Sabtu, 05 Januari 2008

APAKAH NGEBLOG PEMBOROSAN ?

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul : Sudah berapa banyak dana yang di keluarkan untuk NGEBLOG? Sudah berapa lama waktu untuk NGEBLOG?, Untuk apa kita NGEBLOG? Jika saya NGEBLOG? siapa yang akan baca? Apa yang kita dapat dari NGEBLOG?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, hanya bisa di jawab oleh siapa yang NGEBLOG?, dan hasil jawaban pastilah akan beragam.

Rasanya sangat senang sekali setelah blog yang kita buat jadi, lantas kita akan isi dengan tulisan apa…? agar ada yang mau membacanya. Jikalau ada yang mau baca paling-paling hanya sekilas, jalan-jalan, kunjungan balik dan kemudian melupakan blog kita.

Adakah yang salah dengan blog kita? Jadi semakin bingung nich…ini masalah gawat karena menyangkut hidup dari BLOG kita.! Saya sendiri bingung apalagi orang lain! Sebelum tambah kebingungan dan terjadi PEMBOROSAN karena NGEBLOG?

Ada baiknya kita perlu berpikir sejenak mulai dengan tujuan kita NGEBLOG?, oh iya saya keterlaluan (berguman dalam hati Bego Lu, Saya Bego..) yaa… dari awal tidak mempunyai tujuan yang terarah. Ya kita perlu pikirkan apakah tujuan sesungguhnya dari kita untuk NGEBLOG?, Apakah SDM kita sudah mampu mencapainya? Apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk mencapainya? Bagaimana cara mencapai tujuan itu?

Oke tujuan jelas, kita mau menulis sesuatu yang kira-kira menarik untuk dibaca orang. Semoga ada yang mau memberikan reaksi atas tulisanku ini. Karena blog inilah sebuah media yang dapat terbukanya percakapan, dialog dan diskusi antara penulis maupun pembacanya maka saya pastikan ada forum komentar di setiap postingan kita.

Tulisan yang dimungkinkan mendapat reaksi dari pembacanya misalnya (bukan jaminan) adalah :

  • Mengemukakan pendapat atau pemikiran sendiri. Ide sendiri walaupun topik sudah dibahas banyak orang tapi dengan versi sendiri menunjukan kredibiltas. Bukan copy and paste
  • Mereview suatu produk. Menerangkan dengan detil suatu produk dilengkapi dengan dimana kelebihan dan kekurangannya.
  • Membuat Tutorial. Dalam pembuatan tutorial perlu dibuat semudah mungkin karena yang suka NGEBLOG terdiri dari latar belakang pendidikan bervariasi dan tingkat kepandaian orang untuk menyerap informasi juga berbeda-beda.
  • Mengisi buku tamu jika kita mengunjungi sebuah blog. Agar ada pembaca lain tergoda untuk mencoba mengklik blog Anda.
  • Memberikan komentar yang objektif pada sebuah posting. Sehingga pembaca ingin melihat Blog Anda.
  • Membuat link bait. Supaya kita mempunyai link sebanyak-banyaknya di blog lain agar pagerank nya naik di search engine (Ini mah semua orang juga tahu). Maaf-maaf.

Pelan tapi pasti jika orang terkesan dengan tulisan kita maka saat itulah mereka menjadi jaringan kita.

Kita Yakin Bisa Menulis Sesuatu Yang Sangat Berguna Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain. Kenapa Tidak Kita Lakukan. Sekarang Ayo Kita Lakukan.

(waktu yang akan datang insya allah saya akan sedikit memberi cuplikan obrolan dengan top bloger Indonesia BUDI PUTRA mantan wartawan TEMPO yang sudah sukses menjadi BLOGER MURNI)


Artikel terkait: Blogger sejati

2 komentar:

Muhammad Ilman Akbar mengatakan...

berdasarkan pengalaman saya sih, tulisan yang susah mendapat komentar orang lain itu adalah tulisan tentang curhat kita atau tentang kehidupan pribadi kita (pokoknya yang orang lain nggak nyambung)

sedangkan yang gampang dapet komentar itu yang tentang isu-isu terbaru..

dan yang pasti, ngeblog bukan pemborosan!

Ayo ngeBlog! =D

~salam kenal ya mas.. minta izin me-link blognya

noki_afandi mengatakan...

banyak tujuan dai ngeblog, ada yang buat bisnis, curhat, hobi, kenalan dll. tapi kembali lagi dai si empunya blog buat apa dia ngeblog. klau ga mau rugi sih bisa pasang iklan diblog ya. jadi klau ada yang ngunjungin blog kita dapat penghasilan