Senin, 23 Februari 2009

Jadwal balap F1 tahun 2009



Setelah uji mobil balap F1 tahun 2009 antara bulan Januari sampai Februari, tim-tim papan atas seperti Ferari dengan F60, MCLaren dengan MP4-24, Renault dengan R29, BMW Sauber dengan F1.09 Toyota dengan TF109 saling mencoba untuk menunjukan kesiapan mereka untuk balapan musim ini. Sudah dapat diprediksikan bahwa pertarungan akan semakin ketat.


Musim balap F1 musim tahun 2009 secara keseluruhan ada 17 race yang akan dimulai di Australia 29 Maret akan ditutup di Abu Dhabi pada 1 November 2009. Jadwal untuk Asia waktunya dibuat lebih mundur dari tahun lalu hal ini untuk memberikan kesempatan lebih banyak penonton di Eropa agar waktunya menjadi pagi hari, maka balapan di Asia dimulai pada waktu siang sampai sore hari.

Jadwal di bawah ini sudah disesuaikan dengan waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), sedangkan tayangan tahun ini masih oleh stasiun TV One. Tetapi untuk penayangan tergantung dari stasiun TV tersebut apakah mau live atau siaran tunda. Selamat menunggu apakah Jagoan Anda yang akan menjadi pemenang untuk musim tahun ini.

1. Australia (Melbourne)
- Sabtu, 28 Maret 2009 : Qualifying 13:00
- Minggu, 29 Maret 2009: Race 13:00

2. Malaysia (Kuala Lumpur)
- Sabtu, 05 April 2009: Qualifying 16:00
- Minggu, 06 April 2009: Race 16:00

3. Cina (Shanghai)
- Sabtu, 18 April 2009: Qualifying 13:00
- Minggu, 19 April 2009: Race 14:00

4. Bahrain (Sakhir)
- Sabtu, 25 April 2009: Qualifying 19:00
- Minggu, 26 April 2009: Race 19:00

5. Spanyol (Catalunya)
- Sabtu, 09 Mei 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, 10 Mei 2009: Race 19:00

6. Monaco (Monte Carlo)
- Sabtu, 23 Mei 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, 24 Mei 2009: Race 19:00

7. Turki (Istanbul)
- Sabtu, 07 Juni 2009 : Qualifying 18:00
- Minggu, 08 Juni 2009: Race 19:00

8. Inggris (Silverstone)
- Sabtu, 20 Juni 2009 : Qualifying 18:00
- Minggu, 21 Juni 2009: Race 19:00

9. Jerman (Nürburgring)
- Sabtu, 11 Juli 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, 12 Juli 2009: Race 19:00

10. Hungaria (Budapest)
- Sabtu, 25 Juli 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, 26 Juli 2009: Race 19:00

11. Europe (Valencia)
- Sabtu, 22 Agustus 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, 23 Agustus 2009: Race 19:00

12. Belgia (Spa-Francorchamps)
- Sabtu, 29 Agustus 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, 30 Agustus 2009: Race 19:00

13. Italia (Monza)
- Sabtu, 12 September 2009 : Qualifying 19:00
- Minggu, : 13 September 2009: Race 19:00

14. Singapore
- Sabtu, 26 September 2009 : Qualifying 21:00
- Minggu, : 27 September 2009: Race 19:00

15. Japan (Suzuka)
- Sabtu, 03 Oktober 2009 : Qualifying 12:00
- Minggu, : 04 Oktober 2009: Race 12:00

16. Brasil (Sao Paulo)
- Minggu, 18 Oktober 2009 : Qualifying 00:00
- Minggu, : 18 Oktober 2009: Race 23:00

17. Abu Dhabi (Yas Marina Circuit)
- Sabtu, 31 Oktober 2009 : Qualifying 17:00
- Minggu, : 01 Nopember 2009: Race 18:00

Sumber : 2009 FIA Formula One World Championship Race Calendar
Artikel lain: Jadwal balap Moto GP 2009, Jadwal balap A1 GP 2009, Sirkuit Lippo Village Karawaci, Honda Blade, Yamaha Mio ZR, dan Yamaha Vega ZR
 Read more...

Senin, 16 Februari 2009

Membaca kode dan simbol Ban Motor



Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Pada komponen itulah keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman dan berapa luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara.


Hal ini penting manakala kita akan mengganti ban kendaraan entah itu modifikasi atau karena ban aus, ini yang harus diperhatikan. Pada saat kita akan mengganti ban kendaraan, biasanya kita hanya mengatakan ukuran ban yang akan kita ganti atau beli, misal ukuran 2.75-17 atau 100/90-18. Karena parameter itu menunjukan ukuran lebar, tebal dan diameter, tetapi sesungguhnya masih banyak kode maupun symbol yang harus bikers ketahui agar mendapat ban yang sesuai dengan spesifikasi yang dinginkan serta mengetahui batasan-batasan yang aman untuk pemakaian.

