Kamis, 27 November 2008

KAWASAKI KLX 150 : Pengembangan kawasaki KLX 140 versi Indonesia?

Penggemar motor Off-Road , kabar gembira datang dari Kawasaki Indonesia yang menurut berbagai sumber akan menghadirkan Kawasaki KLX yang lebih kecil dalam ukuran volume silindernya. Ya… motor KLX 150 cc yang tergolong motor Enduro/Offroad ini akan menemani kakaknya KLX 250 S yang sudah dahulu hadir di Indonesia.


Tetapi jika kita browsing dengan key word KLX 150 belum ada bentuknya, sedangkan yang kita temukan adalah tipe KLX 140 atau KLX 110 yang di negeri Thailand sudah beredar. Kemungkinan Type KLX 140 ini yang yang akan diperbesar menjadi 150 cc untuk market di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena factor persepsi masyarakat kita yang menganggap 140 cc tanggung sehingga di perbesar menjadi 150 cc.

Yang juga dipertimbakan dalam Motor Kawasaki 140 Off-Road adalan tingkat ke amanan karena kita tahu, tingkat pengalaman pengendara tentu beragam mulai tingkat pemula sampai tingkat mahir, karena itu motor Off-Road atau penggaruk tanah ini tidak datang dalam "satu ukuran untuk semua".

Melainkan ada dua pilihan yang ditawarkan pada Kawasaki KLX 140 Off-Road . Type KLX 140 adalah di desain untuk pengendara pemula dengan ukuran ban yang lebih kecil dan fitur yang lebih sedikit. Sementara type KLX 140 L untuk pengendara advance, menawarkan banyak tambahan fitur performa yang cukup.

Kawasaki dirt bike ini menggunakan system pendingin udara, mesin SOHC 144cc, tenaga disalurkan melalui 5 kecepatan, rasio transmisi tertutup. Fitur-fitur lainnya termasuk electric stater, pelek roda RK Excel alumunium kualitas tinggi. Harga dasar $2,699 untuk penjualan di Amerika.

Sebelum motor hadir kita lihat spesifikasinya apakah nanti yang di Indonesia akan sama dengan yang beredar di seberang sana.

KLX 140 Specifications
  • Engine: Four-stroke, SOHC, two-valve single
  • Displacement :144cc
    Bore x stroke: 58.0 x 54.4mm
  • Compression ratio: 9.5:1
  • Cooling: Air
    Carburetion : Keihin PB20
  • Ignition : CDI
  • Transmission: Five-speed with wet multi-disc manual clutch
  • Final drive: Chain
  • Frame : High-Tensile steel, box-section perimeter
  • Rake / trail: 27 degrees / 3.3 in.
  • Front suspension / wheel travel: 33mm telescopic fork / 7.1 in.
  • Rear suspension / wheel travel: UNI-TRAK® linkage system and single shock with 5-way preload adjustability / 7.1 in.
  • Front tire: 70/100-17
  • Rear tire: 90/100-14
  • Front brake / rear brake: Single 220mm petal disc with a dual-piston caliper / Single 186mm petal disc with single-piston caliper
  • Overall length: 71.7 in.
  • Overall width: 31.1 in.
  • Overall height: 41.3 in.
  • Ground clearance: 9.3 in.
  • Seat height: 30.7 in.
  • Curb weight: 205.0 lbs.
  • Wheelbase: 49.6 in.
  • Fuel capacity: 1.5 gal.
  • Color: Lime Green

KLX 140 L Specifications

  • Engine: Four-stroke, SOHC, two-valve single
  • Displacement : 144cc
  • Bore x stroke: 58.0 x 54.4mm
  • Compression ratio: 9.5:1
  • Cooling: Air
  • Carburetion: Keihin PB20
  • Ignition: CDI
  • Transmission: Five-speed with wet multi-disc manual clutch
    Final drive : Chain
  • Frame : High-Tensile steel, box-section perimeter
    Rake / trail : 27 degrees / 3.8 in.
  • Front suspension / wheel travel : 33mm telescopic fork / 7.1 in.
  • Rear suspension / wheel travel: UNI-TRAK® linkage system and single shock with piggyback reservoir, fully adjustable preload and 22-way rebound damping / 7.1 in.
  • Front tire : 70/100-19
  • Rear tire : 90/100-16
  • Front brake / rear brake: Single 220mm petal disc with a dual-piston caliper / Single 186mm petal disc with single-piston caliper
  • Overall length : 74.6 in.
  • Overall width : 31.1 in.
  • Overall height : 42.3 in.
  • Ground clearance : 10.0 in.
  • Seat height : 31.5 in.
  • Curb weight : 209.4 lbs.
  • Wheelbase : 50.6 in.
  • Fuel capacity : 1.5 gal.
  • Color : Lime Green

