Jumat, 01 Agustus 2008

Perbandingan Yamaha New Mio vs Honda Beat




Sebelum kita mengulas komparasi dari dua skuter matik ini ada baiknya kita menanyakan kepada diri sendiri . Apakah benar Anda memilih alat transportasi jenis motor skuter otomatik? Memang untuk saat ini pengguna skutic berkembang sangat pesat di Indonesia. Barangkali pertimbangan kepraktisan dalam segi pengoperasian terutama di kota besar yang lalu lintas sering macet atau dalam kondisi perjalanan stop and go.


Skutic sebagai motor atau alat transportasi yang menemani kita menuju tempat kerja sepanjang hari dan agar kita merasa nyaman, tidak bermasalah dan tetap semangat dalam menjalankan aktifitas kita harus memlih beberapa kriteria pada banyak hal termasuk:
- Anggaran
- Panjangnya perjalanan
- Lisensi
- Pengendara
- Gaya yang lebih disukai

Sebagai contoh, untuk biaya operasional , ke- iritan, re-sale value, after sale service, bagaimanapun jika Anda menempuh perjalan pulang pergi lebih dari 100 km, anda boleh memerlukan daya motor yang lebih besar. Pengalaman teman-teman Anda atau sekelilingnya, dealer-dealer terdekat dan info dari berbagai forum bisa menjadi lisensi. Mudah-mudahan itu dapat membantu memutuskan dalam memilih skutik.

KOMPARASI

Motor Yamaha New Mio(casting wheel) Honda BeAT
Harga OTR (Jkt) Rp. 11,8 jt Rp. 12 jt
Pilihan Warna 5 6
PxLxT(mm)1.820 X 675 X 1.0501.859 X 676 X 1.053
Jarakk terendah ke tanah (mm)130156
Jarak sumbu roda (mm)1.2401.240
Berat kosong (kg)87 89,3
Kap. tangki BBM (liter)3,73.5
Kapasitas oli mesin (ltr)0.90.7
Type rangka Steel tube Steel tube
Shock depan Telescopik Telescopik
Shock belakang Lengan ayun dgn shock tunggal Lengan ayun dgn shock tunggal
Rem depan Cakram Cakram
Rem belakang Tromol Tromol
Type, ukr ban depan 70/90- 14M/C34P 80/90-14M/40P
Type, ukr ban blk 80/90 - 14M/C40P 90/90 - 14M/40P
Mesin, type 4 tak-SOHC 2-valve 4 tak-SOHC 2-valve
Pendingin Aliran udara Aliran udara dengan kipas
Diameter x langkah (mm)50 x 57.9 50 x 55
Volume silinder (cc) 113.7 108
Rasio kompresi 8.8:1 9.2:1
Daya maksimum (PS/rpm)8.89/8.000 8.22/8.000
Torsi maksimum (Kgf.m/rpm)0.88/6.500 0.85/5.500
KarburatorKeihin NCV24 Keihin VK22
Sistem control emisiAIS Tidak ada
TransmisiCVT CVT
Bagasi depanada 1.5 lt 1.2
Bagasi bawah jok3.5 lt 2 lt
Parking brake lockTidak ada Ada
Secure Key ShutteriTidak ada Ada
Side stand swichTidak ada Ada
Aki MFTidak ada Ada
Accessories genuineada Tidak ada
Footstep boncengerAda tidak ada/menyatu dg dek depan




Dimensi.
Dengan melihat data spesifikasi di atas, kedua skutik mempunyai dimensi dengan perbedaan yang tipis atau hampir sama. Ukuran PxLxT (mm) Beat 1.859 X 676 X 1.053 dan New Mio1.820 X 675 X 1.050. Beat mempunyai kelebihan ukuran panjang 39 mm, lebar 1 mm dan tinggi 3 mm dibanding dengan Mio. Namun dimensi Beat kelihatan lebih tinggi ramping dan New Mio kelihatan lebih besar dan padat.

Hal ini disebabkan Beat mempunyai desain cover body samping dengan pola yang meruncing, pemasangan spatboard depan menempel pada sochbreker bawah yang berada sedikit di atas roda depan sehingga ada jarak yang cukup renggang antara lampu depan dan spatboard , serta juga ground clearen Honda Beat 156 mm paling tinggi di antara skutik pesaingnya.

Mesin.
Mesin New Mio mempunyai ukuran bore x stroke (50 mm x 57,9 mm) kapasitas 113.7 cc dan Beat memiliki bore x stroke (50 mm x 55 mm) kapasitas 108 cc. New Mio yang memiliki kapasitas mesin lebih besar dan bobot yang lebih ringan memiliki daya maksimum 8.9 PS/8.000 rpm dan perbandingan kompresi 8.8 : 1 mempunyai akselerasi yang lebih baik pada kecepatan menengah dan atas. Sedangkan Beat daya maksimum 8.22 PS/8.000 dengan perbandingan kompresi 9.2 : 1 dan langkah piston lebih pendek memiliki karakter akselerasi yang baik pada kecepatan rendah sampai menengah.

