Jumat, 28 November 2008

Honda Revo 100 cc yang laris manis akan diskontinu

Wah bokap gue baru beli Honda Revo tahun 2007 yang lalu, tetapi kini kabarnya Astra Honda Motor akan menyetop produksi motor dengan mesin 100 cc ini. Jadi motor-motor dengan volume silinder 100 cc keluaran Honda yang seperti Supra Fit dan Honda Revo akan berakhir produksinya menyusul keluarnya tunggangan baru Honda Blade 110 cc R yang akan di Launching pada saat JMS bulan Desember 2008.


Kembali ke Honda Revo, yang pada awal kemunculannya banyak mendapat cibiran karena hanya ganti baju dari Supra Fit ke Honda Revo yang sekarang. Menui banyak cibiran tetapi dalam fakta penjualannya sungguh berbeda. Data penjualan motor bulan Januari – Oktober 2008 dari AISI Revo terjual 690.302 unit (dilansir dari Otomotif edisi 28/11/2008) yaitu paling tinggi diantara pesaingnya (untuk kelas motor low end).

Adu hemat BBM dengan motor cc kecil bukan lagi strategi untuk memenangkan saingan.

Slogan Honda dalam berpromosi selalu mengedepankan Hemat Bahan Bakar Minyak (BBM) tenyata tidak bisa dierima mentah- mentah oleh masyarakat kita. Barangkali dahulu waktu merek lain masih mengandalkan motor dua tak (2 langkah) hal ini dapat dimaklumi karena dengan volume cc yang sama motor 4 tak lebih irit BBM. Tetapi saat ini hampir semua merek pesainggnya sudah menghadirkan produk yang sama-sama 4 tak. Dan dari beberapa model motor dengan volume cc kecil belum tentu lebih irit dari motor yang cc nya sedikit lebih besar. Karena teknologi sudah semakin maju dengan sistem injeksi yang di kontrol elektrik unit motor cc lebih besar juga dapat semakin efisien.

Selain masalah di atas juga karena AHM memproduksi mesin baru 110 cc yang jika masih mempertahankan mesin 100 cc nanti terlalu banyak varian mesin yang diproduksi dan akan kurang efisien jika dibanding dengan “satu mesin sebagai basis untuk banyak model” rupanya opsi inilah yang dipilih.

Honda Blade 110 R rencananya di jual dengan kisaran harga 13,5 juta, bagaimana segmen pasar Honda Revo yang bermain di kisaran harga 12 an juta? Kabarnya segmen pasar ini tetap akan ada, jadi tidak ditinggal begitu saja kan mesin 110 cc yang digunakan Blade bisa digunakan juga dengan varian yang lebih rendah alias di speckdown.

Dengan diskontinu mesin 100 cc ini, maka terhenti pula produksi bebek untuk kelas bawah yang laris manis tersebut dah..Revo bokap gue…dah… Fit tetangga gue.

Artikel lain: Keluhan Honda Beat , Kawasaki KLX 140 dan yamaha X1 R 135
 Read more...

Kamis, 27 November 2008

KAWASAKI KLX 150 : Pengembangan kawasaki KLX 140 versi Indonesia?

Penggemar motor Off-Road , kabar gembira datang dari Kawasaki Indonesia yang menurut berbagai sumber akan menghadirkan Kawasaki KLX yang lebih kecil dalam ukuran volume silindernya. Ya… motor KLX 150 cc yang tergolong motor Enduro/Offroad ini akan menemani kakaknya KLX 250 S yang sudah dahulu hadir di Indonesia.


Tetapi jika kita browsing dengan key word KLX 150 belum ada bentuknya, sedangkan yang kita temukan adalah tipe KLX 140 atau KLX 110 yang di negeri Thailand sudah beredar. Kemungkinan Type KLX 140 ini yang yang akan diperbesar menjadi 150 cc untuk market di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena factor persepsi masyarakat kita yang menganggap 140 cc tanggung sehingga di perbesar menjadi 150 cc.

Yang juga dipertimbakan dalam Motor Kawasaki 140 Off-Road adalan tingkat ke amanan karena kita tahu, tingkat pengalaman pengendara tentu beragam mulai tingkat pemula sampai tingkat mahir, karena itu motor Off-Road atau penggaruk tanah ini tidak datang dalam "satu ukuran untuk semua".

Melainkan ada dua pilihan yang ditawarkan pada Kawasaki KLX 140 Off-Road . Type KLX 140 adalah di desain untuk pengendara pemula dengan ukuran ban yang lebih kecil dan fitur yang lebih sedikit. Sementara type KLX 140 L untuk pengendara advance, menawarkan banyak tambahan fitur performa yang cukup.

Kawasaki dirt bike ini menggunakan system pendingin udara, mesin SOHC 144cc, tenaga disalurkan melalui 5 kecepatan, rasio transmisi tertutup. Fitur-fitur lainnya termasuk electric stater, pelek roda RK Excel alumunium kualitas tinggi. Harga dasar $2,699 untuk penjualan di Amerika.

