Senin, 21 Januari 2008

MOTOR RAJAI JALANAN JAKARTA

Pertambahan motor di Jakarta dari tahun ke tahun wow… sangat fantastis. Jalan-jalan umum di semua bagian dipenuhi kendaraan roda dua ini. SEBAGAI MASYARAKAT URBAN YANG TINGGAL DI PINGGIRAN JAKARTA, MEMILIH MODA TRANSPORTASI MOTOR SEBENARNYA PILIHAN SULIT DARI BEBERAPA PILIHAN SULIT YANG HARUS SAYA AMBIL


Data statistik
Rajai jalan raya
Pengalaman mengerikan



Data statistik

Dari data kepolisian RI per Oktober 2007 kendaraan bermotor di Jakarta mencapai 9.451.681 yang 65 % atau 6.144.000 diantaranya roda dua, 25 % roda empat dan 10 % truk (Tempo Interaktif 17/10/2007). Diperkirakan pada akhir 2008 sepeda motor di Jakarta mencapai 8.000.000 unit.

Pertumbuhan kendaraan yg tidak seimbang dengan pertambahan jalan.

Data dinas Pekerjaan Umum menunjukan , luas jalan di DKI pada tahun 2007 mencapai 40.073.732, 75 m2, sekitar 40 % merupakan jalan utama. Penambahan luas badan jalan di Jakarta sangat sedikit, menurut kepala Dinas Pekerjaan Umum penambahan luas jalan tidak pernah lebih dari 1 % persen per tahun. Hal ini karena mahalnya harga tanah dan sulitnya pembebasan lahan.
Dari sisi lain, jumlah sepeda motor dan mobil terus bertambah dan semakin tidak terkendali. Jumlah mobil pribadi terus bertambah dari 1.196.060 unit pada 2002 menjadi 2.677.303 unit pada maret 2007. Pertambahan mobil pribadi mencapai 269 unit per hari. Untuk motor pertambahan lebih fantastis lagi 1.235 unit per hari. (Kompas 5/11/07)

Kecelakaan kendaraan roda dua paling besar memakan korban jiwa

Dari beberapa data yang sering dirilis oleh media massa dari kepolisian RI mencatat 1.286 kecelakaan diseluruh kepolisian daerah. Sebanyak 74,29 persen diantaranya adalah kendaraan roda dua. Dari angka kecelakaan itu, korban yang tewas 453 orang. (Tempo interaktif 17/10/2007)

Rajai jalan raya

Jika mengamati gambar yang saya sajikan semua lajur jalan dilalui kendaraan roda dua. Sepeda motor dapat melewati di tiap sisi bagian jalan, jika badan jalan sudah habis ..abis dijejali motor, ada juga yang mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan naik ke trotoar yang merupakan hak pejalan kaki. Hampir setiap hari kita dapat menyaksikan serombongan pengendara yang melewati median pembatas masuk ke jalur berlawanan arah karena lajur sebelah kiri sudah penuh. Kebetulan saya tiap hari lewat jl. Kalimalang dari Bekasi menuju ke Jakarta atau melalui Cakung menuju kawasan industri Pulogadung. Yang paling parah lagi kita bisa menyaksikan pada tayangan snap shot di televisi jembatan penyeberangan digunakan untuk penyeberangan motor. Dan masih banyak lagi pemandangan seputar pelanggaran sepeda motor ini. (maaf tidak semua bikers)

Faktor – faktor yang membuat masyarakat memilih motor.

Mengapa sebagaian warga Jakarta dan sekitarnya memilih mode transportasi sepeda motor?
- Kemacetan yang terjadi di Jakarta yang semakin parah membutuhkan kendaraan dengan mobiltas yang tinggi, karena desain dan bentuk yang kecil maka pilihan jatuh ke motor.

- Harga BBM yang sangat mahal, membuat ongkos angkutan umum seperti bis kota, mikrolet, taksi juga mahal,. Dengan BBM bensin premium (oktan 88) motor 4 tak rata-rata menghabiskan 1 liter untuk menempuh ± 40 km. Jika di naiki berdua akan sangat irit biaya transport. Berapa biaya yang bisa dihemat? Makanya akibat banyak masyarakat yang menggunakan motor, menjadi tidak heran jika sekarang banyak sopir angkutan umum yang mengeluh pendapatannya menurun.

