Selasa, 29 April 2008

Result of FORMULA 1: GRAN PREMIO DE ESPANA TELEFONICA 2008


Ferrari team became that was best in the race Barcelona Spain. Their two racing drivers defeated this series occupied the place of one and two. On the other hand the team McLaren and the Renault team experienced the difficulty in the Grand Prix Spain. Occupied the position start first Kimi Raikonen the team's Ferrari racing driver led the running of the race since start through to finish. This victory becoming steady his at top classification whereas with 29 point.

Start from five position Hamilton racing driver McLaren, was successful well. He overtook Robert Kubica racing driver BMW Sauber that start from the position four. At the end the Hamilton race occupied the position of three. Whereas one colleague team, Heikki Kovailenen experienced broke out the tyre to cloth to 22 and hit the wall. He experienced the injury that was enough so as to have to be run off with to the hospital.

Fernando Alonso from the Renault team start from second position at the beginning of the race, but he failed to continue the race because on lap 35 His engine was burnt. The colleague of one Alonso team, Nelson Piquet also failed to continue the race after experiencing the accident on lap 7.

SEASSON:

PosDriver Team Laps Time/Retired Grid Points
1Kimi RäikkönenFerrari661:38:19.051110
2Felipe MassaFerrari66+3.2 secs 38
3Lewis HamiltonMcLaren-Mercedes66+4.1 secs 56
4Robert KubicaBMW Sauber66+5.6 secs 45
5Mark WebberRed Bull-Renault66+35.9 secs 74
6Jenson ButtonHonda66+53.0 secs 133
7Kazuki NakajimaWilliams-Toyota66+58.2 secs 122
8Jarno TrulliToyota6659.4 secs 81
9Nick HeidfeldBMW Sauber66+63.0 secs 90
10Giancarlo FisichellaForce India-Ferrari66+1 lap 190


DRIVER:


PosDriver Nationality Team Points
1Kimi RäikkönenFinnish Ferrari29
2Lewis HamiltonBritish McLaren-Mercedes20
3Robert KubicaPolish BMW Sauber19
4Felipe MassaBrazilian Ferrari18
5Nick HeidfeldGermanBMW Sauber16
6Heikki KovalainenFinnish McLaren-Mercedes16
7Jarno TrulliItalian Toyota9
8Mark WebberAustralian Red Bull-Renault8
9Nico RosbergGerman Williams-Toyota7
10Fernando AlonsoSpain Renault6
11Kazuki NakajimaJapanWilliams-Toyota5
12Jenson ButtonBritish Honda3
13Sebastien BourdaisFrench STR-Ferrari2


TEAM:

PosTeam Points
1Ferrari47
2BMW Sauber35
3McLaren-Mercedes34
4Williams-Toyota12
5Toyota9
6Red Bull-Renault8
7Renault6
8Honda3
9STR-Ferrari2
10Force India-Ferrari0
11Super Aguri-Honda0

Source: http://www.formula1.com
Related topic: 2008 World Racing Calender and 2008 International Auto Show
 Read more...

Senin, 28 April 2008

Skutic Honda Icon melawan dominasi Yamaha Mio

Honda Icon sebenarnya nama sekutic di negara Gajah Putih atau Thailand. Untuk versi Indonesia kemungkinan namanya akan berbeda. Mungkin PT AHM sengaja merahasiakan nama yang akan dipakai tetapi gosipnya memakai gelar Honda Beat. Namanya gossip jadi belum tentu benar adanya seperti pada saat peluncuran Honda CS1 nama yang santer adalah Crossover. Ini hanyalah taktik marketing saja dimana semakin ramai di isukan oleh media semakin banyak masyarakat yang ingin tahu dan inilah iklan gratis untuk mendongkrak suksesnya penjualan.


Dominasi Mio
Perkembangan motor skutik di Indonseia sangat pesat mulai dari tahun 2006. Pada tahun 2007 market share 18.4 % dan pada triwulan pertama (Jan-Mar) 2008 market share sudah mencapai 23.8 %. Demam skutic bagi masyarakat kita karena segi pegendaraan yang lebih mudah dan nyaman karena system motor tanpa perpindahan gigi. Apalagi di jalanan perkotaan yang sering macet perlu kendaran yang lincah tinggal putar grip gas dan tekan tuas rem.

Pada kelas skutic ini Yamaha Mio masih mendominasi pemasaran. Pada awalnya Mio ini diperuntukan bagi kaum wanita seperti iklannya di TV Ibu-ibu bisa mengendarai skutic menggambarkan motor ini sangat friendly. Dalam perkembangannya banyak Pria juga menggemari skutic ini. Selain factor kenyamanan, factor harga (ada yg dibawah) motor bebek, model trendy, imut dan ramping juga bisa mempengaruhi konsumen. Karena marketnya semakin besar maka banyak juga pemain dikelas ini antara lain Honda Vario, Suzuki Spin, Kymco Libero tetapi sekali lagi Mio masih menjadi rajanya.

Di bawah ini tabel penjualan (Januari-Maret):
- Yamaha Mio : 150.724 unit
- Honda Vario : 87.582 unit
- Yamaha Mio Soul : 45.155 unit
- Suzuki Spin : 28.611 unit
- Suzuki Skywave : 25.486 unit
- Kymco Libero : 744 unit
- Kymco Free : 599 unit
Sumber: AISI

Melawan dominasi
Di tahun 2007 Sepeda Motor Honda sudah menjadi pemimpin di kelas bebek dan sport hanya dikelas skutic ini saja pabrikan yang berlambang sayap mengepak belum menjadi pemimpin. Makanya pada bulan Juni 2008 mendatang PT AHM akan meluncurkan motor skutic gres sebagai senjata untuk melawan dominasi pesainggnya. Honda Icon versi Thailand mempunyai dimensi lebih kecil dari Vario, mesin 108 cc 4 tak transmisi CVT.

Specifikasi Mesin Honda Icon Thailand
  • Engine : 4 stroke SOHC let off the heat with the air
  • Cylinder capacity : 108 cc
  • The ratio compressing : 9.5: 1
  • Cylinder x distance draws : 50 x55 mm.
  • Ignition system : CDI
  • Start system : electric starting
  • Fuel Capacity : 3.3 liter
  • Lubricating oil capacity : 0.8 liter
  • Tranmition System : V - MATIC
  • Carrying forward gears rate : 2.68 - 0.85
  • W x Lx H : 667 x 1859 x 1046 mm
  • Height : 135 mm
  • Space of wheel : 130 mm
  • Junction front/back wheels : 1,240 mm
  • Weight : 103 kg
  • Front suspension : Telehydraulic
  • Rear suspension : Unit swing
  • Brake : Disk Brake/ Drum Brake
  • Front wheels : 70/90 - 14
  • Back wheels : 80/90 - 14
  • Battery : 12 V - 3.5 Ah

Basis sama dengan vario minus pendingin radiator dan tambahan fitur lainnya tetapi tampilannya tidak akan berbeda jauh dengan versi Thailand atau disesuaikan dengan selera masyarakat. PT AHM kemungkinan akan menghadapkan skutic ini dengan pesaingnya mengingat desainnya lebih ramping minus pendingin radiator sehingga motor ini lebih memasyarakat dan harga ditekan seharga 11-12 juta an. Bisa ditebak siapa yang di hadapi kalau bukan Si Mio dan Si Spin skutic yang berada di kelas tersebut? Seperti di ungkapkan Johannes Loman marketing director PT AHM “bahwa motor akan lebih unggul dari pesaingnya tetapi harga di bawah Vario”.