Sebelum motor hadir kita lihat spesifikasinya apakah nanti yang di Indonesia akan sama dengan yang beredar di seberang sana.

KLX 140 Specifications
  • Engine: Four-stroke, SOHC, two-valve single
  • Displacement :144cc
    Bore x stroke: 58.0 x 54.4mm
  • Compression ratio: 9.5:1
  • Cooling: Air
    Carburetion : Keihin PB20
  • Ignition : CDI
  • Transmission: Five-speed with wet multi-disc manual clutch
  • Final drive: Chain
  • Frame : High-Tensile steel, box-section perimeter
  • Rake / trail: 27 degrees / 3.3 in.
  • Front suspension / wheel travel: 33mm telescopic fork / 7.1 in.
  • Rear suspension / wheel travel: UNI-TRAK® linkage system and single shock with 5-way preload adjustability / 7.1 in.
  • Front tire: 70/100-17
  • Rear tire: 90/100-14
  • Front brake / rear brake: Single 220mm petal disc with a dual-piston caliper / Single 186mm petal disc with single-piston caliper
  • Overall length: 71.7 in.
  • Overall width: 31.1 in.
  • Overall height: 41.3 in.
  • Ground clearance: 9.3 in.
  • Seat height: 30.7 in.
  • Curb weight: 205.0 lbs.
  • Wheelbase: 49.6 in.
  • Fuel capacity: 1.5 gal.
  • Color: Lime Green

KLX 140 L Specifications

  • Engine: Four-stroke, SOHC, two-valve single
  • Displacement : 144cc
  • Bore x stroke: 58.0 x 54.4mm
  • Compression ratio: 9.5:1
  • Cooling: Air
  • Carburetion: Keihin PB20
  • Ignition: CDI
  • Transmission: Five-speed with wet multi-disc manual clutch
    Final drive : Chain
  • Frame : High-Tensile steel, box-section perimeter
    Rake / trail : 27 degrees / 3.8 in.
  • Front suspension / wheel travel : 33mm telescopic fork / 7.1 in.
  • Rear suspension / wheel travel: UNI-TRAK® linkage system and single shock with piggyback reservoir, fully adjustable preload and 22-way rebound damping / 7.1 in.
  • Front tire : 70/100-19
  • Rear tire : 90/100-16
  • Front brake / rear brake: Single 220mm petal disc with a dual-piston caliper / Single 186mm petal disc with single-piston caliper
  • Overall length : 74.6 in.
  • Overall width : 31.1 in.
  • Overall height : 42.3 in.
  • Ground clearance : 10.0 in.
  • Seat height : 31.5 in.
  • Curb weight : 209.4 lbs.
  • Wheelbase : 50.6 in.
  • Fuel capacity : 1.5 gal.
  • Color : Lime Green

Karena motor ini category enduro/offroad, tampilan motor tidak dilengkapi kaca spion, speedometer, lampu depan, lampu belakang, sein peralatan lain yang memenuhi standar lalu-lintas. Sehingga jika akan dipakai di dua alam harus menjadi motor dual-purpose. Yaitu bisa dipakai harian dan dapat juga digunakan di medan offroad.

Faktor harga

Selama ini motor-motor dari PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tentunya yang berkualitas global (misal Ninja 250 R, KLX 250 S) harganya sangat mahal untuk masyarakat kita, mungkin berbeda untuk kalangan penggemar atau hobies yang motor bukan untuk transportasi sehari-hari melainkan karena hobi. Harga “mahal” hal ini terjadi karena motor Kawasaki tersebut masih di impor dari Negara lain.

Jika PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) hanya mengimpor sebagaian mesin saja dan membuat bagian lain serta di rakit di Indonesia tentunya harga akan dapat direduksi menjadi lebih murah dan peluang yang selama ini terbuka untuk motor category ini dapat dimanfaatkan.

Sumber : http://www.Kawasaki.com gambar dan spesifikasi

Artikel sejenis: Kawasaki KLX 250 S dan Kawasaki New Ninja 250 R

 Read more...

Selasa, 25 November 2008

KELUHAN shock breaker depan HONDA BeAt bunyi

Saya membeli Honda Beat periode awal yaitu 3 minggu setelah motor ini di launching, waktu itu saya mengunjungi Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2008 dan tertarik dengan motor ini karena beberapa pertimbangan. Antara lain Model menurut saya bagus, Mesin oke juga karena jaminan merek Honda, faktor penggunaan untuk mengantar anak ke sekolah dan satu hal lagi karena skuter matic merek lain sudah terlalu banyak jadi bosen ingin sesuatu yang Baru.