- Kemudahan mendapat kredit motor melalui leasing dengan persyaratan yang sangat gampang. Pengalaman penulis dengan membayar uang 150 ribu untuk tanda jadi di PRJ dua hari kemudian motor diantar ke rumah sekaligus survey dan langsung disetujui. Apalagi sekarang, penjual motor baru sudah ada di depan pagar kita dengan adanya kios-kios motor atau tenda motor.

Efek berlipat

Pertumbuhan sepeda motor yang sangat “booming” berdampak pada kondisi lalu lintas menjadi semrawut. Konvoi sepeda motor dalam jumlah yang banyak, kadang kala dipakai untuk melanggar peraturan la-lin berjamaah, misal menerobos jalur berlawanan arah, lampu merah dll. Pengguna sepeda motor sering kali tidak memperhatikan keselamatan, memakai peralatan keamanan yang tidak standar. Dengan bentuk serta ukuran sepeda motor dan kondisi di jalanan dipenuhi kendaraan yang lebih besar, sepeda motor sebenarnya mempunyai resiko menjadi korban kecelakaan yang paling besar.

Menghadapi jumlah pemakaian sepeda motor yang sangat besar, ternyata pemerintah tidak siap. Pemerintah harus menerapkan kebijakan yang komprehensif untuk mengelola keberadaan sepeda motor.

Untuk membatasi produksi sepeda motor juga sesuatu hal yang sangat pelik. Hal ini berhubungan dengan Perindustrian, tenaga kerja yang akan berdampak pada perekonomian.

Kita sering mendengar dari para pakar bidang transportasi yang sering digembar-gemborkan media massa menuntut kepada pemerintah mengenai pembenahan manajemen angkuntan umum atau public transport yang lebih baik lagi. Membangun monorail, busway, subway, waterway………aya..aya way dll, untuk memberikan pelayanan yang memadai, melindungi warga dan lingkungannya.

Efek psikologis pengendara motor.

Saya tinggal di Timur Bekasi dengan jarak ke kantor di Jakarta sekitar 40 km dari rumah. SEBAGAI MASYARAKAT URBAN MEMILIH MODA TRANSPORTASI KENDARAAN RODA DUA SEBENARNYA PILIHAN SULIT DARI BEBERAPA PILIHAN SULIT YANG HARUS SAYA AMBIL.

Beramgkat kerja dari rumah pagi jam 06.30 pagi pulang dari kantor malam jam 20.00. Dengan melihat kondisi seperti ini susah dijalani jika saya menggunakan kendaraan umum manapun yang tersedia. Jika menggunakan kereta api pada saat berangkat kantor tidak bermasalah bagi saya, tetapi jika pulang yaitu jam 20.00 sudah tidak ada jadwal kereta api. Jika menggunakan angkutan umum bus melalui terminal Pulogadung rawan copet, jambret, todong baik secara sembunyi maupun terang-terangan.

Selama memakai kendaraan roda dua dari tahun 1997-2004 hampir setiap hari saya dapat menyaksikan kecelakaan baik insiden kecil sampai dengan melihat dengan kepala saya sendiri pengendara motor yang tewas karena kecelakaan.

Benarkah jenis kendaraan mampu mempengaruhi psikologis pengendaranya..?
(Motor-mobil pribadi-angkot-mikrolet-taksi-bis umum-truk-bajaj)

Jika kita mengendarai sebuah mobil, kita masih dapat melakukan sedikit kegiatan misal mendengankan musik melalui perangkat audio dan video, kondisi di dalam mobil ber AC sehingga udara tetap sejuk malaupun diluar panas maupun hujan. Dapat sambil ngobrol karena naik berbarengan dengan beberapa teman. Jika berhenti, misal di lampu merah atau macet kaki tidak harus bekerja.

Bandingkan dengan mengendarai motor, pengendara harus selalu sigap, jika berhenti kedua kaki harus menahan motor. Desain motor yang membuat posisi pengendara terbuka dengan sekelilingnya, membuat bersinggungan langsung misal dengan menghirup udara yang penuh dengan polusi, terkena panas matahari langsung, jika hujan apalagi. Bahkan kami sempat bergurau dengan teman (maaf) jika hujan basahnya sampai ke celana bagian dalam.

