Kamis, 07 Oktober 2010

Review NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV (pertama jarak 500 km)



Mencari mobil penunpang 7 seater jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan kapasitas 1.500 cc -1600 cc direntang harga 150-200 juta untuk saat ini, hanya tinggal beberapa merek saja antara lain: Daihatsu, Toyota, Nissan dan Proton.



1. Daihatsu bisa diwakili oleh Luxio pilihan dari: Luxio 1.5 MT – Luxio 1.5 Ultimate AT dengan rentang harga Rp. 151 juta sampai dengan Rp. 172,2 juta
2. Toyota dapat diwakili oleh Avansa1.5 S – 1.5 AT dengan rentang harga Rp. 161 sampai dengan Rp. 171 juta
3. Nissan dapat diwakili oleh Grand Livina dari: type 1.5 SV MT New - 1.5 Ultimate AT dengan rentang harga Rp. 164.5 juta sampai dengan Rp. 199 juta
4. Proton dapat diwakili oleh Exora Exec 1.6 MT – Exora Exec 1.6 AT dengan rentang harga Rp. 182 juta sampai dengan Rp. 192 juta
Sumber : Website (Daihatsu, Toyota, Nissan, Proton)

Sebelum memilih mobil di atas sebenarnya banyak hal yang Penulis pertimbangkan sebelum memilikinya antara lain:
1. Budget hanya Rp. 150 – Rp. 200 juta untuk mobil baru.
2. Brand Image (merek) dari masing-masing mobil (terkait dengan layanan purnajual)
3. Faktor penggunaan (utilitas)
4. Model, Dimensi, Fitur, Kapasitas Mesin dan safety yang ditawarkan
5. Pengalaman mobil sebelumnya yang digunakan calon pembeli sebelum ganti mobil baru.
6. Review dari forum-forum otomotif sangat membantu (kita dapat menyaring mana yang baik dan tidak atau yang fakta atau hoak saja).

Akhirnya saya putuskan untuk meminang Grand Livina 1.5 XV, dengan harga 179,500,000 dengan bonus yang diberikan antara lain kaca film Solar Guard 60 %, DVD Roof LCD monitor dan diskon harga sebesar 1.5 juta.

Dimensi :
Dimensi Nissan Grand Livina mempunyai ukuran, PxLxT P : 4420 mm L : 1690 mm T : 1595 mm tergolong bodinya bongsor, tetapi karena tingginya 1.595 m jadi kelihatan kecil seperti sedan tetapi panjang, sehingga radius putarnya pun mencapai 5.3 m. Ukuran sebesar itu menurut saya tetap tidak bisa lapang untuk memuat 7 orang dewasa. Karena jok baris kedua (tengah) terlalu sempit untuk ber-3 orang dewasa kecuali dengan anak kecil. Apalagi untuk jarak jauh jadi kurang nyaman.

Mesin:
Mesin HR15DE 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and CVTC displacement 1498 cc, power 109/6000 rpm cukup bertenaga untuk jalan dalam kota maupun luar kota.

Perlu tambahan aksesoris yg cukup fungsional:

Pasang Glove Boks Kalau kita masuk kabin bagian penumpang depan terasa sekali kurang ruang penyimpanan walaupun sudah ada satu laci didepan dan beberapa cup holder . Karena itu pasang aksesoris dikit-dikit antara lain: pasang Glove Box (di atas laci depan) untuk naro barang-barang sperti HP, Kaca mata dll.

Karpet Karet Pasang karpet lantai 1 set agar karpet bawaan tidak cepat kotor dan pasang kawat pengaman di bemper depan.


Pasang Kawat Pengaman Pasang kawat pengaman ada dua macam: dipasang di luar atau di bagian dalam bemper . GL Orange dipasang di bemper bagian dalam , kebetulan pasang bareng. Kelebihan pasang di luar lebih mudah saat pemasangan dan kelihatan lebih rapih, kekurangan kesulitan untuk bersihkan grill bemper bawah jika kotor. GL gw warna Grey pasang didalam kelebihan jika kotor grill bemper bawah mudah dibersihkan

REVIEW PERTAMA
(masih ada review yg lain cuma penyakit Males Nulis lagi kumat he..he..)

Hari Sabtu gw bela-belain coba ngajak GL ke Bandung lewat tol Cipularang, karena sebelumnyasaya terlalu banyak menyimak kekurangan GL sehingga perlu dibuktikan. Hasil untuk melengkapi review awal yang gw dapat seperti ini:

1. Konsumsi BBM (pakai mix = premium + pertamak) kondisi perjalanan variatif jalan tol dan jan dalam kota Jakarta-Bandung (lancar & macet) jarak tempuh 347 km isi BBM 27.5 jadi FC = ( 347: 27.5) = 12, 62 km/lt factor koreksi pembacaan Speedometer jika dianggap GL terlalu cepat 10 % sehingga didapat FC = 12,62 x 90 % = 11, 34 km/lt

2. GL dipakai nanjak oke-oke saja, kekawatiran tidak kuat najak sudah tidak terbukti, di tanjakan jalan tol ngacir terus pada gigi 4 dan 5 tetapi jika telat pindah gigi agak berat, di gigi 3 perasaan tenaganya paling gede ini terjadi karena gw ke halangan beberapa bis dan mobil pelan di depan.