Secara umum saya puas dengan motor ini dari model, performa, ke iritan tetapi ada kekurangan atau kelemahan Honda Beat yang sangat MENGANJAL mengenai PEREDAM DEPAN alias shock breaker depan sering berbunyi pletok…pletok...pletok pada saat melibas polisi tidur atau lubang yang tidak terlalu dalam (10 cm) atau jalan aspal yang keriting. Bunyi pletok..pletok ini akan semakin sering jika kita mengerem ban depan lebih keras atau jika karena sesuatu hal kita mengerem mendadak.

Sudah komplain ke bengkel resmi Honda (AHASS)

Mengingat shock breaker ini adalah alat yang sangat vital dalam kendaraan, yang berfungsi sebagai peredam goncangan agar pengendara merasa aman, nyaman dan tidak cepat lelah. Didorong rasa penasaran dan ketakutan akan factor keamanan itulah, maka buru-buru ke Bengkel untuk menyampaikan keluhan ini. Pada saat service pertama ke Bengkel Resmi Honda Daya Motor Bekasi, kilometer baru 300 an km saya sengaja tidak menunggu 500 km atau 1 bulan pertama. Jawaban dari mekanik AHASS Daya Motor Bekasi katanya karena motor baru maka belum tahu penyebabnya, kedua menjawab agak ragu-ragu dengan mengatakan bahwa standar motor matic memang seperti itu. Apa benar ya…? Tindakan yang dilakukan sebatas service rutin sesuai standar pengecekan servis berkala dan bunyi shock itu tetap tidak bisa hilang.

Pada bulan ke empat tepatnya awal Nopember 2008 saya service lagi dengan spidometer menunjukan angka 900 an km dengan complain yang sama yaitu mengenai shock yang bunyi tersebut dengan harapan pada waktu itu sudah banyak Honda Beat yang beredar, ternyata dugaan benar, rata-rata teman-teman yang service rutin Honda Beat mengungkapkan keluhan serupa….yaitu bebunyian pada sector shock depan tersebut. Untuk mencari bunyi shock depan mekanik AHASS sampai mencopot sparkboard depan, lampu besar sampai papan atau firing depan untuk mengetahui asal bunyi apakah karena kelembutan shock depan sehingga spakboard menyentuh penjepit shock bagian atas. Hasilnya ternyata bukan berasal dari bagian itu.

Kemudian di coba dengan mengayunkan shock breaker pada saat motor berhenti dengan mengerem roda depan. Setelah di ayun-ayunkan beberapa kali barulah ketahuan bunyi jedok…jedok…jedok…. itu muncul, menurut mekanik yang menangani komplain tersebut bunyi dimaksud berasal dari per spiral yang terlalu keras pada saat membalik . Per atau pegas tersebut ada di sock breaker depan bagian atas, pengujian hanya sampai di situ saja, mekanik meyakinkan bahwa hal itu tidak mempengaruhi faktor keamanan kendaraan. Solusi yang di lakukan hanyalah mengencangkan komstir saja. Atau jika konsumen menghendaki bisa mengganti dengan shock breaker Honda Kharisma menurut mekanik tersebut, tetapi jika ini dilakukan apakah tidak akan merusak garansi? mengingat motor ini baru.

Mohon tanggapan dari PT Astra Honda Motor (AHM)

Sampai sekarang bunyi shock depan Honda Beat saya masih ada, walapun sudah dijelaskan oleh mekanik bengkel resmi Honda PT Daya Motor Bekasi bahwa bunyi tersebut tidak berbahaya atau motor tetap aman,dikendarai, saya sebagai konsumen ingin tahu tanggapan dari PT AHM apakah standar shock depan seperti itu.

Jika memang catat produksi maka recall produk bukan sesuatu yang menakutkan atau musibah, tetapi suatu bentuk aspresiasi produsen kepada konsumen seperti yang terjadi pada roda belakang Honda Vario beberapa waktu yang lampau. Mudah-mudahan masukan ini Dapat Memberikan Perbaikan Bagi Kualitas Motor Honda dan dapat Mempertahankan LOYALITAS pengguna Merek HONDA.

Jika teman-teman pembaca ada yang mempunyai pengalaman sama mohon share ya…atau punya solusi untuk masalah ini ..silahkan koment. Terima kasih.

Artikel yang berhubungan : Menghilangkan bunyi shock Honda Beat, Test Drive Honda BeAt, Honda New Tiger Revo, Kawasaki KLX 140 dan Yamaha X1 R 135

 Read more...

Jumat, 21 November 2008

Honda Blade 110 dan Yamaha Vega ZR 115 untuk mempertahankan loyalitas konsumen?

Sebentar lagi dua pabrikan motor Jepang di Indonesia yang selalu bersaing dalam merebut hati konsumen tanah air akan meluncurkan kembali produk yang baru. Honda akan meluncurkan Blade 110 R dan Yamaha akan menghadirkan produk anyarnya Vega ZR 115.



