Jumat, 21 November 2008

Honda Blade 110 dan Yamaha Vega ZR 115 untuk mempertahankan loyalitas konsumen?

Sebentar lagi dua pabrikan motor Jepang di Indonesia yang selalu bersaing dalam merebut hati konsumen tanah air akan meluncurkan kembali produk yang baru. Honda akan meluncurkan Blade 110 R dan Yamaha akan menghadirkan produk anyarnya Vega ZR 115.



Persaingan lanjutan dari pertarungan Honda dan Yamaha yang sebelumnya mengeluarkan skutik Honda Beat dan Yamaha New Mio akan terus berkobar, mengingat Honda sebagai jawara penjualan sampai Nopember 2008, hanya terpaut tidak terlalu jauh dari runner up Yamaha.

Sebelum meneruskan tulisan ini saya akan cuplikan spesifikasi dari Honda Blade 110 R yang diambil dari tabloid otomotif dan Spesifikasi Yamaha Taurus (Vietnam) yang di Indonesia dikabarkan diberi nama Vega ZR, tetapi saya tidak yakin dengan spek yang akan hadir di Indonesia apakah sama dengan spek yang ada di Vietnam.

Perbandingan spesifikasi
MotorHonda Blade 110 RYamaha Taurus 114
PxLxT(mm)1.855 x 709 x 1.0711.930 x 6755x 1.055
Jrk terendah ke tnh(mm147126
Jarak sumbu roda (mm)1.2211.235
Rem depan Cakram piston tunggalTromol
Rem belakang TromolTromol
Type, ukr ban depan 70/90-17 M/C 38P60/100-17 MC 33P
Type, ukr ban blk 80/90-17 M/C 44P80/90-17 MC 43 P
Mesin, type 4 tak-SOHC4 tak-SOHC
Diameter x langkah (mm) 50x55.650x57.9
Daya maksimum 8.66 HP/7.000 rpm6.0 kw/7.500
Torsi maksimum (NM/rpm)8.42/5.5008.3/4.500


Jika membaca data performa mesin Yamaha Taurus Vietnam ini kelihatan ada di bawah performa Yamaha New Vega R yang lama yang mempunyai Daya maksimum 6,6 kW / 8.000 rpm dan Torsi maksimum 9.0 Nm / 5000 rpm dengan kapasitas 110.3 cc. Semoga saja spek di atas tidak digunakan pada Vega ZR di Indonesia.

Alihkan sejenak spesifikasi di atas yang belum tentu benar adanya karena masih menunggu peluncuran kedua motor yang konon di launch pada acara Jakarta Motor Show (JMS) 2008 yang akan digelar pada 6 sampai 14 Desember 2008 mendatang.

Saya akan kembali ke judul tulisan di atas, bahwa kali ini Honda Blade 110 ini mengisi kelas yang Honda belum punya karena Honda Revo hanya 100 cc. Segmen pasar ditujukan bagi konsumen yang sudah memakai Honda Revo tetapi ingin naik kelas dengan kapasitas mesin yang lebih besar 110 cc atau juga orang yang loyal dengan merek Honda tetapi menahan untuk menunggu motor baru yang cc lebih besar.

Hal ini sama juga dengan Yamaha yang ingin menyajikan Vega yang lebih baru dari model, kapasitas mesin yang lebih besar dsb. Dari segi ini jelas juga bahwa Vega ZR ini versi naik kelasnya Vega R yang lama. Sehingga segmen pasar juga konsumen yang loyal terhadap merek Yamaha tetapi menginginkan performa yang lebih besar.

Kedua merek di atas jelas menginginkan loyalitas pengguna terus diperhatikan dan tidak ingin konsumen pindah ke lain hati, sehingga inovasi perlu terus dilakukan.

Artikel lain: Honda Beat, Honda Blade 110 R, Suzuki New Satria F150 Yamaha Vega ZR 115 dan Yamaha X1-R 135

3 komentar:

Andreykeren04 mengatakan...

VEGA ZR kok masih culun banget yah?
apa bisa nandingin Si BLADE?
Tenaga aja udah kalah jauh.
yah kok cuma segini sih VEGA ZR.....

Anonim mengatakan...

aw
Dari segi harga dan fitur Blade akan lebih sepadan jika dibandingkan dengan Jupi Z

Jika nanti hadir Blade yang dispeckdown baru akan sepadan.

Anonim mengatakan...

saya awam motor,..
kalo mo beli motor yg irit, awet mesin dan bodynya (kelas bebek standard), apa yah?
antara yamaha, honda dan suzuki?

trus mendingan beli baru ato motor seken?

thanks