Dengan kondisi ini membuat pengendara motor merasa cepat lelah. Barangkali fisik yang lelah dan segala kondisi yang kurang nyaman ini menyebabkan sebagian pengendara motor ingin cepat sampai tujuan dengan mengacuhi aturan la-lin dsb. Ini dapat dilihat fakta bahwa kecelakaan terbesar dialami oleh pengendara motor.

Pengalaman yang mengerikan

Saya sendiri pernah mengalami musibah dengan motor yang saya tumpangi. Kejadian tersebut sampai saat ini tidak pernah bisa dilupakan. Suatu malam pada tahun 1998 sepulang kantor jam 20.00 biasa pulang melalui rute Kampung Melayu – Jl. Kol. Sugiono, sampai di perempatan jl. Raden Inten 2 saya ketemu dua orang pengendara motor yang sedang kebut-kebutan. Maksud hati ingin mengikuti dari belakang bukan untuk mendahului dua orang tersebut, tetapi agar mempunyai teman agar cepat sampai rumah.

Dengan kondisi jalan RS Soekamto yang agak menikung dan emosi yang tinggi dua orang pengendara motor di depan saya saling bersenggolan. Untuk menghindari tabrakan saya harus bersalto 3X di atas aspal, motorku hancur, saya bersyukur kepada Allah SWT masih diberi keselamatan. Tetapi sungguh tragis nasib dua orang pengendara motor yang kebut-kebutan seorang meninggal dan seorang lagi luka parah karena menabrak gardu listrik yang ada di median jalan.

Semenjak saat itu saya insyaf, dan selalu menenangkan kepada diri sendiri untuk berhati-hati. Lebih baik terlambat 30 menit sampai di rumah dari pada lebih cepat 5 menit sampai di rumah sakit.

Ajakan untuk menyayangi diri dan menghormati pengguna jalan yang lain.

Dengan menggunakan moda transportasi apapun keinginan semua orang pastilah sama yaitu SELAMAT SAMPAI TUJUAN DAN PULANG DENGAN SELAMAT SAMPAI DI RUMAH. Tidak se-orang-pun menginginkan kecelakaan.

Jika tujuannya ingin selamat ayo… kita dukung berkendaraan yang aman, jika kita mau hargai diri sendiri…. ayo….. kita hargai pengguna jalan lain, jangan main serobot jalan orang, serobot lampu merah dan melanggar aturan la-lin. Cara kita mengendarai motor adalah cermin kita dalam menjalani hidup ini. Ayah-Ibu, Kakek-Nenek, Suami-Istri-Anak menunggu di rumah Jangan sia-siakan hidup Anda karena kecerobohan yang tidak perlu

6 komentar:

Jakarta Links mengatakan...

NEW !!! for Jakarta City.
www.jktlinks.com

Free to make a link on our page this month!!!
You don’t have a site yet…we make it.
We offer complete package for great prices.

Best regards.
Jeffrey & Feggy
Managing Director
Jakarta links

Webshop: http://webshop.jakartalinks.com

Anonim mengatakan...

Masa iya sih motor baru Shogun RR bisa dihematkan 47,5% hanya dengan oxyhydrogen?
Produk kami telah dimuat di tabloid otomotif dan majalah motor, berikut beritanya, tks.
Rekan, dengan semakin lama mendalami pembuatan hidrogen boster untuk irit bbm (bahan bakar minyak), efisien (penghemat energi), alat ini berupa Hidrogen HHO fuel saver hydrogen energy generator cell kit accelerator sistem plate buatan Indonesia bisa digunakan di mesin bensin & diesel.