Persaingan lanjutan dari pertarungan Honda dan Yamaha yang sebelumnya mengeluarkan skutik Honda Beat dan Yamaha New Mio akan terus berkobar, mengingat Honda sebagai jawara penjualan sampai Nopember 2008, hanya terpaut tidak terlalu jauh dari runner up Yamaha.

Sebelum meneruskan tulisan ini saya akan cuplikan spesifikasi dari Honda Blade 110 R yang diambil dari tabloid otomotif dan Spesifikasi Yamaha Taurus (Vietnam) yang di Indonesia dikabarkan diberi nama Vega ZR, tetapi saya tidak yakin dengan spek yang akan hadir di Indonesia apakah sama dengan spek yang ada di Vietnam.

Perbandingan spesifikasi
MotorHonda Blade 110 RYamaha Taurus 114
PxLxT(mm)1.855 x 709 x 1.0711.930 x 6755x 1.055
Jrk terendah ke tnh(mm147126
Jarak sumbu roda (mm)1.2211.235
Rem depan Cakram piston tunggalTromol
Rem belakang TromolTromol
Type, ukr ban depan 70/90-17 M/C 38P60/100-17 MC 33P
Type, ukr ban blk 80/90-17 M/C 44P80/90-17 MC 43 P
Mesin, type 4 tak-SOHC4 tak-SOHC
Diameter x langkah (mm) 50x55.650x57.9
Daya maksimum 8.66 HP/7.000 rpm6.0 kw/7.500
Torsi maksimum (NM/rpm)8.42/5.5008.3/4.500


Jika membaca data performa mesin Yamaha Taurus Vietnam ini kelihatan ada di bawah performa Yamaha New Vega R yang lama yang mempunyai Daya maksimum 6,6 kW / 8.000 rpm dan Torsi maksimum 9.0 Nm / 5000 rpm dengan kapasitas 110.3 cc. Semoga saja spek di atas tidak digunakan pada Vega ZR di Indonesia.

Alihkan sejenak spesifikasi di atas yang belum tentu benar adanya karena masih menunggu peluncuran kedua motor yang konon di launch pada acara Jakarta Motor Show (JMS) 2008 yang akan digelar pada 6 sampai 14 Desember 2008 mendatang.

Saya akan kembali ke judul tulisan di atas, bahwa kali ini Honda Blade 110 ini mengisi kelas yang Honda belum punya karena Honda Revo hanya 100 cc. Segmen pasar ditujukan bagi konsumen yang sudah memakai Honda Revo tetapi ingin naik kelas dengan kapasitas mesin yang lebih besar 110 cc atau juga orang yang loyal dengan merek Honda tetapi menahan untuk menunggu motor baru yang cc lebih besar.

Hal ini sama juga dengan Yamaha yang ingin menyajikan Vega yang lebih baru dari model, kapasitas mesin yang lebih besar dsb. Dari segi ini jelas juga bahwa Vega ZR ini versi naik kelasnya Vega R yang lama. Sehingga segmen pasar juga konsumen yang loyal terhadap merek Yamaha tetapi menginginkan performa yang lebih besar.

Kedua merek di atas jelas menginginkan loyalitas pengguna terus diperhatikan dan tidak ingin konsumen pindah ke lain hati, sehingga inovasi perlu terus dilakukan.

Artikel lain: Honda Beat, Honda Blade 110 R, Suzuki New Satria F150 Yamaha Vega ZR 115 dan Yamaha X1-R 135
 Read more...

Rabu, 19 November 2008

Jadwal balap MotoGP 2009

Bagi pencinta balap MotoGP pasti tak ingin ketinggalan kalender balap tahun 2009, dibawah ini ada sedikit ringkasan mengenai penyelenggaraan balapan tahun depan. Balapan perdana akan dimulai pada tanggal 12 april 2009 di sirkuit Losail Qatar yang seperti tahun lalu dilaksanakan pada malam hari.

Jumlah balapan sebanyak 18 seri, Cina dicoret dari daftar penyelenggaraan grand prix 2009 karena habis masa kontrak selama 4 tahun dari tahun 2005. Dan ada tambahan satu negara
lagi sebagai penyelegara grand prix 2009 yaitu Hongaria yang akan menggelar perlombaan di sirkuit baru Balatonring. Seri terakhir akan ditutup pada 8 Nopember 2009 di sirkuit Ricardo Tormo Valencia.

Ban tunggal Brigenstone

Musim MotoGP 2009 nanti, hanya akan menggunakan 1 merk ban saja. FIM (Federasi Balap Motor Internasional) memutuskan Bridgestone sebagai pemasok tunggal kompetisi kelas tertinggi tersebut. Pengumuman keputusan itu dilakukan seusai pertemuan yang diadakan di Sepang 18 Okt. 2008.

