Selasa, 04 November 2008

Juara Dunia F1 2008

Pada usia hanya 23 tahun, 10 bulan dan 26 hari, Lewis Hamilton menjadi juara dunia termuda dalam sejarah Formula 1. Dia adalah orang ke-12 yang menjadi Juara bersama McLaren, yang terakhir menjuarai kala itu tahun 1999 adalah Mika Häkkinen, kini diperoleh kembali.



Unggul sangat tipis dan bernasib sangat baik.

Felipe Massa mendominasi di Interlagos dan melewati finis diposisi pertama sedangkan Hamilton diposisi ke lima dengan memperoleh 4 poin. Tetapi karena perbedaan hanya 7 point dengan Massa maka dengan menempati posisi tersebut sudah dapat menggondol juara dunia mengunguli rival terberatnya . Jumlah perolehan nilai Hamilton 98 poin dengan 5 kemenangan yang terpaut 1 point dengan Massa yang memperoleh 97 poin, tetapi dia mengoleksi 6 kali kemenangan.

Lomba panjang yang dramatis.

Lomba di mulai terlambat 10 menit karena sirkuit diguyur hujan. Hujan di awal lomba telah menambah drama yang sangat seru, dan terlihat David Coulthard dari Red Bull membuat kesalahan yang tdk perlu keluar dari balapan setelah dia melintir terlibat tabrakan dengan Nico Rosberg pembalap Williams, yang satu pasangan tim Kazuki Nakajima . Coulthard keluar di putaran tersebut, sementara pembalap Renault Nelson Piquet juga keluar pada putaran ketiga.

Hujan reda pertama setelah lima putaran lap. Massa, Fernando Alonso, Kimi Räikkönen, Hamilton dan Sebastian Vettel masuk pit untuk mengganti ban basah ke ban kering. Dengan susah payah Timo Glock, pembalap Toyota menuju posisi ke enam.

Massa menguasai seluruh balapan, dengan pembalap Toyota Jarno Trulli melorot ke belakang dari posisi awal yang sangat kuat di tempat kedua. Seperti semua pembalap mulai mengganti ban dari basah ke kering setelah tujuh laps. Vettel, menjalankan strategi yang berbeda untuk mengisi bahan bakar, di banding yang lain, selalu merupakan ancaman diposisi kedua berada di depan Alonso dan melakukan tekanan beberapa kali ke Massa sebelum berhenti lebih awal untuk bahan bakar.

Felipe Massa, Alonso dan Raikkonen selanjutnya berada pada posisi pertama sampai ketiga, namun Hamilton dan Vettel anjlog ke belakang Glock. Ini masih cukup baik untuk Hamilton, tetapi sampai kemudian, di bawah tekanan pada putaran 70 dia melakukan kesalahan penting slip dan melebar. Hal ini masih dimanfaatkan oleh pembalap Toro Rosso Vettel untuk mendorong Hamilton ke tempat yang diperlukan untuk menyabet juara diposisi kelima.

Bahkan saat Massa melewati garis finis, Hamilton masih di posisi keenam dan Masa memenangi juara sementara. Tetapi saat Vettel dan Hamilton melaju di tikungan akhir, Glock pembalap Toyota melambat di depan mereka, pembalap Jerman itu berjuang untuk mengendalikan mobil yang slip, ban yang tidak sesuai dikondisi basah. Dari tikungan terakhir itulah ia menyalip ke posisi kelima dan menjadikan ia memperoleh gelar juara paling dramatis dalam sejarah F1.

Raikkonen tertinggal beberapa jauh dari trio pembalap di depanya, tetapi pada putaran terakhir dengan cepat mendekati Alonso dan saat Massa melewati garis finis dengan waktu 13.2 detik didepannya.

Hamilton selalu mengambil beberapa kesempatan, sekitar posisi keempat atau kelima, dan melihat sasaran mudah sampai pada perjuangan akhir yang dramatis. Glock finis di tempat keenam, finis lebih baik di depan pembalap McLaren's Heikki Kovalainen dan Trulli dalam perolehan poin terakhir.

Mark Webber pembalap Red Bull itu menempati posisi kesembilan, di depan Nick Heidfeld dan Robert Kubica, sehingga pembalap dari tim BMW Saubers gagal untuk mendapatkan nilai untuk pertama kalinya di 2008. Rosberg diposisi ke 12 di depan pembalap Honda Jenson Button, pembalap Toro Rosso Sébastien Bourdais (kesempatan memperoleh poin gagal setelah bertabrakan dengan Trulli di di tikungan pertama), pembalap Honda Rubens Barrichello, pembalap Force India Adrian Sutil, Nakajima dan Giancarlo Fisichella. Pembalap Force India dari Italia pertama, berhenti untukmengganti ban kering di putaran dua, dan berlomba sampai tempat kelima sebelum akhirnya mundur karena persoalan mesin yang tak terelakan.

Setelah mereka selesai balapan, pembalap McLaren Hamilton hampir tidak percaya, tetapi bagi Massa ini adalah kekalahan yang sangat indah."Kami harus mengucapkan selamat kepada Lewis," katanya. "Dia adalah juara yang besar dan dia mempunyai nilai poin lebih dari kami, sehingga pantas menjadi juara."

Sebagai penghibur Ferrari adalah memenangi juara constructors tetapi, pada akhirnya, dan yang paling dramatis dalam kenyataan yg ada, hari ini adalah milik Lewis Hamilton dan McLaren

Artikel lain: Juara motoGP 2008
Sumber: F1 com

1 komentar:

Tamrin-Next CEO mengatakan...

Wah keren. Kang, saya ndak liat foto akang di sana? Mana ya? hehehe