Karena motor ini category enduro/offroad, tampilan motor tidak dilengkapi kaca spion, speedometer, lampu depan, lampu belakang, sein peralatan lain yang memenuhi standar lalu-lintas. Sehingga jika akan dipakai di dua alam harus menjadi motor dual-purpose. Yaitu bisa dipakai harian dan dapat juga digunakan di medan offroad.

Faktor harga

Selama ini motor-motor dari PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tentunya yang berkualitas global (misal Ninja 250 R, KLX 250 S) harganya sangat mahal untuk masyarakat kita, mungkin berbeda untuk kalangan penggemar atau hobies yang motor bukan untuk transportasi sehari-hari melainkan karena hobi. Harga “mahal” hal ini terjadi karena motor Kawasaki tersebut masih di impor dari Negara lain.

Jika PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) hanya mengimpor sebagaian mesin saja dan membuat bagian lain serta di rakit di Indonesia tentunya harga akan dapat direduksi menjadi lebih murah dan peluang yang selama ini terbuka untuk motor category ini dapat dimanfaatkan.

Sumber : http://www.Kawasaki.com gambar dan spesifikasi

Artikel sejenis: Kawasaki KLX 250 S dan Kawasaki New Ninja 250 R

6 komentar:

Kristina Dian Safitry mengatakan...

keren bangeeet...

btw, taxs masih ingat mengunjungi diriku..

Sarif priant mengatakan...

Keren yah motornya,
jadi pengen....
tapi bisa kredit ga yah
he he he

Anonim mengatakan...

kenapa kawasaki susah ngembang ya Kang di Indonesia?

Anonim mengatakan...

U/ Kritina

Oh tentu sesama bloger tidak boleh saling mendahului eit..melupakan

U/ Rips

Jangan kwatir kawan jika mau kridit, bahkan dalam kamus Dealer motor di Indonesia pembelian secara kredit di nomor satukan. Aku pernah kecewa pada saat beli Honda Beat secara tunai dipersulit di Adira Motor Bekasi.

U/ Gus,

Secara teknologi dan kualitas Kawasaki sebenarnya bagus, tetapi Di Indonesia promosinya kurang gencar bahkan kita juga sulit menemukan Dealer resminya karena jumlahnya telalu sedikit dibanding pesaing misal Honda, Yamaha dan Suzuki yang ada dimana-mana.

Tahun 80 an padahal Kawasaki pernah banyak beredar era Binter Merzy, Binter Joy tetapi habis itu redup dan muncul lagi dengan Generasi Kaze di tahun 90 an. Saya pernah juga punya motor ini handlingnya mantap...kekurangannya di motor Kaze ku dulu adalah karburatur yang sering mrebet jika di gas spontan.

Diblogku pada saat Kawasaki Athlete baru dilaunching pengunjung yang mencari dengan key word Kawasaki Athlet selalu menempati rangkin tertinggi. Itu menunjukan bahwa konsumen sulit mencari promo melalui di dealer atau pameran.

Anonim mengatakan...

asik juga nih, buat harian oke juga deh buat menerjang bajir...

Gamal Pasya mengatakan...

Walaupun yang dapet cuma spec klx140, tapi sukses buat aku makin kesengsem dengan klx150. Udah nggak sabar nunggu nih...!
Soal Kaze.., hemm ada satu di garasi udah dimodif jadi bektril. Gila endurannya...., tahan banting. Karburator std memang mbrebet, ganti puyer bawah (pilot) agak gede dikit, lalu kuil pake blue thunder. Cukup buat ngayuh ban ukuran 14/19/90 kenda.
Satu lagi, masih di garasi, nongkrong Mbah tril kawak yang pernah jaya ton 80-an di Indonesia, Kawasaki KE-125, semua ori kecuali pengapian udah diganti CDI supaya nggak rewel kalo lagi trail adventure.
Kawaaaak...., I am carizy about you. Buruan deh KLX150 keluar, sanging gak sabarnya aku udah beliin sarungnya duluan... hehehehe... Salam