Rabu, 24 September 2008

GILERA NEXUS 500



Menyandang gelar THE SPORTY MAXI SCOOTER, dengan desain agresif, teknologi yang inovatif, Nexus mempunyai karakter besar dan rangka yang kuat tetapi diklaim nyaman dikendarai, mempunyai varian 500, 250 dan 125.


Sebagai skuter sporti untuk penjelajah kota, GILERA NEXUS 500 dengan bobot 195 kg digerakan oleh mesin kapasitas 460 cc empat langkah yang sangat tangguh. Satu silinder, pendingin cairan, empat katup, system injeksi electronik, mempunyai power output 40.12 bhp pada 7.500 rpm dan torsi 43 NM pada 5.500 rpm. Semua daya motor ini mengalir tersalurkan melalui puli CVT dengan halus dan elastic.

Desain:

Bagian lampu depan berbentuk trapezium dan di tengah ada saluran udara masuk. Dibawah lampu bagian fairing bersudut tajam yang searah dengan roda depan. Mengesankan sangat dinamis, tingkat aerodinamika yang optimal dan perlindungan yang tinggi. Ada tambahan windscreen untuk penghalang udara yang dapat di atur posisinya oleh pengendara.

Tempat duduk nyaman dan lebar untuk pengendara maupun penumpang, Dibawah tempat duduk ada ruang bagasi untuk sebuah helm full face dan socket untuk charge HP. Jok dapat dibuka dengan cara yang inovatif dengan menekan satu tombol dibagain pengemudi atau dengan remote control pada kunci kontak.


Panel control dengan lampu warna merah sangat kentara yang penuh dengan fitur, Disampingspedometer analog dan rev counter, digital panel untuk mengetahui jumlah BBMl, temperature mesin, battery charge, rata-rata dan penggunaan bbm, jarak tempuh rata-rata dan kecepatan maksimum yang dicapai. Gilera Nexus juga dilengkapi dengan anti-theft immobilizer untuk mencegah sepeda motor dicuri jika kunci kontak secara elektronik tidak dikenali oleh engine control system.

Suspensi:

Suspensi Nexus benar-benar berbeda dengan skuter yang lain, untuk mendukung laju kendaraan yang tinggi dan tetap stabil, Gilera memberikan suspensi lengan ayun ganda dari tabung baja. Struktur sambungan rigid yang kuat dengan garpu Kayaba telehydrolic dengan lengan 41 mm dan 109 mm di bagian depan. Dibanding dengan penggunaan pada skuter pada umumnya yang menggunakan conrods dan blok diam diperbaiki dengan direct link. Hal ini untuk memberikan penyeimbangan tambahan ke seluruh system. Pengarah daya shock absorber terdiri dari shock gas yang ditempatkan secara horizontal dibawah jok dan dismbung ke cover fork.

Harga Nexus 500 adalah Rp. 198 juta.

Jika berminat , skuter ini dapat diperoleh melalui PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) sole distributor Piaggio, Vespa dan Gilera di Indonesia yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi Jakarta Timur.

Spesifikasi Gilera Nexus 500
  • Engine : Single cylinder MASTER 4 stroke
  • Displacement : 460 cc
  • Bore x stroke : 92 mm x 69 mm
  • Fuel : Unleaded
  • Compression ratio : 10.5 : 1
  • Power : 40.12 bhp at 7,500 rpm 29.5 KW
  • Torque : 43 Nm at 5,500 rpm
  • Balance Rotating shaft
  • EMS (Electronic Management System) : alfa/N type with injection/ignition mapping
  • Fuel intake : Electronic injection system - Magneti Marelli IAV
  • Air intake : Butterfly valve with position sensor, stepper motor and air temperature sensor
  • Injector : Marelli Pico-injector, electronic injector with high impedance
  • Exhaust : Two-way catalytic converter
  • Intake : (SOHC), 4 valve
  • Ignition : Electronic inductive discharge, variable spark advance controlled by electronic injection
  • Start : Electric
  • Lubrication : Wet sump
  • Cooling : liquid
  • Transmission : “Twist and Go” with automatic clutch and continuously variable transmission (CVT)
  • Frame : Double cradle, high-tensile steel tubes
  • Front suspension : Kayaba telehydraulic fork, ֠41 mm shafts
  • Rear suspension : Progressive POWER DRIVE, Kayaba gas shock absorber with spring preload
  • Braking system : Integral: left brake lever simultaneously acts rear disc and front right disc; right brake lever actions only front left disc (which has larger-diameter pistons)
  • Front brake : Stainless steel double disc, ֠260 mm, with floating calliper and two Brembo pistons ֠28 mm front left and two Brembo pistons ֠26 mm front right
  • Rear brake Stainless steel disk, ֠240 mm, fixed calliper, two ֠34 mm opposed pistons
  • Front wheel rim : Die-cast aluminium alloy, 3.50x15”
  • Rear wheel rim : Die-cast aluminium alloy, 4.50x14”
  • Front tyre : Tubeless, 120/70-15”
  • Rear tyre : Tubeless, 160/60-14”
  • Length : 2,090 mm
  • Width : 765 mm
  • Wheelbase : 1.515 mm
  • Seat height : 780 mm
  • Running weight : 216 kg
  • Fuel tank : 15 litres
  • Underseat space : Contains one full-face helmet and various objects; more storage behind the steering column
  • Speed : 100 mph
  • Acceleration : 400 m = 15.7 sec
  • Emissions Meets all chapters of European Multidirective (Euro 2 )


Artikel lain: Piagio Beverly Cruiser 500
Sumber : http://www.uk.gilera.com


0 komentar: