Rabu, 10 Desember 2008

Suzuki New Satria F 150 Perubahan besar sang Pionir bebek jantan


Peluncuran New Satria F150 dengan MC Farhan

Berinovasi dengan sebuah ide produk kategori baru sering mendatangkan keuntungan jika produk merek S adalah pertama, maka semua ide yang dilakukan pesaing adalah memaksakan ide merek S ke dalam produk mereka. Oleh karena itu produksen pionir akan memliki kemudahan untuk masuk ke benak pelanggan pertama kali dari pada menyakikinkan produk baru bernilai lebih dari sang Pioner.


Suzuki Staria FU 150 yang pertama kali dikenalkan pada tahun 2004 di Indonesia adalah kategori bebek jantan dengan volume silinder 150 cc terbesar di kelas bebek dan teknologi DOHC tergolong yang paling maju dikelasnya. Akan tetap menjadi ingatan di benak konsumen sebagai motor bebek sporty dengan performa yang dibilang dasyat dan juga kecepatan (top speed) yang mengagumkan.

Maka tak heran jika New Satria F150 tampil dengan banyak perubahan di penghujung tahun 2008. Seperti yang baru saja diluncurkan di ajang JMS tepatnya hari Sabtu, 6 Nopember 2008. Keberuntungan sekali saya dapat menyaksikan acara peluncuran F150 yang baru tersebut karena sedang menonton JMS hari pertama.

Perubahan pada sector Lampu depan, Fairing, Panel instrument dengan indicator eco-power, Rangka alumunium, Muffler dan Tail handle.

Pada saat peluncuran yang di bawakan oleh MC Farhan dan menampilkan dancer yang energik yang mencirikan spirit motor Satria F150 yang menyasar segmen kawula muda atau orang yang berjiwa muda hal itulah yang disampaikan Kenji Saito, Direktur Pemasaran IMNI.

Terinspirasi moge Suzuki GZX 600 maka, untuk menambah penampilan agar lebih menarik, pada New Satria F150 mengadopsi model Suzuki Suzuki GZX 600 pada sector lampu depan, lampu sein dan fairing agar kelihatan lebih futuristic. Lampu ini juga dilengkapi dengan wishor ber-garnish hitam.

Panel Kontrol juga mengalami perubahan desain yang lebih beraura sporti berlapis krom, Takometer menggunakan model jarum, digital spidometer, indikator bahan bakar, tripmeter, dan indikator mode “eco” dan “power”. Indikator eco-power akan menyala atau berkedip pada RPM tertentu untuk menunjukan mode eco untuk ekonomis dan power untuk tenaga.

Terobosan mode pengendaraan disebut Suzuki dengan S-DMS (Suzuki Drive Mode Switch), yaitu "eco" dan "power".yang ditambahkan pada bebek jantan ini. Penempatan tombol pengatur mode di sisi kanan panel instrumen memudahkan pada saat pengendaraan.

Bagian knalpot (muffler) tak luput juga dari perubahan dengan desain knalpot gaya moge dengan posisi miring dan ujung knalpot meruncing. Untuk menggenapi ubahan pada sisi belakang bagian handel tail dibuat lebih sporti dan kokoh.

Suzuki New Satria F 150 dibandrol dengan harga Rp 17.890.000 (on the road wilayah Jakarta dan sekitarnya).

Spesifikasi Suzuki New Satria F150
DIMENSI
-Panjang Keseluruhan: 1.945 mm
-Lebar Keseluruhan: 652 mm
-Tinggi Keseluruhan: 941 mm
-Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
-Jarak Mesin ke Tanah: 95 mm
-Berat Kendaraan: 95 kg
-Tinggi Tempat Duduk : 764 mm

MESIN
-Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-katup
-Jumlah Silinder : 1 (satu)
-Diameter x Langkah Piston: 62 mm x 48,8 mm
-Kapasitas Silinder: 147,3 cm3
-Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
-Daya Maksimum : 16 Ps/9.500 rpm
-Torsi Maksimum: 1,27/8,500 Kgm/rpm
-Karburator : MIKUNI BS 26 - 187
-Saringan Udara : Jenis Kertas
-Sistem Starter : Kaki
-Sistem Pelumasan: Perendaman Oli

TRANSMISI
-Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
-Transmisi : 6 Percepatan Arah Perpindahan Gigi 1 Ke bawah, 5 Ke atas
-Rantai Penggerak DID 428 DS, 122 mata

RANGKA
-Suspensi Depan: Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
-Suspensi Belakang: Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
-Sudut Kemudi: 45o (Kanan dan Kiri)
-Radius Putar : 2 m
-Rem Depan / Rem Belakang: Cakram / Cakram
-Ukuran Roda Depan: 70/90 - 17 38S
-Ukuran Roda Belakang: 80/90 - 17 44S

ISTEM LISTRIK
-Sistem Pengapian : CDI
-Busi : NGK CR8E atau DENSO U24ESR-N
-Accu : 12 Volt 2,5 Ah 10 HR
-Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4,9 L
-Dengan penggantian saringan oli ml 1,100 Oli Mesin ml 1000

Artikel lain: Honda Blade 110 R, Yamaha Vega ZR 115, dan Konsumen loyalis Honda dan Yamaha

3 komentar:

Anonim mengatakan...

kerennn...mas kok gak pake shoutbox sekarang

bho mengatakan...

untuk mesin, bagus mana mas?
yang lama atau ini?
trus indent gak?
kalo indent brp lama?

Anonim mengatakan...

tuk bro bho,

Sektor mesin di F150 yang baru tidak ada perubahan yang berarti, jadi kemungkinan sama saja performanya. (maaf saya belum mencoba satria yang baru).

Masalah inden menurut penjelasan di acara peluncuran bilangnya sih tidak lama bahkan sudah siap. Tetapi itu dari PT IMNI, lain lagi di Dialer tertentu kadangkala ada yang inden atau mendahulukan pembelian secara kredit.

Tetapi jika mau lebih cepat datangi aja main dealer biasanya readi stock