Info Produk hydrogen booster/ boster hidrogen/ hho generator aDHydro di majalah MOTOR Hydrogen Booster terbukti meningkatkan performa mesin, dengan cara menambah pasokan zat hydrogen ke dalam ruang bakar. Maka salah satu diantaranya yang diklaim berhasil adalah produk lansiran ADHYDRO ini. Ini adalah produk kedua yang telah mengalami penyempurnaan dan mengusung kelebihan non boiling point, dan mampu menghasilkan lebih banyak hidrogen buat mesin.Alat ini hanya menggunakan media air murni (air “AQUA”), yang dimasukkan ke dalam tabung yang tersedia. Lalu air tersebut akan mengalami pengaliran aliran listrik pada elemen yang tersedia di dalamnya, yang otomatis akan menghasilkan gas hidrogen. Pemasangannya pun cukup mudah, karena seudah berbentuk paket. Hanya tinggal sambungkan ke intake manifold.Oh ya, selain keuntungan peningkatan performa yang signifikan, ternyata pemakaian hidrogen booster ADHYDRO ini, diklaim mampu mengefisienkan pemakaian bahan bakar yang berimbas pada lungsuran gas buang yang lebih bersahabat. Bahkan asap knalpot pun tercium seperti uap rebusan air. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak penjualnya!
pengiritbbm.blogspot. c o m/2008/12/adhydro-static-mobil-di-majalah-motor. h t m l
pengiritbbm.blogspot. c o m/2008/12/adhydro-hho-variable-motor-di-tabloid. h t m l
pengiritbbm.blogspot. c o m

Masa iya sih motor baru Shogun RR bisa dihematkan 47,5% hanya dengan oxyhydrogen?
Produk kami telah dimuat di tabloid otomotif dan majalah motor, berikut beritanya, tks.
Rekan, dengan semakin lama mendalami pembuatan hidrogen boster untuk irit bbm (bahan bakar minyak), efisien (penghemat energi), alat ini berupa Hidrogen HHO fuel saver hydrogen energy generator cell kit accelerator sistem plate buatan Indonesia bisa digunakan di mesin bensin & diesel.

Info Produk hydrogen booster/ boster hidrogen/ hho generator aDHydro di majalah MOTOR Hydrogen Booster terbukti meningkatkan performa mesin, dengan cara menambah pasokan zat hydrogen ke dalam ruang bakar. Maka salah satu diantaranya yang diklaim berhasil adalah produk lansiran ADHYDRO ini. Ini adalah produk kedua yang telah mengalami penyempurnaan dan mengusung kelebihan non boiling point, dan mampu menghasilkan lebih banyak hidrogen buat mesin.Alat ini hanya menggunakan media air murni (air "AQUA"), yang dimasukkan ke dalam tabung yang tersedia. Lalu air tersebut akan mengalami pengaliran aliran listrik pada elemen yang tersedia di dalamnya, yang otomatis akan menghasilkan gas hidrogen. Pemasangannya pun cukup mudah, karena seudah berbentuk paket. Hanya tinggal sambungkan ke intake manifold.Oh ya, selain keuntungan peningkatan performa yang signifikan, ternyata pemakaian hidrogen booster ADHYDRO ini, diklaim mampu mengefisienkan pemakaian bahan bakar yang berimbas pada lungsuran gas buang yang lebih bersahabat. Bahkan asap knalpot pun tercium seperti uap rebusan air. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak penjualnya!
http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-static-mobil-di-majalah-motor.html
http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-hho-variable-motor-di-tabloid.html
www.pengiritbbm.blogspot.com

Cak Usma mengatakan...

Setuju sekali dengan tulisannya mas.
Mari kita perbaiki bersama untuk kebaikan sesama pengguna jalan raya.

Btw, buat para penggemar motor, boleh donk gabung ke komunitas pengguna motor Indonesia www.dunia-motor.net. Kita bisa jadi nampilin foto, ikutan sharing forum, cari temen sesama penggemar motor, n... bisa liat spesifikasi motor. Banyak manfaat lainnya lho...

Ditunggu ya!

sewa mobil murah mengatakan...

wah klo Jakarta seperti itu maka 10 tahun lage bisa bisa lebih cepet jalan kaki daripada naek motor.

yono mengatakan...

Diperkirakan jakarta bakalan macet total...mantab mas

jual spare part motor mengatakan...

seiring dengan booming pengguna sepeda motor, bisnis spare part motor dan bengkel motor juga berkembang pesat. Toko spare part motor banyak diserbu oleh para pemilik kendaraan roda dua yang ingin memodifikasi atau sekedar mengganti spare part lama dengan spare part racing maupun spare part original