Kamis, 14 Mei 2009

Menghilangkan bunyi shock depan Honda Beat


Ketika awal-awal saya membeli motor Honda Beat ini, sangat terganggu dengan bunyi krook…krook shock depan setiap melewati polisi tidur maupun jalan kriting, Komplain sudah beberapa kali di sampaikan tetapi rupanya standar memang seperti itu jadi apa mau dikata. Oleh karena itu seminggu yang lalu saya coba mengatasi bunyi shock tersebut dengan mengganti pernya.


Pergantian ini atas masukan dari mekanik bengkel AHASS Honda dan masukan dari beberapa teman-teman pada postingan saya tentang keluhan Honda Beat. Nah bagi sobat-sobat yang menginginkan shock depan Honda Beat agar tidak bunyi berikut ini saya informasikan tentang penggantian per shock depan Honda Beat dengan kepunyaan Honda Kharisma.

Dengan ulir yang renggang per shock Beat sangat empuk.

Gambar atas adalah per shok Kharisma dan yang bawah per shock Beat

Jika kita lihat konstruksi per Shock depan Beat lebih renggang dan lebih pendek 2 ulir jika dibandingkan dengan per shock Kharisma. Karena per terlalu empuk sehingga saat melindas poldur per ini tertekan sampai mentok ke bagian tutup atas dengan tidak ada lagi jarak bebas per sehingga menimbulkan bunyi. Di bawah ini ada gambar perbandingan per shock Beat dan per shock Kharisma

Bisa pasang di bengkel resmi atau dikerjakan sendiri

Mau lebih mudah pasang langsung di bengkel resmi, lebih enak lagi jika motor masih mempunyai masa servis gratis seperti yang saya lakukan masih masa servis gratis yang ke empat sehingga tidak terkena biaya jasa sedikitpun kecuali penggantian part.

Jika dikerjakan sendiri juga tidak ada sulitnya, siapkan dulu per shock Kharisma, oli shock untuk menambah isi oli shock yang kemungkinan berkurang, kunci ring 10 s/d 12 dan obeng.



Jika sudah siap mulai dengan melepas roda depan dahulu, ganjal bawah dek agar bagian depan tetap terangkat, copot shock depan gantian satu persatu dimaksudkan agar spack board depan menempel di satu sisi shock sehingga pekerjaan rapi tidak berceceran. Jika sudah lanjutkan dengan membuka tutup shock depan dengan menggunakan obeng plus, tekan kemudian lepaskan klip penguncinya.


Keluarkan per yang akan diganti dan masukan per shock Kharisma. Tambahkan oli shock atau ganti semua olinyaKemudian lakukan memasang kembali tutp shock dan pemasangan dengan cara kebalikan dari proses pembukaan.

Biaya penggantian spare part tidak mahal.

Bagi sobat-sobat yang akan melakukan penggantian dari per beat dengan per Kharisma di bawah ini biayanya:
- Per Kharisma Rp. 20.000 per unit atau Rp. 40.000 sepasang
- Oli shock standar beat menggunakan showa 175 ml Rp. 40.000
Jadi total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 80.000

Kekurangan dan kelebihan penggantian per shock

Jika per sudah diganti dengan kepunyaan Honda Kharisma, dijamin bunyi kroook..krooook…kroook …pada shock depan Honda Beat bisa di usir. Tetapi semua ada resikonya atau ada plus minusnya. Jika tetap menggunakan per shoc Beat suspensi lebih lembut ayunannya tetapi kekurangannya bunyi krook..krook dan jika menggunakan per Kharisma nilai plusnya bunyi tidak ada tetapi minusnya shock lebih keras karena jarak antara per dengan per lebih rapat. Nah semua tergantung pada sobat-sobat apakah puas dengan per standar atau yang sudah diganti.

Pengalaman saya lebih suka dengan yang agak keras shocknya karena motor lebih stabil dan lebih percaya diri terhadap penghambat jalan/polisi tidur atau jalan kriting. Mau mencoba monggo….

Artikel lain: Minerva Sach 250, Sedikit modifikasi Yamaha V Ixion dan Kampas mobil hangus terbakar

10 komentar:

TYO mengatakan...

wah udah bertaun taun ga mampir kesini mas apa kabar mampir ke blog baru saya mas di http://www.dtyo.net

admin mengatakan...

Trimakasih kawan, masih mau berkunjung...he 3x jadi malu aku jarang mau berkunjung.

Berangkat deh mampir...lagi

apih yayan mengatakan...

mampir tau dari blognya orang norway.. salam kenal mas dariku from bandung

zalfa mengatakan...

mas giri tambah hebat dah..saya iskandar...tetep maju deh

Apih Yayan mengatakan...

mas bisa tukeran Link.. punya pa sugiri udah saya simpan di link friend blog saya.. kalau tidak keberatan link teks punya saya ditulis saja "Apih Yayan" terima kasih sebelumnya..

Ryan mengatakan...

Thx infonya .. sayang motorku bukan "Beat" .. salam kenal ya

Gandhi Anwar mengatakan...

waaah tips yang bagus...
btw bro, tolong link di blogroll "Gandhi" di linknya ke http://GandhiAnwar.blogspot.com ya...

terima kasih;

Gandhi
http://just2live.blogspot.com

auLia mengatakan...

thanks for information,,

arief mengatakan...

kalo dibalik gmn bro. bisa nggak? shock depan karisma pake per nya beat.. coz karisma ku shock depan agak keras. thanks

Green Residence mengatakan...

Lama gak mampir nih, kok link ku sudah gak ada lagi yah? tolong pasang lagi dong...linkmu masih tetap bertengger di my friend link ku