Jika Mio bisa di taklukan Icon berarti Honda benar-benar Mengepakan Sayap sebagai Raja di Raja donk? He..he…he.. yang paling diuntungkan konsumen jadi banyak pilihan sesuai kantong sambil berdoa berharap PT AHM ambil untung dikit aja biar kebeli. (Untung kecil jika yang beli banyak kan jadi untung besar kayak pesaingnya gitu lho..!)

Artikel lain: Jadwal balap MotoGP

Source: Tabloid Otomotif no. 52/XVII, 28/4/08, Oto Trend edisi 367 minggu IV April 2008 dan www.blogcatalog.com
 Read more...

Jumat, 25 April 2008

The 16th Indonesia International Motor Show 2008

Gbr. JIMS 2007

Isu yang semakin santer saat ini adalah pemanasan global yang berdampak pada penurunan kualitas hidup umat manusia. Salah satu penyebabnya adalah pencemaran udara yang disumbang oleh banyaknya kendaraan. Pada The 16th Indonesia International Motor Show 2008 mengambil tema "Advanced Motoring. Hi-Quality Living" yang merefleksikan kegiatan industri otomotif terkini dalam pemanfaatan teknologi kendaraan yang lebih maju, efisien, dan ramah lingkungan sehingga meningkatkan kualitas kehidupan kita bersama.

Jadwal Pelaksanaan:
  1. Tempat : Jakarta Convention Center ( Hall/Aula A, Pre-Function Hall A, B Hall/Aula, Pre-Function Hall B, penghubung antara Hall A &B, Lobi Utama, Aula Pertemuan, Hall/aula Paripurna, Cendrawasih Hall dan Temporary Hall)
  2. Tanggal: 11-20 Juli 2008
  3. Jam buka : 10.00 - 22.00 WIB
    * 11 Juli 2008 Press & VIP (undangan & media pers yang terdaftar)
    * 12 - 20 july 2008 di buka untuk Umum
  4. Tiket : Senin s/d Kamis Rp. 30.000 dan Jumat s/d Minggu Rp. 35.000

2008 Calender of International Auto Shows
  • January 9: New Delhi, 9th Auto Expo (2008)
  • January 13: Detroit, North American International Auto Show (2008)
  • January 15: Brussels, 86th International "Motorcar-Motorcycle" Show (2008)
  • January 23: Cairo International Motor Show (2008)
  • March 4: Geneva, 78th International Motor Show (2008)
  • March 19: New York International Auto Show (2008)
  • March 26: Bangkok International Auto Show (2008)
  • March 27: Zagreb International Auto Show (2008)
  • March 31: Belgrade International Motor Show (2008)
  • April 23: Tallinn, Baltics Motor Show (2008)
  • April 24: Lisbon International Motor Show (2008)
  • May 14: Budapest International Motor Show (2008)
  • June 3: Brno Autotec (2008)
  • July 11: Jakarta, 15th Indonesian International Motor Show (2008)
  • July 22: London, British International Motor Show (2008)
  • August 26 : Moscow Auto Salon (2008)
  • September 10: Nitra Motor Show (2008)
  • September 23: Hanover, 62nd International Motor Show (2008)
  • October 2: Paris, Mondial de l'Automobile (2008)
  • October 9: Istanbul (2008)
  • October 27: São Paulo, 25th International Motor Show (2008)
  • October 30: Johannesburg International Motor Show (2008)
  • December 3: Bologna Motor Show, International Automobile Exhibition (2008)


Artikel lain: Jadwal balap MotoGP dan Jadwal balap F1 2008

Source : http://oica.net and http://www.indonesianmotorshow.com
 Read more...

Kamis, 24 April 2008

Perbandingan bebek super: Honda CS1, Honda New Supra 125 PGM-FI, Kawasaki ZX 130, Suzuki Satria FU 150 dan Jupiter MX 135



Dua kategori motor bebek.
Kategori ini hanyalah sebutan terhadap motor bebek standar dan motor bebek non standar yang kaya akan fitur yang melekat pada motor tersebut.

  • Bebek Super (Hyper Underbone), yang tergolong pada kelompok ini adalah yang bukan semata-mata basic model yang hanya digunakan untuk transportasi saja melainkan mempunyai nilai tambah model, teknologi dan fitur. Misal kapasitas lebih besar di atas 125 cc, diskbrake depan-belakang, pelek racing, sokbreker belakang monoshock, pendingin liquid (radiator), injeksi, spidometer digital dan sebagainya (intinya fitur lebih lengkap). Karena fitur yang lebih inilah harga motor ini menjadi lebih mahal.
  • Bebek Konvensional (Lower Underbone) yang tergolong pada kelompok ini adalah bebek basic model yang hanya digunakan untuk transportasi saja. Karena fitur lebih sederhana dan kapasitas silinder kecil harga bisa ditekan agar lebih murah.



Segi pemasaran dari dua kategori motor tersebut, pangsa pasar terbesar masih dikuasai oleh motor lower underbone dengan 70% dibanding bebek super karena harganya yang terjangkau. Harga semakin mahal maka pangsa pasar akan semakin menurun. Sebagai gambaran motor lower underbone misal Honda Revo terjual lebih banyak dibanding Supra X 125 PGM-FI, Yamaha Vega R penjualanya lebih tinggi dari padaJupiter MX 135. Walaupun pangsa pasarnya lebih kecil, tetapi motor Hyper ini bisa menjadi flagship model bagi tiap pabrikan.


Dengan hadirnya Honda CS1 yang diklaim sebagai spesies baru tetapi masih ada unsur motor bebek sehingga kami masukan ke dalam kategori bebek super bersama produk lain yang sudah eksis duluan yaitu, Honda New Supra X 125 PGM-FI, Kawasaki ZX 130, Suzuki Satria FU 150 dan Jupiter MX 135.

Desain.
Jika yang dibicarakan desain semua orang pasti akan mempunyai pendapat yang berbeda jadi tidak ada maksud penulis mengeneralisir pendapatnya. Jadi kami hanya melihat bebek super yang selama ini beredar di masyarakat. Honda CS1 ini mempunyai tampilan “Nyleneh dan unik” jika dilihat dari depan menyerupai motor sport tetapi jika dari samping dan belakang menyerupai motor bebek. Dengan bahasa pemasaran motor crossover PT AHM membuat segmen motor baru ditengah-tengah antara motor sport dan motor bebek sepertinya motor multi fungsi. Sedangkan Suzuki Satria FU 150 dan Jupiter MX 135 keduanya mempunyai desain bebek jantan atau bebek sporti. Untuk Honda New Supra 125 PGM-FI, Kawasaki ZX 130 desain seperti bebek pada umumnya.

Teknologi.
Honda CS1 mengusung mesin tegak, SOHC,125 cc, radiator, monoshok belakang, rem cakram depan-belakang dan tranmisi 5 speed, 12.8 PS/10.000 rpm. Yamaha Jupiter MX 135 cc, SOHC, radiator, monoshok belakang dan transmisi 4 speed 11.17 PS/8.500 rpm. Suzuki Satria FU 150 mesin tegak 150 cc, DOHC monoshok belakang, rem cakram depan-belakang dan tranmisi 6 speed, 16 PS/9.500 rpm. Supra 125 PGM-FI mesin 125 cc, SOHC, rem cakram depan-belakang dan tranmisi 4 speed, 9.18 PS/7.500 rpm. Kawasaki ZX 130 mesin 130 cc, dan tranmisi 4 speed, 10.1 PS/7.500 rpm.

Jika dilihat dari teknologi maka Satria 150 FU lebih unggul karena kapasitas mesin lebih besar 150 cc, power 16 PS dan DOHC-empat valve.

Rentang Harga (April 2008).
  • 13.65 juta Kawasaki ZX 130.
  • 14.95 juta Yamaha Jupiter MX-CW.
  • 15.90 juta New Supra 125 PGM-FI.
  • 16.60 juta Suzuki Satria FU 150.
  • 16.90 juta Honda CS1

Apa yang Anda inginkan untuk sebuah motor?
  • Jika yang berjiwa sporti namun menginginkan motor yang mudah dikendarai seperti motor bebek, adalah pilihan CS1 ini barangkali lebih tepat karena produk ini menjembatani atau mengakomodir dua kategori motor bebek dan sport.
  • Untuk yang menginginkan performa lebih unggul dalam hal teknologi pilihan akan jatuh pada Suzuki Satria FU 150 karena teknologi DOHC lebih tinggi dan cc lebih serta power yang lebih besar dari pesaingnya.
  • Jika menginginkan model tidak terlalu “ekstrim” tapi tetap sporti Jupiter MX-CW bisa menjadi pilihan teknologi sudah maju, cc cukup besar dan harga lebih murah diantar dua pesaing di atas.

Tetapi untuk keputusan akhir tetap di tangan Anda karena untuk memilih sebuah model motor bebek super bukan hanya faktor di atas saja. Masih ada faktor yang lain misal, brand atau merek, penggunaan, umur pemakai, harga, pelayanan purna jual dan lain sebagainya.

Perbandingan spesifikasi Bebek Super

MotorKawasaki ZX 130Jupiter MX-CW Supra 125 PGM-FI Satria FU 150Honda CS1
PxLxT(mm)1.904 x 709 x 1.0501.945 x 705x 1.0651.889 x 702 x1.0941.945 x 650 x 9801.932 x 682 x 1.042
Jrk terendah ke tnh(mm14214013695130
Berat kosong (kg)10410410795114
Kap. tangki BBM (liter)3,743.74.94.1
Type rangka BackboneDiamondUnderboneUnderbone Twin tube
Shock depanTelescopikTelescopik Telescopik Telescopik Telescopik
Shock belakang Lengan ayun spiralMonoshock Lengan ayun spiral Monoshock Monoshock
Rem depan CakramCakram Cakram Cakram Cakram
Rem belakang TromolTromol Cakram Cakram Cakram
Type, ukr ban depan 70/90-1770/90-17 70/90-17 70/90-17 70/90-17
Type, ukr ban blk 80/90-1780/90-17 80/90-17 80/90-17 80/90-17
Mesin, type 4 tak-SOHC4 tak-SOHC 4 tak-SOHC 4 tak-DOHC 4 tak-SOHC
Pendingin UdaraLiquid radiator Udara Udara Liquid radiator
Diameter x langkah (mm) 53x59.154x58.7 52.4x57.9 62x48.8 58x47.2
Volume silinder (cc) 130134.4 124.8 147.3 124.7
Rasio kompresi 10:110.9:1 9.0:1 10.2:1 10.7:1
Daya maksimum (PS/rpm)10.1/7.50011.17/8.500 9.18/7.500 16/9.500 12.8/10.000
Torsi maksimum (NM/rpm)10.7/5.50011.65/5.500 9.7/5.000 12.5/8.500 10.2/7.500
KarburatorKeihin NCV24Mikuni VM22 injeksiMikuni BS26 injeksi
TransmisiSentrifugal A/T 4-speedManual 4-speed Sentrifugal A/T 4-speed Manual 6-speed Manual 5-speed

Source: YMKI, AHM, KMI,IMNI

Artikel terkait: Honda Icon/Beat siap lawan dominasi Yamaha Mio Test ride Honda CS1 dan Test ride Kawasaki Ninja 250R serta Jadwal balap MotoGP
 Read more...

Rabu, 23 April 2008

Lorenzo targetkan peringkat 5 ke atas di sirkuit Shanghai China 5 Mei 2008 mendatang


Gbr. Sirkuit Shanghai dan Jorge Lorenzo

Prestasi Mengagumkan.
Kemenangan pertama Jorge Lorenzo pada seri MotoGP bwin.com Grande Premio Portugal sangatlah mengagumkan. Ia menempati 3 kali pole position pada 3 seri berturut-turut, sebagai pembalap termuda (belum genap 21 th) yang naik podium 3 kali berturut-turut, mencatat fastest lap dan akhirnya memenangi balapan pada seri Estoril Portugal dimana ia belum pernah memenangi pada kelas di bawahnya. Prestasi di Estoril ini telah mematahkan prestasi pembalap Alex Barros pada saat bergabung di MotoGP tahun 2005 dimana pada saat itu ia memegang pole position, fastest lap dan memenangi lomba.

Mencerminkan awal sensasional pada kelas bergengsi MotoGP, Lorenzo menambahkan, ini mutlak mengagumkan. Bahkan dua bulan sebelumnya ia tidak pernah berpikir siapapun di dalam balapan yang bisa meramalkan hasil ini. Pada awal seri 2008 kebanyakan orang hanya memperhitungkan pertempuran antara Valentino Rossi yang sudah berganti ban Bridgestone versus Casey Stoner yang akan mempertahankan gelar juara dunia. Untuk seorang rookie yang dapat mengalahkan juara dunia lima kali- Valentino Rossi, juara dunia 2006 Nicky Hayden, juara dunia 2007 Casey Stoner yang saat ini masih diunggulkan adalah hal yang sangat fantastis.

Bahkan tim Fiat Yamaha pada saat uji coba sebelum balap seri 2008 dimulai pernah mengkritik gaya berkendara Lorenzo yang menyerupai kelas GP 250 yang mengakibatkan keseimbangan bagian depan kurang bagus dan menghasilkan uji coba kurang memuaskan. Tetapi hasil dari sukses tiga seri ini belum dapat untuk menggambarkan siapa calon juara dunia sesungguhnya. Jalan untuk menuju juara dunia masih sangatlah panjang.

Target peringkat 5 besar.
Pada seri ke- empat yang akan berlangsung di sirkuit Shanghai China pada tanggal 4 Mei 2008, Lorenzo hanya menargetkan masuk urutan ke lima besar. Hal ini didasari karena baru saja operasi kecil pada lengan seperti yang ia katakan pada koferensi pers selepas memenangi lomba seri Estori Portugal. Bahwa setelah sukses operasi bedah yang dilakukan oleh Dr. Xavier Mir saat ini masih dalam tahap rehabilitasi. Lorenzo mengatakan “Aku berharap pada laga di China tidaklah dalam kondisi siap 100 persen, sebab hal itu akan sangat mustahil, tetapi berharap mampu untuk finis dengan urutan lima ke atas”.

Tipikal sirkuit Shanghai China yang mempunyai trek lurus panjang dan lebar adalah balap dengan kecepatan tinggi yang tahu 2007 lalu dimenangi oleh motor Ducati Desmosedici GP7. Jadi apakah motor andalan Casey Stoner tahun ini juga akan mengulangi sukses itu dengan Ducati Desmosedici GP8? Lorenzo sebagai rookie akan menantang pembalap seniornya.

4 Rookie of the year.
Empat rookie tahun 2008 ini adalah Jorge Lorenzo 2 kali juara dunia GP 250, James Toseland 2 kali juara dunia Superbike, Andrea Dovizioso dan Alex De Angelis. Pertanyaan kita bagaimana para rookie ini menghadapi pertarungan kelas juara dunia karena di kelas premier ini masih banyak unggulan-unggulan lain (Stoner, Rossi, Pedrosa, Hayden, Troy Bayliss, Collin Edwar dll)?

Klasemen sementara (3 seri).
1. Jorge Lorenzo 61 poin*
(point sama tetapi lebih unggul pole position 3x)
2. Dani Pedrosa 61 poin*
3. Valentino Rossi 47 poin
4. Casey Stoner 40 poin
5. James Toseland 29 poin

Topik terkait : Jadwal MotoGP 2008 dan Jadwal balap F1 2008
Source: http://www.motogp.com/
 Read more...

Kamis, 17 April 2008

Competition of the motoGP 250 increasingly stringency

In the race of the motogp 250 in three times series always gave the victory that was different in each series. This showed that in this class competed with each other very tight. Beforehand in the series grand prix Losail Qatar his winner was Mattia Pasini, in Spain his winner of Kalio Mica and in Estoril Portugal his winner of Alvaro Bautista.


In Estoril Bautista preceded Marco Simoncelli that kept pole position in first cloth. Bautista then was not pursued again by the racing driver behind that is Simoncelli and Kallio.

Below this the list point temporary classification until the series to three:
1. Mikka Kallio points: 57
2. Mattia Pasini points: 45
3. Hector Barbera points: 39
4. Yuki Takahashi points: 37
5. Alvaro Bautista points: 35

Source : http://www.motogp.com
 Read more...

Rossi didekati tim Kawasaki untuk seri balap 2009

Bartholemy Manajer tim kompetisi Kawasaki meluruskan spekulasi media pers yang menyebutkan bahwa Tim Kawasaki motoGP telah mendekati Valentino Rossi dari Fiat Yamaha sebagai pembalap tahun 2009. Kabar angin tentang sambungan antara `Regu Hijau´ dan Juara dunia MotoGP lima kali, menurut situs MotoGP.Com di sirkuit bwin.com Grande Premio Portugal akhir pekan, Bartholemy menyatakan: “Kabar ini muncul setelah seorang wartawan majalah Italia baru-baru ini datang dan menanyakan apakah aku mempunyai minat akan Valentino. Lanjut Bartholemy. ”Tetapi kita belum pernah berkata kepada dia dan di sana bukanlah kontak antara Kawasaki dan Valentino Rossi.


Ketika wartawan menanyakan tentang rencana Kawasaki dalam perekrutan jangka panjang, Bartholemy menjawab, "Kita mencari pembalap-pembalap yang dapat mendapatkan hasil-hasil. Itu hal yang paling penting, kita terlibat di MotoGP adalah untuk mendapat hasil, jadi kita sedang mencari seseorang untuk masa depan kami".

Apakah Rossi benar-benar akan pindah ke Kawasaki musim depan? Hanya waktu saja yang akan menjawab. Karena Kawasaki masih terbuka untuk pembalap-pembalap yang potensial untuk mendapatkan point pada musim datang. Sebagai catatan pembalap yang naik podium pada tiga seri pembuka ini adalah anak-anak muda semua. Rossi kini sudah 29 tahun tetapi kita juga tidak meragukan kemampuan Rossi. (sekedar isu)

Sumber: http://www.motogp.com
 Read more...

Selasa, 15 April 2008

Point system of the MotoGP and the Formula One (F1) Race

For the lover of the sport motor like MotoGP or the lover of the formula one race (F1) must have wanted to know the receipt of the point of a racing driver.To know the receipt of the point in each place or the position of the racing driver after race was finished was as follows:

Point system of the MotoGP race:

Position123456789101112131415
Point252016131110987654321


Point system of the Formula One (F1)race:
Position12345678
Point108654321

Another topic : 2008 Racing calendar
…………………………………………………

Bahasa Indonesia :

Bagi pencinta olah raga motor sport ataupun pencinta balap formula one (F1) sudah pasti suka menghitung berapa sih perolehan poin seorang pembalap? Untuk mengetahui perolehan poin pada tiap-tiap urutan atau posisi setelah race selesai adalah sebagai berikut:
Perhitungan Sistem Poin Balap MotoGP:

Posisi123456789101112131415
Poin252016131110987654321


Perhitungan Sistem Poin Balap Formula-One (F1):

Posisi 12345678
Poin108654321


Topik lainnya: 2008 Racing calendar

Source: http://www.mtogp.com, http://www.formula1.com
 Read more...

Kanzen Ultima Supermoto 120 cc perpaduan motor bebek dan motor trail

PT Inti Kanzen Motor (IKM) sebuah Pabrikan Nasional, mengeluarkan produk baru yaitu Kanzen Ultima Supermoto 120 cc. Basis motor ini diambil dari Ultima 110 cc dengan desain bodi tidak jauh berbeda. Konsep supermoto adalah perkawinan silang antara motor trail dengan motor bebek sehingga mempunyai ground clearance tinggi.

Dengan konstruksi yang tinggi dan setang yang lebar membuat motor cocok dipakai jalanan rusak atau jalan mulus baik di daerahpedesaan maupun di perkotaan. Seperti kita tahu pada musim hujan rata-rata jalan di kota banyak berlubang bahkan sering banjir.


Fitur yang masih sederhana akan menjadikan motor ini mempunyai modifiable atau celah untuk mudah dimodifikasi seperti salah satu konsep pabrikan IKM. Fitur lainnya indikator sinyal hand phone, tangki bahan bakar dobel. Sokbreker depan teleskopik dan belakang monoshock, rem cakram pada kedua roda depan dan belakang.

Dilihat dari spesifikasi maka motor ini tergolong motor jangkung, karena jarak jok ke tanah cukup tinggi. Tetapi PT KMI akan menyediakan part opsional untuk mengatur ketinggian motor, yakni link suspensi belakang dalam beberapa ukuran.

Data Spesifikasi
  • Dimensi P x L x T : 1.930 x 810 x 1.130 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.270 mm
  • Ground clearance : 200 mm
  • Berat kosong : 109 kg
  • Tipe rangka : Full frame, underbone
  • Suspensi depan : Teleskopik, hidraulik
  • Suspensi belakang : Swing arm, monosok multilink
  • Kapasitas BBM : 9 liter (dobel tangki)
  • Mesin Tipe : 4-Tak, 1 silinder, SOHC
  • Sistem pendingin : Udara
  • Bore x stroke : 52,4 x 55,4 mm
  • Kapasitas murni : 119 cc
  • Rasio kompresi : 9:1
  • Tenaga maksimum : 7,9 dk / 8.000 rpm
  • Torsi maksimum : 9,2 Nm / 4.000 rpm
  • Transmisi : 4-speed, sistem rotary
  • Sistem pengapian : AC-CDI

Gambar dan data spesifikasi diambil dari : www.otomotifnet.com

Artikel lain: Honda Icon versus Yamaha Mio dan Kawasaki ninja 250R serta Perbandingan bebek super
 Read more...

Senin, 14 April 2008

Kawasaki Pelopori Pabrikan penjualan Motor Sport Dua Silinder di Indonesia dengan New Ninja 250 R 2008


(dilampiri ringkasan first ride dari tim Motor Plus edisi 476 12/4/2008)

Sukses Kawasaki atas penjualan Ninja 250 R yang dimulai sejak tahun 1988 di belahan dunia seperti Eropa, Amerika Serikat, dan Asia (diproduksi di Thailand) kemudian di ekspor ke India dan Indonesia dengan pertimbangan biaya kepabeanan yg rendah.

Kini PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan motor sport dengan type mesin 2 silinder (twin) 4 stroke membuat pabrikan Kawasaki sebagai pelopor penjualan motor di atas satu silinder masa kini di Indonesia. Seri Ninja 250 R 2008 adalah seri terbaru yang mempunyai perubahan-perubahan dari seri sebelumnya. Perubahan-perubahan itu diklaim membuat motor sebagai alat transportasi yang dapat diandalkan, bergaya sporti, mudah dioperasikan sehingga menarik sekalipun digunakan oleh pemula.


Kelebihan Motor seharga Rp. 43 juta on the road ini menurut Freddyanto Basuki , Manager Promosi PT KMI yang mempunyai 3 pilihan warna yaitu hijau, merah dan hitam antara lain :

Body Ninja 250 sangat sporti, setang tinggi dan lebar membuat posisi duduk nyaman. Chasis depan menggunakan tipe diamond membuat pengendalian mudah. Masih menurut Freddyanto Basuki “Ergonomi dibuat enak untuk harian dan turing, tanpa pegal di tangan atau dipinggang meski berjalan jauh”

Mesin standar Euro3, Dengan mesin 2 silinder 250 cc DOHC dan 6 gigi percepatan, Ninja 250 R ini dibuat standar Euro3 yaitu bisa dilihat dari knalpot yang mempunyai limit kebisingan dan emisi gas buang yang rendah.

Panel Instrumen, panel instrument sangat mudah untuk dibaca karena bentuknya besar dan ada di depan terdiri dari meter bahan bakar, penunjuk rpm serta spidometer yang sama besar. Sehingga sangat komplit.

Top speed standar “160 sampai 180 km/jam” menurut Freddy. Jika masih merasa kurang atau Anda ingin menguji adrenalin, PT KMI sudah siap jika ada yang akan menambah power Ninja 250 cc. Sudah disediakan knalpot Yoshimura yang bisa dibeli. Juga siap set up jeting agar power yang sesungguhnya bisa keluar.

Jika Anda ingin mengetahu detil spesifikasi silahkan klik BAGIAN INI.

Berikut ini ringkasan First Ride yang saya kutip dari Tabloid Motor Plus Edisi 478 Sabtu, 12 April 2008 yang dilakukan oleh team MOTOR PLUS:
  • Pengetesan di daerah Cikole Tangkuban Perahu Bandung. Motor ini mempunyai torsi yang cukup besar. Pindah gigi dari rpm 5.000 sampai 6.000 halus meskipun menanjak pindah gigi 1 sampai 6 tanpa penurunan tenaga yang berarti.
  • Jok boncenger tipis agak mengganggu, kenyamanan. Di bawah jok ini dipakai untuk menyimpan tool-kit standar
  • Tikungan menukik tidak masalah, motor tetap enteng dan stabil diajak bermanuver rebah berkatban Battlax depan 110/70-17 di pelek 1,20-17 inchi dan belakang 130/70-17 di pelek 1,30 inchi.
  • Rem halus mumpuni dengan disk tunggal depan dan belakang dengan kaliper dual piston common part. Bantingan ditahan suspensi besar Kayaba dengan 5 setelan preload.
  • Panel instrument besar mudah pembacaan dan spion bisa ditekuk agar mudah masuk rumah.

Source: http://www.motorcycledaily.com & Tabloid Motor Plus Edisi 478

Artikel lain: Perbandingan bebek super dan Test ride Honda CS-1 serta Honda Icon/Beat versus Yamaha Mio tambah Jadwal balap MotoGP
 Read more...

2008 MotoGP Results : bwin.com GRANDE PREMIO DE PORTUGAL

The rookie of the year MotoGP, Jorge Lorenzo was increasingly bright. He only needed three series of the race to gain the first victory in the class was most prestigious motoGP. Sunday, on April 14 2008 in the circuit of Estoril Portugal, Lorenzo led the race road since cloth 13 during him succeeded in overtaking the former world champion Valentino Rossi that also the colleague of one FIAT Yamaha team. Lorenzo's victory made him lead temporary classification with 61 point, was followed by Pedrosa in the second place with point was the same 61 point and Rossi the third place with 47 point.


POINTS SEASON:
Classification after 28 laps = 117.096 km
PosRiderNationTeam Total timePoints
1Jorge LORENZOSPAFiat Yamaha 45'53.08925
2Dani PEDROSASPARepsol Honda45'54.90620
3Valentino ROSSIITAFiat Yamaha46'05.81216
4Colin EDWARDSUSA Tech 3 Yamaha 46'10.31213
5John HOPKINSUSA Kawasaki Racing Team 46'16.84111
6Casey STONER AUSDucati Marlboro Team 46'19.777 10
7 James TOSELANDGBRTech 3 Yamaha 46'25.7209
8 Chris VERMEULENAUSRizla Suzuki MotoGP 46'29.4718
9 Loris CAPIROSSI ITARizla Suzuki MotoGP 46'31.3577
10 Shinya NAKANOJPNSan Carlo Honda Gresini46'32.5656
11 Alex DE ANGELIS RSMSan Carlo Honda Gresini46'54.3955
12Toni ELIASSPA Alice Team 46'56.956 4
13Marco MELANDRIITADucati Marlboro Team 47'02.6143
14Sylvain GUINTOLIFRAAlice Team 47'02.7232
15Randy DE PUNIET FRALCR Honda MotoGP47'04.6311

POINTS RIDER:


PosRiderNationPoints
1LORENZO JorgeSPA61
2PEDROSA DaniSPA61
3ROSSI ValentinoITA47
4STONER CaseyAUS40
5TOSELAND JamesAUS29
6CAPIROSSI LorisITA26
7HOPKINS JohnUSA24
8EDWARDS ColinUSA22
9DOVIZIOSO AndreaITA 21
10HAYDEN NickyUSA19
11NAKANO ShinyaJPN16
12VERMEULEN ChrisAUS14
13MELANDRI MarcoITA12
14DE PUNIET RandyFRA8
15DE ANGELIS AlexRSM7
16ELIAS ToniSPA7
17WEST AnthonyAUS3
18GUINTOLI SylvainFRA3

POINTS CONSTRUCTOR:
PosConstructorPoints
1YAMAHA65
2HONDA61
3DUCATI40
4SUZUKI27
5KAWASAKI24

POINTS TEAM:
PosTeamPoints
1FIAT YAMAHA TEAM108
2REPSOL HONDA TEAM80
3DUCATI MARLBORO TEAM52
4TECH 3 YAMAHA51
5RIZLA SUZUKI MOTOGP40
6KAWASAKI RACING TEAM27
7SAN CARLO HONDA GRESI 23
8JIR TEAM SCOT MOTOGP21
9ALICE TEAM10
10LCR HONDA MOTOGP8

Source: http://www.motogp.com

Related topic: 2008 Racing Calender
 Read more...

Jumat, 11 April 2008

Test ride: HONDA City Sport 1 (CS-1)


Kamis, 10 April 2008 Tabloid Otomotif edisi 50:XVII (untuk tanggal penerbitan 14 April 2008) menyajikan laporan Test Ride jagoan terbaru PT Astra Honda Motor yaitu Honda City Sport One (CS-1) yang dilaksanakan di Sirkuit Kenjeran Surabaya. Mungkin bagi rekan-rekan yang sedang inden motor ini yang konon pada launching 6 April lalu penginden sudah mencapai angka 1000 orang dan ditargetkan oleh AHM terjual 15.000 unit per bulan.



Sengaja saya tulis ringkasan dari test ride yang dilakukan oleh mr. Testo dari Tabloid Otomotif sebagai berikut:

Desain nyleneh dan out of box, menurut Mr. Miki Yamamoto, motor ini modelnya benar-benar baru di dunia. Kami jadi yang pertama menjadikan yang benar-benar baru untuk kategori ini. Motor ini menggabungkan motor bebek dengan motor sport bila disingkat bebek sporti. Riding position mirip bebek, namun kesan yang muncul jika dinaiki seperti motor sport hal ini kemungkinan karena bodi tengah yang seperti tangki padahal fungsi sebagai bagasi. Letak tangki tetap berada dibawah jok.

Respon tenaga, dengan mesin berkonfigurasi tegak 124.7 cc, kompresi mesin 10.7:1 teknologi SOHC dan pendingin liquid, tenaga yang dihasil oleh motor CS-1 ini dari putaran bawah hingga menengah terasa gede. Akselerasi cepat sewaktu grip gas mulai diputar.

Top speed, pada saat di test oleh mr. Testo sayang top speed hanya mencapai 115 km/jam mungkin karena putaran mesin di limit melalui CDI agar tidak terlalu tinggi. Limiternya dipatok 11.300 rpm untuk alasan safety. Untuk handling bagus, dipakai menikung ekstrim sasis tetap stabil. Wajar bila motorseharga Rp. 16.9 juta ini oleh AHM disarankan untuk kawula muda perkotaan yang doyan kecepatan.

Berikut adalah data spesifikasi teknis City Sport 1 :
  • Panjang x lebar x tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.251 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 130 mm
  • Berat kosong : 114 kg
  • Tipe rangka : Twin Tube Frame
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
  • Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
  • Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
  • Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
  • Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 124,7 cc
  • Perbandingan kompresi : 10,7 : 1
  • Daya maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
  • Torsi maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
  • Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
  • Gigi transmsi : 5 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
  • Starter : Electrik Starter & Kick Starter
  • Aki : MF, 12 V - 3,5 A.h
  • Busi : ND U24ESR-N / NGK CR8E
  • Sistem pengapian : DC - CDI

Sumber:Tabloid Otomotif edisi 50:XVII

Artikel lain: Minerva Sach MadAss 125, Perbandingan bebek super dan First ride Kawasaki New Ninja 250R serta Honda Icon lawan Yamaha Mio
 Read more...

Rabu, 09 April 2008

The most YOUNG PODIUM MOTOGP RECORD in primary class

In the motoGP Qatar Losail series, victory of three young racers that are Casey Stoner (23 year), Jorge Lorenzo and Dani Pedrosa (23 year) broke the record of the most Young Podium that has remained more than 30 years. The record was beforehand defeated by Barry Sheene (25 year), Johny Cecotto (20 year) and Marco Lucchinelli (21 year) happened in GP France in 1976.


The podium in the circuit of Losail Qatar in 2008 was acknowledged as the youngest podium because of the age in general rider in this podium was 21 years, 47 weeks. Whereas the podium in the circuit of Le Mans France during 1976 the age in general rider 22 years and 29 weeks.

Whereas the third victory rider this Stoner-Lorenzo-Pedrosa was the podium to their 3 raised the podium together. The note beforehand in the series gp their 250 once 2 times raised the podium together that are in the Brno series and Valencia in 2005.

Lorenzo success seized the position runner in Qatar at that time was 20 years old 310 days made him appear as rider youngest to 9 that success raised the podium. Pedrosa and Stoner was in the place 6 and 7. Whereas rider first this list was Randy Mamola that appeared as runner in GP Finland 1979 in the age 19 years 290 days.

Supervised this the list record youngest the podium in primary class:
  • Qatar, Losail 2008: 21 years 47 weeks (Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Dani
  • Pedrosa) France/Le Man 1976: 22 years 29 weeks (Barry Sheene, Johny Cecotto, Marco Lucchinelli)
  • Netherlands, Assen 1992: 22 years, 39 weeks (Alex Criville, Jon Kocinski, Alex Baros)
  • Valencia, Ricardo Tormo 2007: 22 years 46 weeks (Dani Pedrosa, Casey Stoner, John Hopskins)
  • Turkey, Istambul 2006: 23 knew 0 weeks (Marco Melandri, Casey Stoner, Nick Hayden)

Source : Oto plus Tabloid.

Related topic: Race of the world champions

..............................................................................

Bahasa Indonesia:
Rekor PODIUM TERMUDA MOTOGP di primer class

Pada motoGP seri Losail, Qatar kemenangan tiga pembalap muda yaitu Casey Stoner (23th), Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa (23 th) telah mematahkan rekor Podium Termuda yang sudah bertahan lebih dari 30 tahun. Rekor sebelumnya dimenangi oleh Barry Sheene (25 th), Johny Cecotto (20 th) dan Marco Lucchinelli (21th) terjadi di GP Prancis tahun 1976.

Podium di sirkuit Losail Qatar tahun 2008, disebut podium termuda karena usia rata-rata para rider di podium tersebut adalah 21 tahun, 47 minggu. Sedangkan podium di sirkuit Le Mans Perancis pada tahun 1976 usia rata-rata para rider 22 tahun dan 29 minggu.

Sedangkan kemenangan ketiga rider ini Stoner-Lorenzo-Pedrosa adalah podium ke 3 mereka naik podium bersama. Catatan sebelumnya pada seri gp 250 mereka pernah 2 kali naik podium berbarengan yaitu pada seri Brno dan Valencia tahun 2005.

Keberhasilan Lorenso merebut posisi runner up di Qatar waktu itu berusia 20 tahun 310 hari membuat ia tampil sebagai rider termuda ke 9 yang behasil naik podium. Pedrosa dan Stoner berada pada urutan 6 dan 7. Sedangkan rider pertama daftar tersebut adalah Randy Mamola yang tampil sebagai runner up di GP Finlandia 1979 dalam usia 19 tahun 290 hari.

Dibawah ini daftar record termuda podium di primer class:
  • Qatar, Losail 2008: 21 tahun 47 minggu (Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa)
  • Prancis/Le Man 1976: 22 tahun 29 minggu (Barry Sheene, Johny Cecotto, Marco Lucchinelli)
  • Belanda, Assen 1992: 22 tahun, 39 minggu (Alex Criville, Jon Kocinski, Alex Baros)
  • Valencia, Ricardo Tormo 2007: 22 tahun 46 minggu (Dani Pedrosa, Casey Stoner, John Hopskins)
  • Turkey, Istambul 2006: 23 tahu 0 minggu (Marco Melandri, Casey Stoner, Nick Hayden)

Topik terkait: Race of the world champions
 Read more...

Selasa, 08 April 2008

Kawasaki New NINJA 250R meramaikan pasar motor baru 2008

Pada minggu pertama April 2008 PT Kawasaki Motor Indonesia gencar memasang iklan di media masa tentang motor sport terbaru yang diberi nama New Ninja 250 R. Peluncuran motor ini seakan-akan menjawab kritikan masyarakat bahwa PT Kawasaki Motor Indonesia sangat lamban dalam mengeluarkan motor baru bila dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Yamaha, Honda, Suzuki.



Motor Ninja 250R ini sebenarnya type yang cukup laris di nunia seperti di Eropa dan Amerika dan baru-baru ini diproduksi di Asia yaitu Thailand. Jika saat ini dihargai sampai $3500, maka masuk akal jika sudah diproduksi di Thailand dan akan masuk ke Indonesia mungkin harganya dapat ditekan.

Motor sport dengan type 4 stroke DOHC parallel twin engine, 250 cc ini, sepertinya PT Kawasai Motor Indonesia akan membidik segmen pasar menengah ke atas karena kemungkinan jika masuk ke Indonesia harga akan berkisar 40 jutaan. Atau mungkin di Speck down seperti kebiasaan pabrikan di Indonesia untuk menyiasati harga. Karena di iklan media massa masih kurang jelas dan saya sudah coba juga mengunjungi situs : www.kawasaki-motor.co.id juga belum ada penjelasan resminya maka saya kutip dari www.kawasaki.com seperti ini spesifikasi yang ada di luar:

Specifications:
Engine Type : Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, parallel twin
Displacement : 248 cc
Bore & Stroke: 62.0 x 41.2 mm
Maximum Torque: 18.1 lb-ft @ 10,000 rpm
Compression Ratio: 12.4:1
Carburetor: Keihin CVK30 x 2
Ignition : TCBI with Digital Advance
Transmission: 6-Speed
Final Drive: O-Ring Chain
Cooling: Liquid
Frame : Semi-double cradle, high-tensile steel
Rake/Trail: 27°/3.3 in.
Front Tire Size: 100/80-16
Rear Tire Size: 130/80-16
Wheelbase: 55.1 in.
Front Suspension / wheel travel: 36mm hydraulic telescopic fork / 5.5 in.
Rear Suspension / wheel travel: Uni-Trak® with aluminum linkage / 5.1 in.
Front Brake Type: Single 260mm hydraulic disc with two-piston caliper
Rear Brake Type: Hydraulic disc
Fuel Tank Capacity: 4.8 gal.
Seat Height: 29.3 in.
Dry Weight: 304 lb.
Overall length: 80.0 in
Overall width : 28.0 in.
Overall height: 43.1 in.
Color : Candy Persimmon Red, Metallic Phantom Silver, Ebony, Candy Plasma Blue

Berita sejenis : Test ride Kawasaki Ninja 250R, dan Honda Icon lawan Yamaha Mio serta Honda Crossover
 Read more...

Senin, 07 April 2008

2008 Formula 1 Result:GULF AIR BAHRAIN GRAND PRIX

The Ferrari team continued the success in the Grand Prix Malaysia. In the Grand Prix Bahrain in April 6, two the Ferrari racing driver that are Felipe Massa and Kimi Raikonen became the champion for first and second that increasingly show the strength of the Ferrari team that was really extraordinary in this circuit.


This victory was for Felipe Massa used to answer criticism because for two grand prik Malaysia and Australia he always failed. Start from the second position, Massa advanced ran off to pass the racing driver BMW-Sauber Robert Kubica that start from the foremost position. Raikonen that start from the third position could be preceded by Hekki Kovailen, but take came back his position before the first round ended. Afterwards followed Kubica in third cloth and the position of the Ferrari racing driver to the position the one and the two as far as the finish.

The very bad matter was experienced by Lewis Hamilton the racing driver McLaren because start from the third position precisely descended to the position of the place to 10. Bad luck did still not end because the Hamilton Car hit the Fernando Alonso car to the slow bend made him must enter pit in place of bumper and the position became the place to 18. At the end the Hamilton race finish in the place to 13.

Season:
Pos Driver Team Laps Time/Retired Pts
1 Felipe Massa Ferrari 57 1:31:06.970 points: 10
2 Kimi Räikkönen Ferrari 57 +3.3 secs points: 8
3 Robert Kubica BMW 57 +4.9 secs points: 6
4 Nick Heidfeld BMW 57 +8.4 secs points: 5
5 Heikki Kovalainen McLaren-Mercedes57+26.7 secs points: 4
6 Jarno Trulli Toyota 57+41.3 secs points: 3
7 Mark Webber Red Bull-Renault 57+45.4 secs points: 2
8 Nico Rosberg Williams-Toyota 57+55.8 secs points: 1
9 Timo Glock Toyota 57+69.5 secs
10 Fernando Alonso Renault 57+77.1 secs
11 Rubens Barrichello Honda 57+77.8 secs
12 Giancarlo Fisichella Force India-Ferrari 56+1 Lap
13 Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 56+1 Lap
14 Kazuki Nakajima Williams-Toyota 56+1 Lap
15 Sebastien Bourdais STR-Ferrari 56+1 Lap
16 Anthony Davidson Super Aguri-Honda 56+1 Lap
17 Takuma Sato Super Aguri-Honda 56+1 Lap
18 David Coulthard Red Bull-Renault 56+1 Lap
19 Adrian Sutil Force India-Ferrari 55+2 Laps

Driver:
Pos Driver Nationality Team Points
1 Kimi Räikkönen Finnish Ferrari points: 19
2 Nick Heidfeld German BMW points: 16
3 Lewis Hamilton British McLaren-Mercedes points: 14
4 Robert Kubica Polish BMW 14
5 Heikki Kovalainen Finnish McLaren-Mercedes points: 14
6 Felipe Massa Brazilian Ferrari points: 10
7 Jarno Trulli Italian Toyota points: 8
8 Nico Rosberg German Williams-Toyota points: 7
9 Fernando Alonso Spanish Renault points: 6
10 Mark Webber Australian Red Bull-Renault points: 4
11 Kazuki Nakajima Japanese Williams-Toyota points: 3
12 Sebastien Bourdais French STR-Ferrari points: 2

Team:
Pos Team Points
1 BMW points: 30
2 Ferrari points: 29
3 McLaren-Mercedes points: 28
4 Williams-Toyota points: 10
5 Toyota points: 8
6 Renault points: 6
7 Red Bull-Renault points: 4
8 STR-Ferrari points: 2
9 Honda points: 0
10 Force India-Ferrari points: 0
11 Super Aguri-Honda points: 0

Related topic: Racing Calendar Source : http://www.formula1.com
 Read more...

Jumat, 04 April 2008

Hidrogen bahan bakar masa depan untuk sepeda motor Suzuki


Apakah yang kita akan lakukan ketika bahan bakar minyak (BBM) di dunia ini habis? Disaat-saat menunngu habis, orang-orang di Jepang sudah memperhitungkan dan akan jalan-jalan di sekitar dengan sepeda-sepeda bertenaga hydrogen.


Para tokoh di Suzuki sudah kerja sama dengan tim Intelligent Energy, suatu perusahaan yang mengkhususkan dalam mengembangkan sel bahan bakar hidrogen, untuk mulai bekerja di atas sepeda bertenaga dari sel-sel ini. Intelligent Energy diperkenalkan kembali pada maret 2005. ENV sepeda motor bertenaga mesin hydrogen. Demonstrasi yang lebih dari suatu sepeda teknologi sel bahan bakar hidrogen.

Itu adalah proyek jangka panjang, jadi jangan mengharapkan suatu tahun depan Suzuki Hayabusa yang baru bertenaga mesin hydrogen sudah bisa berjalan. Akan tetapi sepeda motor sekuter yang bersihkan lingkungan ini tidak bisa dibawa jauh sekali.

Kita di Indonesia masih antri Minyak tanah? belum mau kah berpikir ke arah sana!

Source : http://www.motorcycle.in.th
 Read more...

Selasa, 01 April 2008

CrossOver Motorcycle HONDA

Notice: After launching on April 6, 2008 PT. Astra Honda Motor had give the name of Honda City Sport One (CS1)

PT Astra Honda Motor will issue the new class motorcycle that was named CrossOver. The concept of this motor was the blend between the sport motorcycle and the cups motorcycle. The front light part resembled Honda CBR light 150 and body behind resembled the cups motorcycle. Used radiator coolant and the vertical engine, like Honda Sonic 125.


Specifications:
  • Engine: 4 stroke OHC
  • Coolant system: liquid-cooled (radiator)
  • Bore x Stroke: 58 x 47.2 mm
  • Compression ratio: 11.0: 1
  • Transmission: 5 speed
  • Suspension: front telescopic and rear monosoc

The circle that was scrutinized for this motorcycle market was the stylish young spirit, trendy and hi tech freak. This motorcycle was born to be used in the city street that was always solid of the vehicle traffic. The motorcycle with the blend between the duck, sport and scutic that is to the chassis, body and handle made x-over this was agile in the street

His plan this motorcycle would in launching by PT Astra Honda Motor in the first week in April 2008. For the advertisement in a manner the silhouette has circulated to the television media. Concerning our price just wait the official news from PT Astra Honda Motor Indonesia in the near future.

Source: Otomotif tabloid edition 46th, 47th, 48th 2008 in March

Related topic: New Kawasaki Ninja 250R and Honda Icon versus Yamaha Mio

…………………………………………………………………………………………………………

Bahasa Indonesia tercinta:

Catatan: Setelah launching pada 6 April 2008 PT. Astra Honda Motor memrikan nama Honda City Sport One (CS1)

PT Astra Honda Motor akan mengeluarkan sepeda motor kelas baru yang dinamakan CrossOver. Konsep motor ini adalah perpaduan antara motor sport dengan motor bebek. Bagian lampu depan mirip dengan lampu Honda CBR 150 dan bodi belakang mirip dengan motor bebek. Menggunakan radiator dan mesin tegak seperti Honda Sonic 125.

Spesifikasi:
  • Mesin: 4-langkah OHC
  • Sistem pendingin: Air (radiator)
  • (Diameter x Langkah) : 58 x 47.2 mm
  • Rasio Kompresi: 11.0:1
  • Transmisi: 5 percepatan
  • Suspensi: depan telescopic dan belakang monosoc
Kalangan yang dibidik untuk pasar motor ini adalah jiwa muda yang modis, trendi dan teknologi tingi. Sepeda motor dengan slogan “Born of city ride” ini dilahirkan untuk digunakan di jalanan kota yang selalu padat dengan lalu lintas kendaraan. Sepeda motor dengan perpaduan antara bebek, sport dan scutic yaitu pada sasis, body dan setang membuat x-over ini lincah di jalanan.

Rencananya motor ini akan di launching oleh PT Astra Honda Motor pada minggu pertama April 2008. Untuk iklan secara siluet sudah beredar pada media televisi. Mengenai harga kita tunggu saja kabar resmi dari PT Astra Honda Motor Indonesia dalam waktu dekat ini.

Sumber: tabloid otomotif edisi ke-46, 47, dan 48. Maret 2008

Berita sejenis: New Kawasaki Ninja 250R dan Honda Icon versus Yamaha Mio
 Read more...