Senin, 28 Januari 2008

Seberapa besar manfaat memberi komentar pada blog?

Bagi blogger yang memberi komentar dengan iseng barangkali hal ini tidaklah perlu dihiraukan. Akan tetapi jika kita sedang melakukan promosi blog melalui pemasaran komentar sok-pasti kita akan mengharapkan ada hasilnya.



Adalah harapan bagi semua blogger, agar blognya dikunjungi sebanyak-banyaknya oleh pembaca. Untuk mendapatkan pengunjung, tentu tidak terlepas dari usaha pemasaran dengan model apa yang akan dilakukan.

Memasarkan blog adalah membuat jalur komunikasi (Communication Channel) antar sesama netter atau blogger. Bagi pemula yang jalur komunikasinya masih kecil ini tentu akan menjadi kendala untuk mendatangkan banyak pengunjung. Membuat jalur komunikasi yang baik adalah bagaimana cara menarik perhatian pengunjung untuk mengklik blog kita, dan mengunjunginya terus menerus.

Memasarkan blog melalui komentar

Ada banyak cara memasarkan blog atau membuat jalur komunikasi sesama pengguna internet, dari cara yang termudah, sedang, rumit sampai dengan yang sangat rumit. Memasarkan blog yang sangat mudah yang dapat dilakukan oleh siapapun adalah meninggalkan jejak di blogger lain.

Konsekwensi dari hal yang mudah dilakukan, adalah semua orang ikut melakukanya. Komentar ada dimana-mana dan ini menjadi hal yang fenomenal dari dunia blogging. Cara komentar yang sering kita jumpai antara lain :

- Mengisi buku tamu.
- Memberi komentar pada posting blog lain.

Adakah manfaat komentar ?
- Setiap kita memberikan komentar pada blog akan mendapat link balik (back link) pada blog.
- Memberi sedikit kata-kata pada buku tamu dengan basa-basi salam kenal, mampir, blog walking, terimakasih dan lain-lain …. (bosan kali ye..) adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan akan meninggalkan jejak kita sehingga menggoda pengunjung lain untuk mengkliknya.

You get what your pay for

Anda akan mendapat apa yang anda bayar. Hal ini berlaku di dunia bloging juga. Jika kita mengerjakan sesuatu hal yang mudah dilakukan orang hanya akan mendatangkan sedikit traffic. Tetapi jika memberikan waktu dan pemikiran yang baik akan mendatangkan hal yang besar pula.

Jika kita memberikan waktu dan pemikiran untuk memberi komentar yang bermanfaat, fokus pada isi yang dikomentari, ini akan membangun hubungan yang baik dengan blogger lain. Jika bisa memberi komentar yang bagus pada posting blogger yang sedang NGETOP itu sangat baik, siapa tahu ia akan tertarik dan merekomendasikan untuk membaca blog Anda ini akan mendatangkan traffic yang besar.

Berapa besarnya pengaruh memasarkan blog melalui komentar bagi blog Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini pasti hanya Anda yang tahu jawabanya (sok puitis….). Anda hanya perlu membuka stat counter, kemudian bacalah traffic report blog Anda . Lihat daftar atau grafik prosentase dari mana tamu berkunjung dengan menggunakan fasilitas apa (search engine, komentar, atau kunjungan lainnya)

Sukses selalu untuk Anda. Amin 1000x

Artikel terkait: Hubungan selevel dan Etika Promosi

4 komentar:

Agus (o-om) mengatakan...

promosi blog melalui komentar menurut om cukup akurat dari shoutbox dan lebih permanen . namum promosi yang dimaksud
adalah meninggalkan jejak dengan cara yang baik namun harus sesuai topik yang dibahas hal ini untuk menghindari agar gak dianggap sebagai spam.

noki_afandi mengatakan...

klau meninggalkan jejak untk tuker link kita musti pasang dulu di blog kita

arylangga mengatakan...

benar juga bro..

rudihalim mengatakan...

alhamdulillah ..... hari ini saya ketik kata kunci " manfaat memberi komentar " dan tertarik dengan http://ysugiri.blogspot.com/ yang kebetulan muncul pada halaman pertama, posting ini telah memperkuat keyakinan saya jika memberi komentar di blog sangat bermanfaat jauh lebih baik dari sekedar menampilkan widget chat yang sering dipakai menipu ~_~" traffic terbanyak yang berkunjung ke blog berantakan saya bukanlah dari google.co.id atau google.com tetapi dari blog atau situs2 yang rajin saya kunjungi dan tinggalkan linkback .... makasih ya om admin ^^.