3. AC atau penyejuk udara GL sangat dingin, walau di level 1, karena dinginnya anak gw sering matiin AC-nya, kalau dirasa agak hangat baru dinyalain lagi.

4. Suspensi dan keheningan kabin oke banget, dibuktikan penumpak pada tidur nyenyak padahal speedo nyentuh hampir 150 km/jam saking tidak terasanya injak pedal gas. Bunyi terpaan hujan hanya dari kaca depan. Karena kabin hening suara ban belakang saat jalan yang tidak rata atau melewati garis marka jalan suara ban masuk ke kabin (tidak jauh beda dari kondisi saat test drive).

5. Kabin GL untuk penumpang depan Ok, baris ke dua nyaman untuk 2 orang dewasa dan baris ke 3 hanya untuk 2 orang.

6. Kekurangan yang juga kelebihan GL adalah ground clearance (jrk terendah dari permukaan tanah) = 18,5 cm. Gw sangat hati-hati jika melewati polisi tidur (poldur) yang cukup tinggi kwatir bodi bawah menggesek, pada saat roda depan sudah melewati dan roda belakang belum melewati poldur. Sebenarnya ground clearance GL = 18.5 cm, Innova = 17.6 cm (dari website Toyota) dan Avansa/Xenia = 19 cm tidak terpaut jauh tetapi dek bawah GL ini rata, sedangkan dua mobil yg sebut lainnya jarak yang terendah dari tanah hanya bagian tertentu misalnya gardan, tempat suspensi dan lainya. Gw dah ukur jarak lantai Xenia gw (dulu) di bawah pintu depan tingginya kurang lebih 35 cm, GL kurang lebih 30 cm oleh karena itu walaupun ground clearance hampir sama tetapi jika dilihat dari luar kedua mobil pembanding akan kelihatan lebih tinggi dari pada GL.

7. Posisi spion GL karena mobil mirip sedan, jadi spionnya lebih rendah pengalaman di jalan atau di parkiran gw sering jumpai spion tergores. Bisa jadi itu karena tergores stang motor karenaujung stang motor sekarang banyak yang pakai stabilizer (agar stang tdk bergetar) terbuat dari besi. Pernah gw ukur motor vixion ane masih nyentuh bagian bawah spion GL sekitar 1an cm. Hati-hati sama speda motor jenis sport/ batangan jangan suka memberikan jarak atau celah yang tanggung kepada motor jika mo di kasih, ya…kasih jalan skalian jika tidak ya.. tidak usah dikasih jarak sekalian. Karena gw pemakai motor juga, kondisi psikologi pengendara motor itu kan panas kepanasan mandi keringat, hujan-kehujanan (maaf ibarat kata jika hujan clana dalam juga ikut basah), capai, lelah , polusi udara dari debu dan maunya buru-buru cepat sampai.

8. Kolam renang di dalam kap mobil atau yang sering Sis Dhodol bilang mangkuk Kuah Bakso, bagian seperti mangkuk yang di atas sock depan memang jika mobil kehujanan akan terisi air, ini kayaknya dari air hujan yang mengalir dari kaca depan yang disalurkan ke bawah mobil melalui lubang pembuangan disebelah kap mesin, tetapi tidak tahu karena apa airnya terkumpul di mangkok itu. Karena airnya bening dapat dipastikan air hujan bukan dari air kotor yang terciprat ban mobil. Bagi gw tidak masalah karena pernah kelupaan sehabis bepergian lupa dibersihkan setelah beberapan jam kering sendiri oleh panasnya suhu mesin. Kecuali jika gw habis cuci mobil wajib dibersihkan karena mesin kondisinya dingin kuatir berkarat.

9. Setelah pasang kawan pelindung di bemper bawah maanfaat langsung terasa yaitu banyak dedaunan yang menempel di kawat. Itu lebih mudah dibersihkan dari pada membersihan kotoran yang menempel dibemper bagian dalam atau jika ada kotoran yang menempel ke kondensator AC. Pengalaman sebelumnya jika kita bebergian dini hari menjelang fajar kan banyak hewan kupu-kupu-belalang atau ngengat yang tertarik dengan nyala lampu mobil akan tertabrak dan menempel di bagian wajah mobil tak terkecuali bember dan tentunya kondensator AC.

10. DVD roof yang menggunakan transmiter FM sering krodit dengan gelombang radio FM, ini terjadi dalam perjalan dalam kota2 besar yang memang penuh dengan gelombang radio FM. Pengalaman hanya channel 90.3 yang relatif bagus, itu juga dengan cara melepas antene. SEmakin jarang gelombang radio FM seperti keluar kota kualitas cukup bagus.

Artikel lain: Solusi karet penutup aki GL 1.5 XV

0 komentar: