Jumat, 18 Februari 2011

Akun FB Yan Sugiri dirusak Hacker

Akun facebook pemilik blog ini hari Sabtu 12 Februari 2011 diserang orang iseng yang sengaja merusak akun email terlebih dahulu. Sesuai report email yang diberikan oleh yohoo service bahwa saya telah merubah password email yani ***yahoo.co.id dan menghapus email ke-2 sebagai opsional untuk pemberitahuan. Padahal saya tidak pernah melakukan aktivitas internet apapun..lha wong Saya hanya nge-Net di kantor aja yg gratisan atau juga melalui Hp yg berbasis biaya murah..he..he...

Ini contoh notifikasi yg memberi tahu akun telah dirubah.

Awal tahu bahwa email diambil alih orang adalah, Saya tidak dapat memakai/membuka Facebook (FB) pada hari Minggu karena saya terakhir membuka FB di kantor hari Jumat. Saat log-in dinyatakan password saya salah makanya saya ulangi beberapa kali tetap tidak log-in. Terpaksa saya coba membuka email Yahoo ternyata email kali ini tidak bisa dibuka juga. Nah dari situ saya sudah mulai curiga pasti ada yang tidak beres dengan akun email saya.


Setelah itu saya lihat ada notifikasi di email kedua seperti cerita diatas bait pertama bahwa saya katannya sudah mengganti password email makanya saya coba lagi untuk membuka. Ternyata ada sebuah email dengan akun veratera@ymail.com telah disisipkan sebagai email tambahan , telah mengganti password baru , menambah pertanyaan keamanan dan juga telah mengganti akun opsional punya saya yg telah ia hapus tadi. Saya pikir dia hanya iseng aja membuka email saya, karena itu saya kehilangan semua data yang ada di email saya. Rupanya ia juga mulai membongkar akun Facebook Saya Yan Sugiri (kebetulan akun sama pasword FB sama dgn email).

Secara pribadi saya tidak kenal dia, dan Saya tidak pernah menulis tentang isu2 politik atau status yang merugikan orang lain. Bahkan Facebook Saya gunakan untuk silaturahim biasa bersama-sama teman jauh yang tidak mungkin kita datangi atau kita telepon lama-lama. Serta lebih banyak membahas kehidupan sehari-hari serta lebih ke-arah motivasi untuk orang lain.

Kembali ke cerita awal…setelah orang yg menggunakan email veratera@ymail.com mengambil alih akun saya dia mulai memberi komentar pada teman2 saya yang masuk dalam daftar pertemanan dengan komentar yang agak miring, mulai mengganti/menghapus sebagaian data identitas. Padahal Saya tidak pernah komentar yang tidak sopan. Karena itu saya ambil alih lagi akun email saya. Saya ikuti aja seperti yang ia kerjakan maklum saya tidak pernah belajar menjadi hacker..karena bagi saya tidak ada untungnya memutuskan "Media silaturahim" yg sangat mulia…(takut dosa besar) lagi pula media FB saya lebih banyak tentanng motivasi kehidupan yang mungkin banyak orang membutuhkan sharing-nya. Bukan tentang bisnis yang mungkin isinya menggoda hacker. Dendam pribadi-pun tidak punya karena saya tidak kenal hackernya.

Jadi motivnya apa? sampai saat ini saya tidak mengerti..Setelah saya ambil alih lagi..rupanya dia merasa kesal mungkin karena Saya dapat membuka kembali FB saya menghapus komen miring dia…. Akhirnya dia ambil alih lagi akun FB saya dan mulai menulis Status - status yang sangat “TIDAK SOPAN” untuk diungkap disini…sehingga aku mendapat bajir telepon dari teman2 yang meragukan tulisan status palsu itu…ya.. aku jelasin aja apa adanya kalau itu "Bukan Aku" karena ada orang yang telah membantu-ku agar aku menjadi orang "Lebih Bersabar" lagi.

Melihat gelagat yang tidak baik akhirnya aku ambil alih lagi akun FB-ku dan mulai melepas nama teman-teman FB-ku dari pada akan muncul "Status Palsu" yang tidak-tidak. Habis itu saya sudah tidak pedulikan lagi mau diapain FB dan email-ku..ya karena semua tidak ada yg disembunyikan karena sebuah FB itu media publik yg semua orang juga bisa akses, bahkan jika ada orang yang mau bikin Nama Sama juga bisa2 aja.

Jadi ternyata akun facebook serta email itu mudah untuk dihack orang hanya dengan mengetahui alamat email saja tanpa perlu pusing-pusing memikirkan password yang digunakan karena semua itu memang ada system yang dapat digunakan untuk membuat password baru jika kita lupa. Tapi saya tidak mau menulis detail karena ini sama aja mengajari orang untuk melakukan hal yang sama. Agar lebih aman sunting penganturan Informasi kontak FB hanya untuk sendiri saja.

Semua kembali lagi pada pribadi kita masing-masing apakah kita lebih suka mencari Musuh atau mencari Teman? atau kita lebih suka membuat orang lebih Susah!, senang melihat orang lain Kesulitan…! mungkin yang ia (Hacker) tidak sadari adalah "Jika kita membutuhkan kasih sayang orang lain, maka kita pun juga harus baik kepada Siapa-pun". Mungkin dia lagi lupa bahwa dia sedang Jauh dari "Kasih Sayang" makanya ia hanya Sekedar Iseng yang pada akhirnya akan semakin jauh dari kasih sayang yang dia idam-idamkan-nya. Semoga ini hanya untuk FB-ku saja orang lain jangan.

Artikel lain: Review Nissan Grand Livina 1.5 XV,Menghilangkan bunyi shock depan Honda Beat,Mio Series naik harga

4 komentar:

sewa mobil di surabaya mengatakan...

info yang bagus

rudihalim mengatakan...

kebetulan akun FB "resmi" saya juga telah coba dibobol orang dan saya tidak pernah bisa login lagi, tetapi bedanya akun tersebut seakan tidak bertuan karena tidak pernah terlihat ada aktifitas apapun, sebelum kejadian kecolongan akun tersebut telah saya tingkatkan keamanannya, mungkin inilah salahsatu sebab sang pembobol sulit menembus keamanannya begitupun saya yang mencoba memulihkannya tak pernah bisa berhasil karena banyak sekali pertanyaan aneh2 dari FB nya.... semoga ada manfaat buat rekan yg lain... thanks.

goblog mengatakan...

yah kerjaan orang iseng mas...padahal banyak hal yang bisa dikerjakan tanpa harus hack punya orang. ok mas yang sabar aja karna semua perbuatan pasti ada ganjarannya. semoga mendapat kebaikan untuk anda. saya tunggu kunjungannya

ysugiri.blogspot.com mengatakan...

Tks kawan2 komennya.. bagi hacker mungkin sekedar iseng. Bagi kita hal tersebut menyebalkan.. padahal fb itu untuk ajang silaturahim..artinya mereka dengan sengaja memutus media silaturahim orang lain.