Susunan Pembalap MotoGP 2009

Fiat Yamaha Team:
- Valentino Rossi
- Jorge Lorenzo
Rizla Suzuki MotoGP:
- Chris Vermeulen
- Loris Capirossi
Tech 3 Yamaha:
- Colin Edwards
- James Toseland
Repsol Honda Team:
- Dani Pedrosa
- Andrea Dovizioso
Ducati Marlboro Team:
- Casey Stoner
- Nicky Hayden
LCR Honda MotoGP:
- Randy de Puniet
Team Scot MotoGP:
- Yuki Takahasi
Kawasaki Racing Team:
- John Hopkins
- Marco Melandri
San Carlo Honda Gresini:
- Alex de Angelis

Kalender FIM MotoGP 2009

Tanggal - Grand Prix - Circuit
  • 12 April 09* - Qatar – Losail
  • 26 April 09- Jepang - Motegi
  • 3 Mei 09- Spanyol - Jerez
  • 17 Mei 09- Prancis - Le Mans
  • 31 Mei 09- Italia - Mugello
  • 14 Juni 09- Catalunya - Catalunya
  • 27 Juni 09** - Belanda - Assen
  • 5 Juli 09*** - Amerika - Laguna Seca
  • 19 Juli 09 - Jerman - Sachsenring
  • 26 Juli 09- Inggris - Donington Park
  • 16 Agustus - Republik Ceko - Brno
  • 30 Agustus - Indianapolis - Indianapolis
  • 6 September - San Marino & Riviera di Rimini - Misano
  • 20 September - Hungaria - Balaton
  • 4 Oktober - Portugal - Estoril
  • 18 Oktober - Australia - Phillip Island
  • 25 Oktober - Malaysia - Sepang
  • 8 November - Valencia Ricardo Tormo - Valencia
* Perlombaan Malam
** Perlombaan Sabtu
*** Hanya kelas MotoGP
Source: www.motogp.com

Topik lain: Jadwal A1 GP 2008/2009, Jadwal balap F1 2009, Honda New Tiger Revolution 2008 dan Yamaha X1 R 135

 Read more...

Jumat, 14 November 2008

Denah Sirkuit Lippo Village Karawaci


Denah Sirkuit Lippo karawaci

Indonesia akan menjadi tuan rumah seri kelima A1GP yang di jadwalkan berlangsung pada 6-8 Februari 2009 dan penyelenggaraan tahun 2009 ini adalah ketiga kalinya. Sirkuit Lippo Village terletak di Karawaci Tangerang Banten, sirkuit ini akan mengambil tempat di jalan raya kota Lippo Karawaci dan memiliki panjang lintasan 3,2 kilometer mempunyai 12 tikungan. Area start dan finis berada di depan kompleks Universitas Pelita Harapan.


Perancang Sirkuit ini adalah arsitek spesialis sirkuit asal Jerman, yaitu Herman Tilke yang reputasinya tidak diragukan karena sudah merancang sirkuit besar lainnya yaitu, sirkuit Sepang, sirkuit Bahrain, dan sirkuit jalan raya Valencia.Sirkuit Lippo Karawaci termasuk sirkuit yang mempunyai karakter cepat sehingga mobil A1GP diklaim bisa melaju sampai kecepatan 308 km/jam pada salah satu sisi trek sirkuit ini dan kecepatan rata-rata 176 km/jam.

CEO A1GP Asia-Pasifik, David Claire, mengatakan, kontrak balapan A1GP di Karawaci berjangka waktu minimal lima tahun. Ia optimistis, balapan bakal mendapat sambutan besar. "Sirkuit dirancang desainer kenamaan. Letaknya juga tidak jauh dari Jakarta," ujar Claire.

Jadi keragu-raguan beberapa kalangan pencinta balap tanah air sudah terjawab dengan dikeluarkannya denah sirkuit tersebut. Kita tunggu aja mudah-mudah dapat sesukse penyelenggaraan tahun sebelumnya.

bahan: dari berbagai sumber
Topik lain: Jadwal MotoGP 2009 , jadwal A1 GP 2008/2009, Honda New Tiger Revolution 2008 dan Yamaha X1 R 135
 Read more...

Jumat, 07 November 2008

NEW HONDA TIGER REVO : Just a Minor Change


New Tiger Revolution

Setelah lama di tunggu New Tiger Revolution, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) melaunching motor tipe sport ini pada Rabu, 5 Nopember 2008 di Hard Rock Café Jakarta. Masih menggunakan mesin yang lama dengan volume silinder 200 cc , desainnya saja yang berubah.

Seperti yang sudah diduga banyak orang bahwa New Honda Tiger Revolution akan menggunakan mesin lama terbukti sudah. Seperti yang sebelumnya dilontarkan oleh Marketing Director, PT Astra Honda Motor Johanes Loman, bahwa motor 250 cc belum cocok di Indonesia saat ini. Jadi bagi Anda yang memimpikan Tiger dengan mesin 250 cc harus menunggu entah kapan mimpi itu terwujud. Barangkali PT AHM masih menimbang pengalaman merek lain yang bermain di mesin 250 cc tidak se sukses kelas 200 cc. Tentu saja kapasitas lebih besar dengan teknologi yang lebih maju menyebabkan cost yang lebih tinggi. Hal ini akan berimbas pada pasar yang semakin mengecil.

Kembali ke New Honda Tiger Revolution, bahwa yang menarik adalah Desain motor ini memang lebih radikal terlihat tambah maco, karena menggunakan model lampu yang seperti di daratan eropa yaitu penggunaan “Headlight and Visor” yang menganut “Asymmetric style” dilengkapi multireflektor. Mufler cover yang berfungsi pelindung panas dari knalpot, Panel isntrumen yang asimetris, Shroud (penutup tangki) baru yang lebih kekar, penggunaan LED untuk lampu stop belakang yang dilengkapi dengan multirefletor dan lensa bening. Mesin dilengkapi dengan SASS, memenuhi standar baku mutu Euro 2. SASS (Secondary Air Supply System) mengatur penyemprotan Udara bersih (O2) ke dalam saluran buang, agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran (CO & HC) menjadi gas CO2 & H2O.

Jadi bagian yang tidak berubah antara lain sektor: Mesin, Shockbreaker/ Suspensi, Sparate rear grip/pegangan belakang, rem depan,rem belakang masih sama dengan peranti Tiger Revo yang lama. Hem … sayang ya… yang kita tunggu seperti rangka delta box, monoshock, system injeksi dll, belum, di cangkok di motor sport terbaru Honda ini.

Motor yang dibandrol dengan harga Rp 24 juta (on the road DKI Jakarta) ini, tersedia dalam 5 varian warna, 2 warna untuk kelompok warna hitam, yaitu: Evolve Black, dan Magnificient Black serta 3 varian warna lainnya Dominate Grey, Magma Red, Reign Blue.

Spesifikasi New Honda Tiger Revolution:
  • Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
  • Jarak sumbu roda : 1327 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 155 mm
  • Berat kosong : 138 kg
  • Tipe rangka : Pola Berlian
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
  • Ukuran ban depan : 2,75 - 18 42L
  • Ukuran ban belakang : 100/90 - 18 M/C - 56P
  • Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
  • Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
  • Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
  • Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
  • Volume langkah : 196,9 cc
  • Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
  • Daya maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
  • Torsi maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
  • Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
  • Gigi transmsi : 6 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5-6
  • Starter : Elektrik Starter & Kick Starter
  • Aki : 12 V - 7 Ah
  • Busi : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
  • Sistem pengapian : CDI-AC, Magneto


Artikel lain: Suzuki Skydrive 125, Yamaha X1 135 dan test drive Honda BeAt
Sumber: PT Astra Honda Motor dan gambar: otomotifnet.com
 Read more...

Kamis, 06 November 2008

Sulitnya mengurus SIM (Surat Ijin Mengemudi)

Judul posting ini bukan bermaksud menakut-nakuti pembaca tetapi hanyalah berbagi cerita dengan kawan-kawan yang akan membuat SIM baru atau memperpanjang lisensi mengemudi yang sudah habis masa berlakunya



Melalui jalur yang resmi

Melalui jalur resmi! Apa ada jalur yang tidak resmi? Jawabanya ada kedua-duanya. Anda tinggal pilih sesuai dengan keinginan. Pilih jalur tidak resmi alias melalui CALO, kebiasaan ini biasa dilakukan oleh sebagian masyarakat kita yang ingin serba cepat, mudah dengan konsekwensi membayar lebih mahal dan anda sedang memupuk KORUPSI yang sudah mengakar disini. Celakanya yang menempuh jalur ini prosentase lebih besar kurang lebih 80 % berbanding 20 % yang melalui jalur resmi. Jika sehari ada 400 pemohon SIM maka 320 an yang melalui jalur ini berapa uang yang beredar di jalur ini? Sungguh besar.

Pengalaman saya mencoba jalur resmi sengaja ingin mengetahui seluk-beluk pengurusan yang benar dan berapa biaya total yang dikeluarkan, memang ribet dan membutuhkan waktu lama tetapi mendapat kepuasan karena mengurangi KORUPSI YANG MERUPAKAN BAHAYA LATEN DI BIROKRASI KITA.

Saya memang mengurus sesuai domisili yaitu di Polres Bekasi Kota. Pengurusan di wilayah ini memang lebih baik dari 5 tahun yang lalu dimana saat itu hampir sulit menghindar tawaran CALO mulai dari parkiran, tempat foto copy, warung tegal, sampai gang menuju gedung pemeriksaan kesehatan serta bagian dalam yaitu oknum petugas sebagai calo dalam tanda kutip (terselubung).