Beralih ke penggunaan bahan bakar New Mio dengan kompresi 8.8 : 1 cukup menggunakan premium, Beat dengan kompresi 9.2 : 1 di rekomendasikan menggunakan BBM dengan nilai oktan di atas 90 yang terdapat di BBM jenis Pertamax dan pertamax plus (Pertamina) agar daya dan efisiensi mesin tetap terjaga baik, walaupun tidak di haramkan menggunakan premium.

Untuk ke-iritan pemakaian BBM sebenarnya tergantung dari gaya si Pengendara (suka akselerasi, banyak mengerem, macet dan lain-lain) tetapi pengalaman penulis SECARA SUBYEKTIF untuk lalu-lintas Jakarta dengan kondisi stop and go New Mio kurang lebih 32 km/ltr sedangkan Beat 40 km/lter (maaf metode hanya dengan cara BBM di isi full tank dengan jarak tertentu kita isi kembali full tank, dari selisih bensin itulah kita bagi per km)

Untuk menghidupkan mesin, jika menggunakan kick stater kedua motor ini mudah untuk dihidupkan, tetapi jika menghidupkan menggunakan stater elektrik di sini kelihatan perbedaanya New Mio stater elektriknya bersuara halus disusul dengan deru mesin khas Mio, sedangkan Beat stater elektriknya berbunyi agak kasar.

Sistem pendinginan mesin New Mio hanya menggunakan aliran udara tetapi Beat dengan aliran udara dibantu kipas angin berguna mendinginkan mesin secara baik walaupun dalam kondisi macet. Tetapi New Mio juga mempunyai keunggulan dalam hal mengurangi pencemaran udara atau mereduksi emisi gas buang dengan AIS (Air Induction System).



Fitur.
Dalam hal Fitur Beat lebih lengkap sebagai contoh dalam hal Safety /keamanan, BeAT memang unggul didukung secure key shutter, side stand switch dan parking brake lock. motor lebih aman dari tindakan pencurian, juga pengendara jika lupa standar samping tidak dinaikan motor tidak akan hidup, serta kemudahan parkir pada tempat atau jalan yang miring.

Kelengkapan bagasi bagi kedua motor ini sama mempunyai bagasi pada bagian depan yang disebut fitur EZ rack dan juga di bawah jok tempat duduk hanya New Mio lebih unggul dalam kapasitas yaitu rack depan 1.5 l dan bagasi bwah jok 3.5 l disbanding dengan Beat yang hanya 2 ltr dan 1.2 ltr.

Kemudian untuk penyimpanan arus listrik dari kedua motor ini mempunyai perbedaan yaitu aki MF (maintenance free) diterapkan sebagai standar pada Beat yang merupakan nilai lebih, sementara New Mio masih mengandalkan aki konvensional.

Pelek dan Ban.
Baik New Mio, maupun Beat menggunakan pelek 14 inci tetapi BeAT sudah memakai ban yang paling lebar yaitu depan 80/90-14 MC 34 P dan belakang 90/90-14 MC 40 P. Sedangkan New Mio yaitu ukuran depan 70/90-14 MC 34 P dan belakang 80/90-14 MC 40 P. Pengaruh semakin lebar ban adalah lebih stabil saat dikendarai tetapi mempunyai kekurangan kelincahan dalam pengendaraan.

Footstep.
Tempat pijakan kaki penumpang belakang di BeAT menyatu dengan dengan dek depan jadi sejajar dengan pengendara di depan alias tidak ada footstepnya, sedangkan New Mio mempunyai footstep.

Topik sejenis : Perbandingan bebek super

5 komentar:

firdaus.a mengatakan...

wih ulasannya.. keyeennn..

kalo bentuk ambil beat sih,

*bukan mau beli sih* cuma kalo ada yang ngasih, tapi suruh milih gitu.. hihihi..

Khodim mengatakan...

istriku lagi pengin matic, setelah baca penjelasan ini bisa manjadi panduan singkat, terima kasih banyak ..

dd mengatakan...

jual new mio 2008 modif
harga 11.000.000 cash
kilometer 3000
kalo berminat silahkan email ke dewa_dedi@yahoo.com
nanti sy kirim gambarnya mio

dmirza p. mengatakan...

terimakasih atas infonya,
sangat berguna,
saya ingin bertanya,
dalam keadaan becek atau banjir matic mana yang paling unggul dan tolong jelaskan...??
soalnya daerah langganan lewat saya sering becek2 banjir...

terimakasih

Mangala mengatakan...

kayaknya pilihanku jatuh ke beat, tapi sayang bagasinya kecil dibanding Mio