Kita simak dari bagian yang paling umum dahulu untuk standar sebuah ban.



UKURAN BAN.

Ukuran ban biasanya menggunakan sistem metrik (metric system) atau sistem inci (inch system). Sebagai ilustrasi misal ban mempunyai kode: 100/90-18, dan 2.50-17 bagaimana membacanya?

Ban 100/90-18 ini menggunakan sistem metrik maksud angka pertama adalah ukuran lebar ban, angka kedua setelah garis miring (/) adalan rasio dalam persen antara lebar dan tinggi ban dan angka ketiga setelah tanda – adalah diameter pelek/velg. Jadi ukuran ban dengan kode 100/90-18 jika diterjemahkan adalah lebar ban 100 mm, tinggi ban 90% x 100= 90 mm dan diameter dalam ban atau ukuran velg/rim 18 inchi.

Ban 2.50-17 menggunakan sistem inci jadi ukuran ban adalah lebar 2.5 inchi jika diubah menjadi mm, 1 inch = 2.54 jadi lebar ban 63.4 mm, tinggi ban karena angka kedua setelah garis miring tidak ada dianggap rasionya 100% jadi tingginya 2.50 inchi dan diameter dalam ban 17 inchi atau ukuran pelek/rim 17 inchi.

UMUR PRODUKSI.

Disalah satu sisi ban biasanya tercetak kode empat angka yang menunjukan kapan ban diproduksi. Misalnya, 2108 angka tersebut dapat dibaca dua angka pertama menunjukan minggu, dua angka terakhir tahun pembuatan. Jadi kode di atas adalah ban diproduksi pada minggu ke-21 tahun 2008. Kode usia produksi perlu diperhatikan jadi dapat berapa lama ban tersimpan, yang dikuatirkan akan berpengaruh terhadap performa ban itu sendiri

KODE BAN DEPAN ATAU BELAKANG.

Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang. Biasanya ada perbedaan bentuk kembangan/pattern ban depan dan belakang dikarenakan fungsinya yang berbeda untuk ban depan sebagai kemudi dan jika hujan harus bisa mengalirkan air makanya ban depan biasanya mempunyai alur air. Sedangkan ban belakang fungsi untuk menggerakan maka membutuhkan torsi yang besar sehingga traksi sangat dibutuhkan makanya ban belakang biasanya ukuran lebih besar dan tidak mempunyai alur air.

Tetapi kadang kita juga suka menjumpai ban belakang mempunyai alur air hanya beda ukuran lebih besar saja.

KODE KECEPATAN MAKSIMUM.

Kode kecepatan maksimun ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan batas maksimal sebuah ban dipacu terus selama 1 jam dengan membawa beban sesuai spesifikasi standar.

Tabel kecepatan maksimum (Km/jam)
Kode alphabetKecepatan maks. KM/jam Kode alphabet Kecepatan maks. KM/jam
K110S180
L120T190
M130U200
N140H210
P150V240
Q160W270
R170Y300



Contoh ban skutik Honda Beat merek Federal kode 80/90-14 M/C 40P. Huruf P yang ada dibelakang angka (40P) itu yang menunjukan kecepatan maksimal. Sesuai table di atas P adalah menunjukan maksimun kecepatan 150 km/jam.

KODE COMPOUND YANG DIGUNAKAN.

Kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras. Kode “S” soft menunjukan compound lunak, “M” medium menunjukan compound sedang dan “H” hard berarti compound ban keras. Pemilihan kompon ban tergantung dari kebutuhan misal untuk road race biasanya menggunakan kompon soft dimana ban dengan kompon soft lebih empuk dan lengket menempel pada aspal tetapi karena sifatnya lunak maka ban akan cepat habis. Sedangkan medium biasanya dipakai untuk sehari hari.

Jika ban merek Batllax dengan kode BT 92 F Radial 120/70 R17 M/C 54H, kode M/C itulah yang menunjukan compound ban sedang.

ARAH ROTASI BAN.

Arah rotasi atau perputaran ban ditunjukan dengan tanda panah (Arrow), pemasangan ban harus sesuai dengan arah panah hal ini karena arah kembangan ban akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta mendapatkan traksi yang baik. Jika pemasangan terbalik ban tidak akan menempel pada jalan dan traksinya kurang baik sehingga ban terasa lebih licin yang bisa membahayakan pengendara.

BEBAN MAKSIMUM BAN.

Indikasi beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dalam keadaan dingin biasanya dicantumkan dalam diding ban. Ada yang tertulis langsung bebanya ada juga yang menggunakan indek angka.

