Jumat, 09 Mei 2008

Honda CBR150 injeksi versi Indonesia masih rumor?

Gambar Honda Hunk


Rumor Honda CBR 150 versi ATPM akan hadir dan akan dikeluarkan oleh PT AHM. Menurut beberapa sumber gossip (mungkin benar atau tidak), sekarang PT AHM sedang melakukan riset di lapangan. Honda CBR 150 ini menggunakan teknologi injeksi, dengan tema yang diusung adalah teknologi ramah lingkungan. Untuk tema teknologi ramah lingkungan saat ini hukumnya wajib apalagi kendaraan bermotor menyumbang andil yang besar terhadap polusi udara. Barangkali standar emisi gas buangnya sudah Euro 3 dan BBM yang digunakan minimal mempunyai nilai oktan 91 ke atas.

Kabarnya basis mesin yang akan dipakai diambil dari Honda Hunk bermesin 1 silinder 150 cc yang dibuat oleh pabrikan Honda Hero (HH) India. Penggunaan basis Honda Hunk ini dimaksudkan untuk membuat motor ini dapat berkompetisi. Sehingga harganya dapat bersaing dengan Yamaha V-Ixion 150 cc yang sama-sama teknologi injeksi.

Karena penasaran saya coba browsing di internet dengan keyword Honda Hunk, hasilnya adalah motor dengan kapasitas silinder 149.2 cc, power 14.2 HP/ 8500 rpm Torsi maksimal 12.8Nm/6500rpm, pendingin udara. Di bawah ini adalah spesifikasinya.

Spesifikasi Honda Hunk:
- Dimensi P x L x T : 2080 mm x 765 mm x 1095 mm
- Ground clearance: 145
- Wheebase: 1325
- Mesin Tipe : 4 Stroke, 1 silinder, SOHC, pendingin udara
- Volume silinder: 149.2
- Bore x stroke : 57.3 mm x 57.8 mm
- Ignition: Advanced Microprocessor Ignition System (AMI)
- Suspensi depan: Teleskopik hidroulik
- Suspensi belakan: GRS 5 tingkat pengaturan
- Rem depan: Disc 200 mm
- Rem belakang: Tromol 130 mm
- Ban depan: 2.75 x 18 42P
- Ban belakang: 100/90 X 18 - 56P
- Performa Tenaga : 10.6 Kw (14.4 PS ) / 8500 rpm
- Max. Torque: 12.80 N-m/ 6500 rpm (kg m/rpm)
- Kap. tangki BBM : 12.4 liter

Jika melihat spesifikasi di atas kelihatannya tidak ada yang istimewa, mesin belum menggunakan liquid cooled, belum DOHC, sasis belum delta box, sochbreker belum monoshoc kayaknya ketinggalan jika dibandingin sama competitornya.Untuk perbadingan di bawah ini spesifikasi CBR 150 yang diproduksi oleh negeri sebelah (Thailand).

Spesifikasi Honda CBR 150 R:
- Engine : 4 Stroke, DOHC 4 Valves, Liquid Cooled
- Cylinder Capacity : 149.4 CC.
- Bore x Stroke : 63.5 x 47.2 mm.
- Compression Ratio : 11: 1
- Engine Start Type : Electric Start
- Ignition : CDI DC
- Sparking Plug : CR8E (NGK) or U24ESR-N (DENSO)
- Transmission : 6 Speeds
- Clutch Type : Wet, Multiple Disks
- Dimension (W x L x H) : 652 x 1,910 x 1,065 mm.
- Wheel Base : 1,286 mm.
- Ground Clearance : 172 mm.
- Seat Height : 776 mm.
- Caster / Trail Space : 25 Degree / 88 mm.
- Dry Weight : 115 Kgs.
- Suspension Front : Telescopic
- Suspension Rear : Monoshock
- Brake Type Front : Disc Brake, Disc Plate Size 276 mm.
- Brake Type Rear : Disc Brake, Disc Plate Size 220 mm.
- Tyre Size Front : 80 / 90 - 17 M/C 44P (Tubeless)
- Tyre Size Rear : 100 / 80 - 17 M/C 52P (Tubeless)
- Battery : MF Size 12 V. - 5 Ah
- Fuel Tank Capacity : 10 Liters

Jika dibanding Spesifikasi Honda Hunk 150 dengan Honda CBR 150R Thailand tampak jauh sekali perbedaanya. Apakah mungkin PT AHM mau mengorbankan nama CBR sebagai motor Racing Sport Ricing. Tetapi lagi-lagi factor harga jika mau mendatangkan seperti yang di Thaland pasti harganya diatad 30 jt apakah akan bisa bersaing dengan Yamaha V-Ixion?

Sebagai gambaran harga Honda CBR 150R built up versi IU of the road Rp. 32.5 jt dan on the road Rp. 37 jt. Yah…kita tunggu aja kabar selanjutnya dari PT AHM. (sekedar rumor)

Artikel lain: Minerva Sachs MadAss 125, Kawasaki KLX 250S
Source : Hero Honda

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Memang seharusnya kita udah mampu kog. Nggak tau kenapa asik2 impor... terus... Padahal SDM kita dah sanggup buat yg beginian. Jangankan yang beginian yang lebih dari ini juga dah mampu kog. Cuma sayangnya pemerintah nggak peduli tentang ini. Asik ngurusin perut sendiri. Naikin harga2 dan menyengsarakan masyarakatnya :)

noki afandi mengatakan...

wah klau ada impor motor lagi, jalan bakal penuk kendaraan, padahal untuk pejalan kaki sudah jarang. coba kaya dicina or jepang. kendaraaan bermotor dibatasi mereka lebih senang naik kendaraan umum or sepeda

Anonim mengatakan...

- tuk Adieska, setuju kawan kita lagi menunggu pemerintah yang benar-benar bisa memanajemen negeri ini yang kaya akan SDM dan SDA.

- tuk Noki, Jika pemerintah sudah bisa memberikan pelayanan transportasi yang baik (angkutan umun) pasti masyarakat mau beralih ke angkutan masal tsb. Sayang angkutan umum di negeri kita sangat memprihatinkan.

Anonim mengatakan...

errr, honda hunk itu kyk honda tiger tp cc lebih kecil, klo di pratiin, air scoop hunk hampir sama dgn air scoop tiger,, IMHO loh,,

Anonim mengatakan...

Waduh..kalau CBR 150 dikeluarin di Indonesia seperti honda hunk itu maka sama aja malu2in sendiri, nggak lebih baik dari yg import Thailand.
Please deh kalau mau keluarin yg keren (body) & hi tech (mesin) gitu lho...sekedar share aja saya sudah pakai CBR 150 CBU 3 th tapi bener2 bandel & OK buat dalam kota & luar kota, sebelumnya pakai tiger 2000 kecewa sama koplingnya yg cepet habis.