi kecelakaan atau hancurnya kendaraan bermotor dimaksud.

Terimakasih, dan selamat berkendara untuk tetap selalu hati-hati dijalan.

Salam
Andre

Widodo mengatakan...

Apakah Honda beat produk terbaru januari 2010 ini juga masih sama?? Saya tertarik hendak membeli Honda beat, tapi kalo masih ada keluhan serupa jadi mikir lagi..

Firman Nugraha mengatakan...

Bro, langsung lapor ke AHM nya aja. Ada kasus serupa juga, lapor ke AHASS cuma dianalisis gitu2 aja sama mekaniknya. Tapi pas lapor ke AHM diganti satu set shock depannya.

Untuk pengaduan bisa langsung aja ke 08001046632 (bebas pulsa, dr telpon rumah). Kasih tau keluhannya, kalo memang lancar nanti motornya dijemput sama AHASS main dealer yang uda ditunjuk AHM untuk diperbaiki/ganti. Selama proses tersebut juga ntr dikasih motor pinjeman buat penggati motor yang lagi diperbaiki.

renova yudfi mengatakan...

Keluhan seperti itu tidak terjadi hanya pada beat, punya saya mulai baru supra x-125 R-CW lansung bunyi seperti itu... sebenarnya ada apa aih dengan honda... saya beli honda ini yang pertama langsung seperti itu.. selama ini saya pakai yamaha...

yoyok hartadi mengatakan...

kalau masalah sok beker depan honda beat, saya sudah pernah melakukan repair sok beker depan vario tanpa mengganti part apapun dan memang aslinya ayunan sok beker depan empuk. tapi setelah saya servis sok beker depan dengan mengganti oli sok dan olinya ditambahi dari standarnya hasilnya lebih nyaman dipakai. setiap melakukan test drive dibelokan dan jalan berbatu terasa lebih nyaman dari sebelum di servis. silakan teman2 yang punya honda matic beat atau vario dicoba. tapi ingat pemberian tambahan oli dari standarnya cuma sedikit jangan terlalu banyak....semoga bermanfaat,,,

yoyosugiarto mengatakan...

Untuk mengatasi bunyi pada shockbreker Honda beat, aku pernah menambah Dan mengurangi jumlah oilnya bahkan pernah juga mengganti pernya dengan karisma ,tapi tetap saja masih bunyi. Tapi untuk honda beat yang di release tahun 2011 sudah tidak bunyi.