Tertulis langsung misal tertulis Max. Load 212 kg (467 LBS) AT 280 KPa (41 Psi) Cold dapat dibaca: ban tersebut menahan beban maksimum 212 kg atau 467 lbs dengan tekanan angin maksimal 41 psi dalam keadaan dingin (kendaraan tidak dipakai)

Menggunakan Indek angka:
(73W) V280 angka 73 adalah angka indek yang mempunyai standar beban maksimal 365 kg. dibawah ini table indek beban maksimum (kg).

  • 30= 106, 31=109, 32=112,33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128, 38=132,39=136
  • 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175, 48=180, 49=185
  • 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230, 58=236, 59=243

(sumber British Tyre Manufacturers' Association)

TIPE BAN.

Pada sisi dinding ban biasanya dicantumkan pula tipe dari ban tersebut misal TT = Tube Type atau TL = Tubeless. Ban tube type artinya ban tersebut ban yang menggunakan ban dalam, sedang tubeless atau radial sudah tidak memerlukan ban dalam lagi.

SIMBOL SEGI TIGA.

Simbol segi tiga disebut Thread Indication (TWI) atau indicator batas pemakaian. Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, jika alur ban sudah terkikis habis atau sdudah tipis karena pemakaian maka ban tersebut harus diganti karena sudah tidak aman lagi.

SIMBOL GARIS WARNA.

Simbol garis warna ini ada pada lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya mempunyai warna berbeda missal putih, merah, kuning, biru dan hijau.

SIMBOL BALANCE.

Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatikan saat pemasangan ban, karena itulan titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

STRUKTUR BAN.

Tidak semua pabrikan ban mencantumkan struktur ban, tetapi untuk pabrikan ban dengan kualitas baik biasanya mencantumkannya. Misal: Tread: 4 nylon, side wall: 2 nylon
- Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 4 lapisan nylon.
- Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai penopang ban.Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.

Sumber: British Tyre Manufacturers' Association dan beberapa referens

Artikel lain: Jadwal balap F1 2009, Jadwal balap Moto GP 2009, Jadwal balap A1 GP 2009, Sirkuit Lippo Village Karawaci, Honda Blade, Yamaha Mio ZR, dan Yamaha Vega ZR
 Read more...

Rabu, 11 Februari 2009

Mio ZR skutik baru Yamaha gabungan antara Mio Soul dan Nouvo Z



Sebagai market leader tahun 2008 dalam pemasaran skutik di tanah air PT YMKI tetap tidak akan rela jika marketnya terganggu oleh pabrikan lain, makanya dalam waktu dekat akan menghadirkan skutik dengan model baru dengan label Mio ZR. Modelnya berbeda dengan New Mio yang hadir 2008 lalu, tetapi merupakan gabungan antara Mio Soul dan Nouvo Z.


Penampilan Mio ZR dengan fairing depan mirip Mio Soul yaitu model gembung, sedangkan lampu depan mengaplikasi model dual ala Nouvo Z, pengabungan model seperti ini sudah biasa dilakukan oleh beberapa pabrikan motor agar cukup tersedia part untuk beberapa model sekaligus atau common parts, strategi ini dipakai untuk menekan cost dari pada harus membuat parts baru apalagi menghadapi krisis global sekarang ini.

Dimensi dan mesin tak ada ubahan dengan ke dua saudara yang sudah ada

Dimensi Mio ZR yaitu PxLxT 1.820 x 675 x 1.050 mm, wheel base 745 mm artinya sama saja New Mio maupun Mio Soul. Spek mesin berkapasitas 113,7 cc 4-tak SOHC 2 klep. Jadinya Mio ZR ini adalah facelift dari Mio terdahulu.

Segmen pasar Mio ZR ?

Segmen New Mio sudah jelas dari awal meluncur ditujukan untuk wanita walaupun pria juga banyak yang menyukai, Mio Soul disasarkan untuk skutik pria dengan bodi yang lebih gambot. Sedangkan Mio ZR target yang dibidik siapa hayoo…, dengan model mirip mio Soul tetapi menganut head lamp ganda akan kelihatan lebih sporti, kemungkinan skutik ini sasarannya adalah kawula muda cowok. Jadi ada lebih banyak pilihan skutik cowok apalagi untuk pencinta merk Yamaha ini, yang suka modifikasi mengingat banyak sekali tersedia part modifikasi.

Jika berminat simpan uang anda untuk tebus skutik idaman yang katanya akan hadir triwulan pertama tahun 2009.

Artikel lain: Yamaha Vega ZR 115, Honda Blade 110 R, Kawasaki KLX 150 S, Motor2 Suzuki JMS 2008, Motor2 Honda JMS 2008, Motor2 Yamaha JMS 2008, dan Motor2 Kawasaki JMS 2008
 Read more...