Melalui jalur resmi pengurusan SIM ini kita harus banyak bertanya, baik ke teman yang sama-sama mengurus atau juga ke petugas informasi karena dalam beberapa hal sedikit sekali informasi jadi hanya ditemui bagan-bagan atau diagram prosedur cara pembuatan SIM dan anjuran untuk tidak berhubungan dengan calo.

Tidak ada denah mengenai ruangan atau tempat untuk mengurus misal: tes kesehatan, test teori dan praktek, bayar bank, asuransi, tempat foto dan pengambilan yang sudah jadi. Calon pembuat SIM-lah yang harus mencari ruangan. Anehnya ruang tes kesehatan justru ada di gedung diluar/di belakang Polres Bekasi sehingga kita harus keluar dari kantor Polres belok ke kiri melalui gang dan belok kiri lagi baru di temui tempat tes kesehatan. Di jalan gang sebelah kantor Polres Bekasi inilah berkeliaran CALO-CALO yang menawarkan jasa untuk mengurus SIM tanpa perlu repot-repot tinggal foto saja. Harga yang ditawarkan untuk SIM C/A baru sekitar 300 ribu dan untuk perpanjangan sekitar 200 rb.

Informasi yang terlalu sedikit (hanya diumumkan melalui pengerah suara) dan tempat pemeriksaan kesehatan yang terpisah inilah yang merupakan celah yang bisa dimanfaatkan para calo untuk dapat mencari mangsanya. Atau hal ini mungkin disengaja karena menguntungkan bagi oknum petugas maupun calo-calo tersebut. Jika Kapolres Bekasi Kota mau memberantas tindakan Calo dalam pengurusan SIM sebenarnya dapat dilakukan dengan membuang celah-celah yang dapat dimanfaatkan misal: Menyatukan ruang pemeriksaan kesehatan di dalam polres bersama ruang pengurusan SIM yang lain yang sudah ada di dalam, Membuat papan informasi yang lebih banyak, dan Menjelaskan tata cara yang rinci sesuai urutan mana yang lebih dahulu dikerjakan, Satu lagi hal penting yaitu nomor antrian juga perlu dibuat. Saya yakin dengan sendirinya jasa calo-calo akan ditinggalkan. Bisa juga melihat apa yang sudah dilakukan di kota sebelah yaitu Jakarta dan kota besar misalnya Surabaya.

Biaya resmi pembuatan SIM C/A

Biaya bank untuk sim baru Rp. 70.000, keterangan sehat Rp. 22.000, asuransi Rp. 15.000, Total Rp. 107.000. Jika SIM perpanjangan yang membedakan hanya biaya bank Rp. 60.000,- jadi total hanya Rp. 97.000 bandingkan dengan biaya melalui calo untuk SIM baru 300.000 dan perpanjangan 200.000 perbedaannya cukup besar yaitu Rp. 193.000 SIM baru dan Rp. 103.000 SIM perpanjangan. Biaya ini untuk orang umum tetapi untuk warga khusus kami tidak tahu apakah masih ada perbedaan atau tidak misal istri anggota TNI/Polri?

Jika pembaca berdomisili di Bekasi dan mau untuk mengurus SIM yang tidak melalui calo bisa menempuh langkah ini.
  • Siapkan foto copy KTP 4 lembar
  • Datanglah sebelum jam 08.00 wib, urus dahulu keterangan kesehatan khusus SIM di belakang Polres Bekasi, masukan 2 lembar foto copy KTP biaya rp. 22.000,-, jika dalam perjalanan di gang ada yang menawari jasa / calo bilang tidak dan terimakasih.
  • Bayar asuransi Rp. 15.000 di conter asuransi di dalam kantor Polres.Bayar biaya bank Rp. 70.000 (SIM baru) Rp. 60.000 (perpanjangan) di dalam kantor Polres
  • Isi formulir dan tunggu panggilan test teori/praktek dan terakhir foto,
  • Terakhir tunggu panggilan bahwa SIM sudah jadi.
Jika anda ingin mendukung birokrasi bersih meminimkan korupsi yang merupakan bahaya laten Indonesia kita, langkah di atas bisa menjadi alternative pilihan.

Artikel lain: Kampas mobil hangus saat menanjak
 Read more...

Selasa, 04 November 2008

Juara Dunia F1 2008

Pada usia hanya 23 tahun, 10 bulan dan 26 hari, Lewis Hamilton menjadi juara dunia termuda dalam sejarah Formula 1. Dia adalah orang ke-12 yang menjadi Juara bersama McLaren, yang terakhir menjuarai kala itu tahun 1999 adalah Mika Häkkinen, kini diperoleh kembali.



Unggul sangat tipis dan bernasib sangat baik.

