Senin, 07 Januari 2008

Obrolan singkat dengan Budi Putra : Salah satu Top Blogger Indonesia

Yang paling penting dari blog itu adalah CONTENT-NYA
Bukan teknologi seperti desain atau engine-nya.
Sebab masa depan blog ada pada CONTENT
(Budi Putra)


Obrolan ini berlansung tanpa disengaja. Pertemuan kebetulan dengan beliau karena sedang menunggu suatu keperluan sehingga saya mencoba berbincang dengannya. Saya mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya karena kebaikan beliau maka saya mempunyai sebuah postingan yang barangkali bermanfaat bagi saya sendiri maupun orang lain.

Penulis (P) :
- Sore Mas, saya sering dengar nama Anda dan sering buka blog Anda.
Budi Putra (BP) :
- Oh ya… blog yang mana ya.? Saya puya beberapa blog yang versi bahasa Inggris dan satu versi bahasa Indonesia.

(P) - Saya baca versi Indonesia the gadget dan kenapa banyak yg versi bahasa Inggris?
(BP) - Bahasa yang dimengerti di dunia kan? Bahasa Inggris

(P) - Kapan mulai ngeblog?
(BP) - Mulai serius ngeblog 2 tahun yang lalu, sedangkan jadi bloger sejati Maret 2007 (keluar resmi dari TEMPO)

(P) - Blog itu apa ya? Saya baru belajar blog jadi masih awam
(BP) - Blog adalah salah satu jenis situs web (website), halaman utama terdiri dari entri atau posting yang disususn secara kronologis. Masing-asing entri berupa kumpulan teks, lazimnya mengandung sejumlah pranala (link) ke situs lain. Ada juga sebuah posting mengandung foto, audio maupun video.

(P) - Apakah untuk membuat blog harus pintar Teknologi Informasi?
(BP) - Oh.. tidak harus, saya bukan berlatar belakang TI tapi saya dari Sastra. Blog itu sebuah media, jadi yang penting isi media itu bagus untuk dibaca. (Diumpamakan sebuah koran dibaca banyak orang karena isi dari koran tersebut. Bukan dari segi percetakannya)

(P) - Saya sudah bikin blog tetapi sangat sederhana, saya belum bisa membuat pernak-pernik blog karena belum bisa?
(BP) - Maantaap.. sudah punya blog. Tidak apa-apa pernak-pernik bisa dipelajari, banyak tutorial yang menyediakan. Yang paling penting dari blog itu adalah content-nya. Bukan teknologi seperti desain atau engine-nya. Sebab masa depan blog ada pada content.

(P) - Apa fungsi blog.
(BP) - Ada dua kategori blog yaitu : blog berdasar catatan sehari-hari atau diari, dan blog berdasar topik tertentu. Memiliki blog seperti memiliki situs sendiri dengan kendali berita ditangan penulis. Tidak ada sensor, salah satu hal yang sangat menyenangkan. Anda dapat menulis apa pun yang dinginkan dan orang yang mempunyai minat yang sama akan meresponnya.

(P) - Saya sering dengar Weblog itu New Media apaan sih?
(BP) - Istilah yang merujuk pada perkembangan industri budaya dan teknologi yang senantiasa berubah, seperti multimedia, hiburan dan e-commerce. Dalam ilmu sosial peneliti mempelajari pembentukan, penggunaan dan dampak teknologi informasi dan komunikasi.

(P) - Sekarang Anda sudah jadi blogger sejati artinya tidak bekerja pada Tempo lagi? Apa sih yang dikerjakan ?
(BP) - Saya banyak memenuhi undangan seminar dari dalam dan luar negeri dalam forum tentang bloger, mengajar juga dalam S-1 FISIP UI untuk kuliah New Media (tim dosen). Dan juga masih suka menulis, pada tahun 2008 akan menerbitkan beberapa buku. Medirikan Asia Bloging Network (ABN), kontributor halaman teknologi Informasi the Jakarta Post.

(P) - Ini yang paling rahasia, bagaimana penghasilan dari seorang Bloger ?
(BP) - Setelah serius dan terkenal, penghasilan lebih dari cukup. Misal untuk mengisi undangan seminar, membuat editorial di luar negeri , iklan dan lain-lain.

Ayo siapa menyusul sukses menjadi Bloger.

Catatan :
BUDI PUTRA, website budiputra.com, CNET ASIA, Mantan wartawan TEMPO, Mendirikan Asia Bloging Network (ABN), Kontributor halaman teknologi informasi The Jakarta Post.

Artikel terkait: Apakah ngeblog pemborosan?

0 komentar: