Senin, 28 Januari 2008

Kampung Sawah Bandung Selatan


Kumpul bareng keluarga besar selalu sangat indah, hitung-hitung mengumpulkan kembali keluarga yang sudah jauh-jauh.





Mumpung orang tua kakek- nenek, masih hidup agar kita tidak kehilangan obor (bahasa jawa = lampu) artinya orang tua masih dapat menjelaskan silsilah keluarga besar kita, jangan sampai jika ketemu di jalan kita tidak menegur sapa padahal yang ketemu tadi adalah masih saudara.


Tempat ini namanya kampung sawah adalah sebuah restaurant dan resort, nuasa benar- benar di persawahan yang masih asri. Dengan hamparan sawah yang menghijau, kolam ikan yang luas dengan ikan berbagai jenis seperti gurame, patin, emas, dan lain-lain serta tempat bermain untuk anak.



Lokasi tempat ini namanya Kampung Sawah Ciherang Pamengpeuk Bandung Selatan. Tempat ini berada di jalan antara Soreang-Banjaran Bandung. Jalanan cukup mulus dan tidak terlalu macet. Saya saya lupa nomor teleponnya jadi tidak saya tuliskan di sini.





Fasilitas yang disediakan adalah restorant, bungalow, kolam pemancingan dan kolam renang (tempat bermain atau wisata air kayaknya belum selesai). Untuk acara keluarga, misal arisan disini rasanya cocok misal disediakan saung yang cukup lega di atas kolam, untuk acara meeting kantor juga disediakan tempat resmi yang lebih besar.





Waktu itu saya hanya makan bersama keluarga dengan pesanan menu khas sunda yaitu nasi timbel kumplit. Saking nikmatnya karena kita makan bareng kita sampai nambah menu yang lain juga. Anak-anak kelihatan sangat senang makan di sini, karena mereka sambil makan sambil memberi makan ikan juga yang kelihtan jinak-jinak. Wah bener- bener enak deh.





Topik yang berhubungan: Wisata Bandung Selatan, Restoran & pemancingan Mang Ajo
 Read more...

Seberapa besar manfaat memberi komentar pada blog?

Bagi blogger yang memberi komentar dengan iseng barangkali hal ini tidaklah perlu dihiraukan. Akan tetapi jika kita sedang melakukan promosi blog melalui pemasaran komentar sok-pasti kita akan mengharapkan ada hasilnya.



Adalah harapan bagi semua blogger, agar blognya dikunjungi sebanyak-banyaknya oleh pembaca. Untuk mendapatkan pengunjung, tentu tidak terlepas dari usaha pemasaran dengan model apa yang akan dilakukan.

Memasarkan blog adalah membuat jalur komunikasi (Communication Channel) antar sesama netter atau blogger. Bagi pemula yang jalur komunikasinya masih kecil ini tentu akan menjadi kendala untuk mendatangkan banyak pengunjung. Membuat jalur komunikasi yang baik adalah bagaimana cara menarik perhatian pengunjung untuk mengklik blog kita, dan mengunjunginya terus menerus.

Memasarkan blog melalui komentar

Ada banyak cara memasarkan blog atau membuat jalur komunikasi sesama pengguna internet, dari cara yang termudah, sedang, rumit sampai dengan yang sangat rumit. Memasarkan blog yang sangat mudah yang dapat dilakukan oleh siapapun adalah meninggalkan jejak di blogger lain.

Konsekwensi dari hal yang mudah dilakukan, adalah semua orang ikut melakukanya. Komentar ada dimana-mana dan ini menjadi hal yang fenomenal dari dunia blogging. Cara komentar yang sering kita jumpai antara lain :

- Mengisi buku tamu.
- Memberi komentar pada posting blog lain.

Adakah manfaat komentar ?
- Setiap kita memberikan komentar pada blog akan mendapat link balik (back link) pada blog.
- Memberi sedikit kata-kata pada buku tamu dengan basa-basi salam kenal, mampir, blog walking, terimakasih dan lain-lain …. (bosan kali ye..) adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan akan meninggalkan jejak kita sehingga menggoda pengunjung lain untuk mengkliknya.

You get what your pay for

Anda akan mendapat apa yang anda bayar. Hal ini berlaku di dunia bloging juga. Jika kita mengerjakan sesuatu hal yang mudah dilakukan orang hanya akan mendatangkan sedikit traffic. Tetapi jika memberikan waktu dan pemikiran yang baik akan mendatangkan hal yang besar pula.

Jika kita memberikan waktu dan pemikiran untuk memberi komentar yang bermanfaat, fokus pada isi yang dikomentari, ini akan membangun hubungan yang baik dengan blogger lain. Jika bisa memberi komentar yang bagus pada posting blogger yang sedang NGETOP itu sangat baik, siapa tahu ia akan tertarik dan merekomendasikan untuk membaca blog Anda ini akan mendatangkan traffic yang besar.

Berapa besarnya pengaruh memasarkan blog melalui komentar bagi blog Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini pasti hanya Anda yang tahu jawabanya (sok puitis….). Anda hanya perlu membuka stat counter, kemudian bacalah traffic report blog Anda . Lihat daftar atau grafik prosentase dari mana tamu berkunjung dengan menggunakan fasilitas apa (search engine, komentar, atau kunjungan lainnya)

Sukses selalu untuk Anda. Amin 1000x

Artikel terkait: Hubungan selevel dan Etika Promosi
 Read more...

Senin, 21 Januari 2008

MOTOR RAJAI JALANAN JAKARTA

Pertambahan motor di Jakarta dari tahun ke tahun wow… sangat fantastis. Jalan-jalan umum di semua bagian dipenuhi kendaraan roda dua ini. SEBAGAI MASYARAKAT URBAN YANG TINGGAL DI PINGGIRAN JAKARTA, MEMILIH MODA TRANSPORTASI MOTOR SEBENARNYA PILIHAN SULIT DARI BEBERAPA PILIHAN SULIT YANG HARUS SAYA AMBIL


Data statistik
Rajai jalan raya
Pengalaman mengerikan



Data statistik

Dari data kepolisian RI per Oktober 2007 kendaraan bermotor di Jakarta mencapai 9.451.681 yang 65 % atau 6.144.000 diantaranya roda dua, 25 % roda empat dan 10 % truk (Tempo Interaktif 17/10/2007). Diperkirakan pada akhir 2008 sepeda motor di Jakarta mencapai 8.000.000 unit.

Pertumbuhan kendaraan yg tidak seimbang dengan pertambahan jalan.

Data dinas Pekerjaan Umum menunjukan , luas jalan di DKI pada tahun 2007 mencapai 40.073.732, 75 m2, sekitar 40 % merupakan jalan utama. Penambahan luas badan jalan di Jakarta sangat sedikit, menurut kepala Dinas Pekerjaan Umum penambahan luas jalan tidak pernah lebih dari 1 % persen per tahun. Hal ini karena mahalnya harga tanah dan sulitnya pembebasan lahan.
Dari sisi lain, jumlah sepeda motor dan mobil terus bertambah dan semakin tidak terkendali. Jumlah mobil pribadi terus bertambah dari 1.196.060 unit pada 2002 menjadi 2.677.303 unit pada maret 2007. Pertambahan mobil pribadi mencapai 269 unit per hari. Untuk motor pertambahan lebih fantastis lagi 1.235 unit per hari. (Kompas 5/11/07)

Kecelakaan kendaraan roda dua paling besar memakan korban jiwa

Dari beberapa data yang sering dirilis oleh media massa dari kepolisian RI mencatat 1.286 kecelakaan diseluruh kepolisian daerah. Sebanyak 74,29 persen diantaranya adalah kendaraan roda dua. Dari angka kecelakaan itu, korban yang tewas 453 orang. (Tempo interaktif 17/10/2007)

Rajai jalan raya

Jika mengamati gambar yang saya sajikan semua lajur jalan dilalui kendaraan roda dua. Sepeda motor dapat melewati di tiap sisi bagian jalan, jika badan jalan sudah habis ..abis dijejali motor, ada juga yang mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan naik ke trotoar yang merupakan hak pejalan kaki. Hampir setiap hari kita dapat menyaksikan serombongan pengendara yang melewati median pembatas masuk ke jalur berlawanan arah karena lajur sebelah kiri sudah penuh. Kebetulan saya tiap hari lewat jl. Kalimalang dari Bekasi menuju ke Jakarta atau melalui Cakung menuju kawasan industri Pulogadung. Yang paling parah lagi kita bisa menyaksikan pada tayangan snap shot di televisi jembatan penyeberangan digunakan untuk penyeberangan motor. Dan masih banyak lagi pemandangan seputar pelanggaran sepeda motor ini. (maaf tidak semua bikers)

Faktor – faktor yang membuat masyarakat memilih motor.

Mengapa sebagaian warga Jakarta dan sekitarnya memilih mode transportasi sepeda motor?
- Kemacetan yang terjadi di Jakarta yang semakin parah membutuhkan kendaraan dengan mobiltas yang tinggi, karena desain dan bentuk yang kecil maka pilihan jatuh ke motor.

- Harga BBM yang sangat mahal, membuat ongkos angkutan umum seperti bis kota, mikrolet, taksi juga mahal,. Dengan BBM bensin premium (oktan 88) motor 4 tak rata-rata menghabiskan 1 liter untuk menempuh ± 40 km. Jika di naiki berdua akan sangat irit biaya transport. Berapa biaya yang bisa dihemat? Makanya akibat banyak masyarakat yang menggunakan motor, menjadi tidak heran jika sekarang banyak sopir angkutan umum yang mengeluh pendapatannya menurun.

- Kemudahan mendapat kredit motor melalui leasing dengan persyaratan yang sangat gampang. Pengalaman penulis dengan membayar uang 150 ribu untuk tanda jadi di PRJ dua hari kemudian motor diantar ke rumah sekaligus survey dan langsung disetujui. Apalagi sekarang, penjual motor baru sudah ada di depan pagar kita dengan adanya kios-kios motor atau tenda motor.

Efek berlipat

Pertumbuhan sepeda motor yang sangat “booming” berdampak pada kondisi lalu lintas menjadi semrawut. Konvoi sepeda motor dalam jumlah yang banyak, kadang kala dipakai untuk melanggar peraturan la-lin berjamaah, misal menerobos jalur berlawanan arah, lampu merah dll. Pengguna sepeda motor sering kali tidak memperhatikan keselamatan, memakai peralatan keamanan yang tidak standar. Dengan bentuk serta ukuran sepeda motor dan kondisi di jalanan dipenuhi kendaraan yang lebih besar, sepeda motor sebenarnya mempunyai resiko menjadi korban kecelakaan yang paling besar.

Menghadapi jumlah pemakaian sepeda motor yang sangat besar, ternyata pemerintah tidak siap. Pemerintah harus menerapkan kebijakan yang komprehensif untuk mengelola keberadaan sepeda motor.

Untuk membatasi produksi sepeda motor juga sesuatu hal yang sangat pelik. Hal ini berhubungan dengan Perindustrian, tenaga kerja yang akan berdampak pada perekonomian.

Kita sering mendengar dari para pakar bidang transportasi yang sering digembar-gemborkan media massa menuntut kepada pemerintah mengenai pembenahan manajemen angkuntan umum atau public transport yang lebih baik lagi. Membangun monorail, busway, subway, waterway………aya..aya way dll, untuk memberikan pelayanan yang memadai, melindungi warga dan lingkungannya.

Efek psikologis pengendara motor.

Saya tinggal di Timur Bekasi dengan jarak ke kantor di Jakarta sekitar 40 km dari rumah. SEBAGAI MASYARAKAT URBAN MEMILIH MODA TRANSPORTASI KENDARAAN RODA DUA SEBENARNYA PILIHAN SULIT DARI BEBERAPA PILIHAN SULIT YANG HARUS SAYA AMBIL.

Beramgkat kerja dari rumah pagi jam 06.30 pagi pulang dari kantor malam jam 20.00. Dengan melihat kondisi seperti ini susah dijalani jika saya menggunakan kendaraan umum manapun yang tersedia. Jika menggunakan kereta api pada saat berangkat kantor tidak bermasalah bagi saya, tetapi jika pulang yaitu jam 20.00 sudah tidak ada jadwal kereta api. Jika menggunakan angkutan umum bus melalui terminal Pulogadung rawan copet, jambret, todong baik secara sembunyi maupun terang-terangan.

Selama memakai kendaraan roda dua dari tahun 1997-2004 hampir setiap hari saya dapat menyaksikan kecelakaan baik insiden kecil sampai dengan melihat dengan kepala saya sendiri pengendara motor yang tewas karena kecelakaan.

Benarkah jenis kendaraan mampu mempengaruhi psikologis pengendaranya..?
(Motor-mobil pribadi-angkot-mikrolet-taksi-bis umum-truk-bajaj)

Jika kita mengendarai sebuah mobil, kita masih dapat melakukan sedikit kegiatan misal mendengankan musik melalui perangkat audio dan video, kondisi di dalam mobil ber AC sehingga udara tetap sejuk malaupun diluar panas maupun hujan. Dapat sambil ngobrol karena naik berbarengan dengan beberapa teman. Jika berhenti, misal di lampu merah atau macet kaki tidak harus bekerja.

Bandingkan dengan mengendarai motor, pengendara harus selalu sigap, jika berhenti kedua kaki harus menahan motor. Desain motor yang membuat posisi pengendara terbuka dengan sekelilingnya, membuat bersinggungan langsung misal dengan menghirup udara yang penuh dengan polusi, terkena panas matahari langsung, jika hujan apalagi. Bahkan kami sempat bergurau dengan teman (maaf) jika hujan basahnya sampai ke celana bagian dalam.

Dengan kondisi ini membuat pengendara motor merasa cepat lelah. Barangkali fisik yang lelah dan segala kondisi yang kurang nyaman ini menyebabkan sebagian pengendara motor ingin cepat sampai tujuan dengan mengacuhi aturan la-lin dsb. Ini dapat dilihat fakta bahwa kecelakaan terbesar dialami oleh pengendara motor.

Pengalaman yang mengerikan

Saya sendiri pernah mengalami musibah dengan motor yang saya tumpangi. Kejadian tersebut sampai saat ini tidak pernah bisa dilupakan. Suatu malam pada tahun 1998 sepulang kantor jam 20.00 biasa pulang melalui rute Kampung Melayu – Jl. Kol. Sugiono, sampai di perempatan jl. Raden Inten 2 saya ketemu dua orang pengendara motor yang sedang kebut-kebutan. Maksud hati ingin mengikuti dari belakang bukan untuk mendahului dua orang tersebut, tetapi agar mempunyai teman agar cepat sampai rumah.

Dengan kondisi jalan RS Soekamto yang agak menikung dan emosi yang tinggi dua orang pengendara motor di depan saya saling bersenggolan. Untuk menghindari tabrakan saya harus bersalto 3X di atas aspal, motorku hancur, saya bersyukur kepada Allah SWT masih diberi keselamatan. Tetapi sungguh tragis nasib dua orang pengendara motor yang kebut-kebutan seorang meninggal dan seorang lagi luka parah karena menabrak gardu listrik yang ada di median jalan.

Semenjak saat itu saya insyaf, dan selalu menenangkan kepada diri sendiri untuk berhati-hati. Lebih baik terlambat 30 menit sampai di rumah dari pada lebih cepat 5 menit sampai di rumah sakit.

Ajakan untuk menyayangi diri dan menghormati pengguna jalan yang lain.

Dengan menggunakan moda transportasi apapun keinginan semua orang pastilah sama yaitu SELAMAT SAMPAI TUJUAN DAN PULANG DENGAN SELAMAT SAMPAI DI RUMAH. Tidak se-orang-pun menginginkan kecelakaan.

Jika tujuannya ingin selamat ayo… kita dukung berkendaraan yang aman, jika kita mau hargai diri sendiri…. ayo….. kita hargai pengguna jalan lain, jangan main serobot jalan orang, serobot lampu merah dan melanggar aturan la-lin. Cara kita mengendarai motor adalah cermin kita dalam menjalani hidup ini. Ayah-Ibu, Kakek-Nenek, Suami-Istri-Anak menunggu di rumah Jangan sia-siakan hidup Anda karena kecerobohan yang tidak perlu

 Read more...

Selasa, 15 Januari 2008

Membaca data pengunjung dengan ShinyStat versi gratis

Dengan mudah kita membaca data total pengunjung per hari per minggu per bulan, dan dengan apa pengunjung menemukan blog, keywords apa yang dipakai, dari situs apa mengakses, dari negara mana asal pengunjung, geolocalization, browser, OS, resolutions yg digunakan pengunjung.



Jika Anda sudah memasang fasilitas pencatat gratis dari ShinyStat, Anda dapat dengan mudah untuk membaca display report dari account Anda. Bahkan dapat dibuka sampai 1000kali per hari.



Step 1.
Arahkan kursor dan klik pada logo shinystat yang ada pada blog anda. Akan muncul my account dengan dengan data-data blog serta ringkasan dari total views maupun total visits dengan beberapa analisisnya.



Step 2.
Klik bagian Referrer. Pada bagian ini melaporkan total jumlah yang menhubungi blog kita lengkap dengan merinci kunjungan melalui search engines, search keywords, sites, countries dan geolocations. Semua disajikan dengan diagram dan daftar list.



Step 3.
Klik bagian System. Pada bagian ini kita dapat mengetahui system yang dapakai tamu kita dalam berkunjung. Antara lain browser, operating system dan color/resolutions.



Step 4.
Klik bagian Misc. Pada bagian ini kita dapat melihat 15 pengunjung terakhir lengkap dengan tanggal waktu berkunjung, deskripsi pengunjung, asal negara pengunjung, IP address, browser yang dipakai dan operating system yang digunakan.



Step 5.
Klic bagian traffic untuk mengetahui lalu lintas pengunjung yang datang atau yang hanya mampir page views saja. Disini juga ditunjukan daigram kunjungan per 30 hari, per minggu, per hari.

Selamat mencoba, sukses selalu untuk Anda.
 Read more...

Jumat, 11 Januari 2008

3 S (Setingkat, Selevel, Seimbang)

Blogger kaya akan begaul dengan si kaya, Bloger sukses bergaul dengan si sukses, Blogger pintar akan bergaul dengan si pintar. Hukum ini ternyata berlaku di dunia blogging. Pertanyaan kita, bagaimana blog kita yang masih miskin bisa mengikuti menjadi blog yang besar dan diterima dikalangan para blogger?

Memulai dengan KAWAN YANG SEBAYA

Menjalin hubungan mulailah dengan blogger yang setingkat atau selevel. Hal ini dipilih karena mereka mempunyai tema yang sama, jumlah traffic yang sama, target audience, tujuan dan level yang sama. Atau mereka mempunyai situasi yang sama dengan kita atau kita sebut kawan yang sebaya.

Memilih kawan yang sebaya ini sangat masuk akal sekali, bloger yang trafficnya dan tema yang sama lebih mudah dan terbuka untuk exchange link atau tukar link, berbagi traffic dan menjalin hubungan. Dibandingkan dengan dengan bloger yang sudah ngetop.

Kebiasaan kita biasanya ingin lansung meraih bulan yang ada dilangit tanpa kita tahu dengan apa untuk meraihnya. Kita langsung menghubungi Bloger yang Ngetop untuk menjalin hubungan.

Apakah mereka mau berhubungan dengan blog yang belum Ngetop?
Blogger yang ngetop mempunyai kegiatan yang sangat padat, penggemarnya banyak, sibuk memenuhi permintaan ceramah, memberi seminar dimana-mana, mengajar, memberi kursus-kursus, mengisi blog sendiri dsb. Mereka juga bak Selebritis yang melanyani request setiap hari ada yang melalui email, telepon dan yang langsung minta tandatangan, kenalan dll.

Bagi calon-calon bloger NGETOP ingat jangan lupa ya kalau sudah ngetop menjadi bloger kaya, kasih perhatian untuk bloger yang masih miskin. Biarpun traffic kecil masih ada maanfaatnya walau kecil juga.

Hubungan yang Seimbang

Hubungan yang seimbang adalah kunci untuk membangun jalur komunikasi yang lebih besar yaitu bagaimana cara mencari teman online?

Untuk mendapatkan perhatian dari para bloger adalah memberi sebelum menerima. Mengirim link sebelum mengharapkan link balik dari mereka. Jika mempunyai artikel yang bagus kirim link kepada mereka. Mudah-mudahan mereka melink balik.

Thank you, sukses selalu

Artikel terkait: Manfaat memberi komentar dan Etika promosi
 Read more...

Senin, 07 Januari 2008

Obrolan singkat dengan Budi Putra : Salah satu Top Blogger Indonesia

Yang paling penting dari blog itu adalah CONTENT-NYA
Bukan teknologi seperti desain atau engine-nya.
Sebab masa depan blog ada pada CONTENT
(Budi Putra)


Obrolan ini berlansung tanpa disengaja. Pertemuan kebetulan dengan beliau karena sedang menunggu suatu keperluan sehingga saya mencoba berbincang dengannya. Saya mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya karena kebaikan beliau maka saya mempunyai sebuah postingan yang barangkali bermanfaat bagi saya sendiri maupun orang lain.

Penulis (P) :
- Sore Mas, saya sering dengar nama Anda dan sering buka blog Anda.
Budi Putra (BP) :
- Oh ya… blog yang mana ya.? Saya puya beberapa blog yang versi bahasa Inggris dan satu versi bahasa Indonesia.

(P) - Saya baca versi Indonesia the gadget dan kenapa banyak yg versi bahasa Inggris?
(BP) - Bahasa yang dimengerti di dunia kan? Bahasa Inggris

(P) - Kapan mulai ngeblog?
(BP) - Mulai serius ngeblog 2 tahun yang lalu, sedangkan jadi bloger sejati Maret 2007 (keluar resmi dari TEMPO)

(P) - Blog itu apa ya? Saya baru belajar blog jadi masih awam
(BP) - Blog adalah salah satu jenis situs web (website), halaman utama terdiri dari entri atau posting yang disususn secara kronologis. Masing-asing entri berupa kumpulan teks, lazimnya mengandung sejumlah pranala (link) ke situs lain. Ada juga sebuah posting mengandung foto, audio maupun video.

(P) - Apakah untuk membuat blog harus pintar Teknologi Informasi?
(BP) - Oh.. tidak harus, saya bukan berlatar belakang TI tapi saya dari Sastra. Blog itu sebuah media, jadi yang penting isi media itu bagus untuk dibaca. (Diumpamakan sebuah koran dibaca banyak orang karena isi dari koran tersebut. Bukan dari segi percetakannya)

(P) - Saya sudah bikin blog tetapi sangat sederhana, saya belum bisa membuat pernak-pernik blog karena belum bisa?
(BP) - Maantaap.. sudah punya blog. Tidak apa-apa pernak-pernik bisa dipelajari, banyak tutorial yang menyediakan. Yang paling penting dari blog itu adalah content-nya. Bukan teknologi seperti desain atau engine-nya. Sebab masa depan blog ada pada content.

(P) - Apa fungsi blog.
(BP) - Ada dua kategori blog yaitu : blog berdasar catatan sehari-hari atau diari, dan blog berdasar topik tertentu. Memiliki blog seperti memiliki situs sendiri dengan kendali berita ditangan penulis. Tidak ada sensor, salah satu hal yang sangat menyenangkan. Anda dapat menulis apa pun yang dinginkan dan orang yang mempunyai minat yang sama akan meresponnya.

(P) - Saya sering dengar Weblog itu New Media apaan sih?
(BP) - Istilah yang merujuk pada perkembangan industri budaya dan teknologi yang senantiasa berubah, seperti multimedia, hiburan dan e-commerce. Dalam ilmu sosial peneliti mempelajari pembentukan, penggunaan dan dampak teknologi informasi dan komunikasi.

(P) - Sekarang Anda sudah jadi blogger sejati artinya tidak bekerja pada Tempo lagi? Apa sih yang dikerjakan ?
(BP) - Saya banyak memenuhi undangan seminar dari dalam dan luar negeri dalam forum tentang bloger, mengajar juga dalam S-1 FISIP UI untuk kuliah New Media (tim dosen). Dan juga masih suka menulis, pada tahun 2008 akan menerbitkan beberapa buku. Medirikan Asia Bloging Network (ABN), kontributor halaman teknologi Informasi the Jakarta Post.

(P) - Ini yang paling rahasia, bagaimana penghasilan dari seorang Bloger ?
(BP) - Setelah serius dan terkenal, penghasilan lebih dari cukup. Misal untuk mengisi undangan seminar, membuat editorial di luar negeri , iklan dan lain-lain.

Ayo siapa menyusul sukses menjadi Bloger.

Catatan :
BUDI PUTRA, website budiputra.com, CNET ASIA, Mantan wartawan TEMPO, Mendirikan Asia Bloging Network (ABN), Kontributor halaman teknologi informasi The Jakarta Post.

Artikel terkait: Apakah ngeblog pemborosan?  Read more...

Sabtu, 05 Januari 2008

APAKAH NGEBLOG PEMBOROSAN ?

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul : Sudah berapa banyak dana yang di keluarkan untuk NGEBLOG? Sudah berapa lama waktu untuk NGEBLOG?, Untuk apa kita NGEBLOG? Jika saya NGEBLOG? siapa yang akan baca? Apa yang kita dapat dari NGEBLOG?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, hanya bisa di jawab oleh siapa yang NGEBLOG?, dan hasil jawaban pastilah akan beragam.

Rasanya sangat senang sekali setelah blog yang kita buat jadi, lantas kita akan isi dengan tulisan apa…? agar ada yang mau membacanya. Jikalau ada yang mau baca paling-paling hanya sekilas, jalan-jalan, kunjungan balik dan kemudian melupakan blog kita.

Adakah yang salah dengan blog kita? Jadi semakin bingung nich…ini masalah gawat karena menyangkut hidup dari BLOG kita.! Saya sendiri bingung apalagi orang lain! Sebelum tambah kebingungan dan terjadi PEMBOROSAN karena NGEBLOG?

Ada baiknya kita perlu berpikir sejenak mulai dengan tujuan kita NGEBLOG?, oh iya saya keterlaluan (berguman dalam hati Bego Lu, Saya Bego..) yaa… dari awal tidak mempunyai tujuan yang terarah. Ya kita perlu pikirkan apakah tujuan sesungguhnya dari kita untuk NGEBLOG?, Apakah SDM kita sudah mampu mencapainya? Apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk mencapainya? Bagaimana cara mencapai tujuan itu?

Oke tujuan jelas, kita mau menulis sesuatu yang kira-kira menarik untuk dibaca orang. Semoga ada yang mau memberikan reaksi atas tulisanku ini. Karena blog inilah sebuah media yang dapat terbukanya percakapan, dialog dan diskusi antara penulis maupun pembacanya maka saya pastikan ada forum komentar di setiap postingan kita.

Tulisan yang dimungkinkan mendapat reaksi dari pembacanya misalnya (bukan jaminan) adalah :

  • Mengemukakan pendapat atau pemikiran sendiri. Ide sendiri walaupun topik sudah dibahas banyak orang tapi dengan versi sendiri menunjukan kredibiltas. Bukan copy and paste
  • Mereview suatu produk. Menerangkan dengan detil suatu produk dilengkapi dengan dimana kelebihan dan kekurangannya.
  • Membuat Tutorial. Dalam pembuatan tutorial perlu dibuat semudah mungkin karena yang suka NGEBLOG terdiri dari latar belakang pendidikan bervariasi dan tingkat kepandaian orang untuk menyerap informasi juga berbeda-beda.
  • Mengisi buku tamu jika kita mengunjungi sebuah blog. Agar ada pembaca lain tergoda untuk mencoba mengklik blog Anda.
  • Memberikan komentar yang objektif pada sebuah posting. Sehingga pembaca ingin melihat Blog Anda.
  • Membuat link bait. Supaya kita mempunyai link sebanyak-banyaknya di blog lain agar pagerank nya naik di search engine (Ini mah semua orang juga tahu). Maaf-maaf.

Pelan tapi pasti jika orang terkesan dengan tulisan kita maka saat itulah mereka menjadi jaringan kita.

Kita Yakin Bisa Menulis Sesuatu Yang Sangat Berguna Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain. Kenapa Tidak Kita Lakukan. Sekarang Ayo Kita Lakukan.

(waktu yang akan datang insya allah saya akan sedikit memberi cuplikan obrolan dengan top bloger Indonesia BUDI PUTRA mantan wartawan TEMPO yang sudah sukses menjadi BLOGER MURNI)


Artikel terkait: Blogger sejati
 Read more...

Rabu, 02 Januari 2008

Memasang jam pada blog

Sebuah blog dikunjungi pertama kali adalah karena isi atau conten dari blog tersebut menarik. Akan tetapi tampilan sebuah blog yang baik juga membuat pengunjung merasa nyaman. Pemasangan jam akan menunjukan waktu tempat kita berada, jika kita sedang tidak memakai jam tangan kita tidak perlu menengok untuk mencari jam dinding. Salah satu penyedia animasi jam secara gratis adalah clocklink yang dapat diunduh dari http://www.clocklink.com

Step 1
Masuklah ke situs clocklink dengan alamat http://clocklink.com



Step 2
Pilihlah menu clock galery



Step 3
Terdapat pilihan model jam yang tersedia, ambil yang kita mau dan klik
View HTML



Step 4
Klik Accept untuk menyetujui peryaratan penggunaan layanan.

Step 5
Pada lajur Timezone, pilih opsi ICT: Bangkok Time (GMT+07.00) karena
kita ada di Indonesia.

Step 6


Copy code html yang terletak di bagian bawah.

Step 7
Buka blog lagi pada halaman template, edit html dan kode yang sudah
dicopy kita paste kan pada bagian yang kita inginkan. Lihat preview
jika sudah berhasil klik simpan seting (save setting).

Artikel terkait: Memasang Shoutbox
 Read more...