Felipe Massa mendominasi di Interlagos dan melewati finis diposisi pertama sedangkan Hamilton diposisi ke lima dengan memperoleh 4 poin. Tetapi karena perbedaan hanya 7 point dengan Massa maka dengan menempati posisi tersebut sudah dapat menggondol juara dunia mengunguli rival terberatnya . Jumlah perolehan nilai Hamilton 98 poin dengan 5 kemenangan yang terpaut 1 point dengan Massa yang memperoleh 97 poin, tetapi dia mengoleksi 6 kali kemenangan.

Lomba panjang yang dramatis.

Lomba di mulai terlambat 10 menit karena sirkuit diguyur hujan. Hujan di awal lomba telah menambah drama yang sangat seru, dan terlihat David Coulthard dari Red Bull membuat kesalahan yang tdk perlu keluar dari balapan setelah dia melintir terlibat tabrakan dengan Nico Rosberg pembalap Williams, yang satu pasangan tim Kazuki Nakajima . Coulthard keluar di putaran tersebut, sementara pembalap Renault Nelson Piquet juga keluar pada putaran ketiga.

Hujan reda pertama setelah lima putaran lap. Massa, Fernando Alonso, Kimi Räikkönen, Hamilton dan Sebastian Vettel masuk pit untuk mengganti ban basah ke ban kering. Dengan susah payah Timo Glock, pembalap Toyota menuju posisi ke enam.

Massa menguasai seluruh balapan, dengan pembalap Toyota Jarno Trulli melorot ke belakang dari posisi awal yang sangat kuat di tempat kedua. Seperti semua pembalap mulai mengganti ban dari basah ke kering setelah tujuh laps. Vettel, menjalankan strategi yang berbeda untuk mengisi bahan bakar, di banding yang lain, selalu merupakan ancaman diposisi kedua berada di depan Alonso dan melakukan tekanan beberapa kali ke Massa sebelum berhenti lebih awal untuk bahan bakar.

Felipe Massa, Alonso dan Raikkonen selanjutnya berada pada posisi pertama sampai ketiga, namun Hamilton dan Vettel anjlog ke belakang Glock. Ini masih cukup baik untuk Hamilton, tetapi sampai kemudian, di bawah tekanan pada putaran 70 dia melakukan kesalahan penting slip dan melebar. Hal ini masih dimanfaatkan oleh pembalap Toro Rosso Vettel untuk mendorong Hamilton ke tempat yang diperlukan untuk menyabet juara diposisi kelima.

Bahkan saat Massa melewati garis finis, Hamilton masih di posisi keenam dan Masa memenangi juara sementara. Tetapi saat Vettel dan Hamilton melaju di tikungan akhir, Glock pembalap Toyota melambat di depan mereka, pembalap Jerman itu berjuang untuk mengendalikan mobil yang slip, ban yang tidak sesuai dikondisi basah. Dari tikungan terakhir itulah ia menyalip ke posisi kelima dan menjadikan ia memperoleh gelar juara paling dramatis dalam sejarah F1.

Raikkonen tertinggal beberapa jauh dari trio pembalap di depanya, tetapi pada putaran terakhir dengan cepat mendekati Alonso dan saat Massa melewati garis finis dengan waktu 13.2 detik didepannya.

Hamilton selalu mengambil beberapa kesempatan, sekitar posisi keempat atau kelima, dan melihat sasaran mudah sampai pada perjuangan akhir yang dramatis. Glock finis di tempat keenam, finis lebih baik di depan pembalap McLaren's Heikki Kovalainen dan Trulli dalam perolehan poin terakhir.

Mark Webber pembalap Red Bull itu menempati posisi kesembilan, di depan Nick Heidfeld dan Robert Kubica, sehingga pembalap dari tim BMW Saubers gagal untuk mendapatkan nilai untuk pertama kalinya di 2008. Rosberg diposisi ke 12 di depan pembalap Honda Jenson Button, pembalap Toro Rosso Sébastien Bourdais (kesempatan memperoleh poin gagal setelah bertabrakan dengan Trulli di di tikungan pertama), pembalap Honda Rubens Barrichello, pembalap Force India Adrian Sutil, Nakajima dan Giancarlo Fisichella. Pembalap Force India dari Italia pertama, berhenti untukmengganti ban kering di putaran dua, dan berlomba sampai tempat kelima sebelum akhirnya mundur karena persoalan mesin yang tak terelakan.

Setelah mereka selesai balapan, pembalap McLaren Hamilton hampir tidak percaya, tetapi bagi Massa ini adalah kekalahan yang sangat indah."Kami harus mengucapkan selamat kepada Lewis," katanya. "Dia adalah juara yang besar dan dia mempunyai nilai poin lebih dari kami, sehingga pantas menjadi juara."

Sebagai penghibur Ferrari adalah memenangi juara constructors tetapi, pada akhirnya, dan yang paling dramatis dalam kenyataan yg ada, hari ini adalah milik Lewis Hamilton dan McLaren

Artikel lain: Juara motoGP 2008
Sumber: F1 com
 Read more...