Jumat, 11 April 2008

Test ride: HONDA City Sport 1 (CS-1)


Kamis, 10 April 2008 Tabloid Otomotif edisi 50:XVII (untuk tanggal penerbitan 14 April 2008) menyajikan laporan Test Ride jagoan terbaru PT Astra Honda Motor yaitu Honda City Sport One (CS-1) yang dilaksanakan di Sirkuit Kenjeran Surabaya. Mungkin bagi rekan-rekan yang sedang inden motor ini yang konon pada launching 6 April lalu penginden sudah mencapai angka 1000 orang dan ditargetkan oleh AHM terjual 15.000 unit per bulan.



Sengaja saya tulis ringkasan dari test ride yang dilakukan oleh mr. Testo dari Tabloid Otomotif sebagai berikut:

Desain nyleneh dan out of box, menurut Mr. Miki Yamamoto, motor ini modelnya benar-benar baru di dunia. Kami jadi yang pertama menjadikan yang benar-benar baru untuk kategori ini. Motor ini menggabungkan motor bebek dengan motor sport bila disingkat bebek sporti. Riding position mirip bebek, namun kesan yang muncul jika dinaiki seperti motor sport hal ini kemungkinan karena bodi tengah yang seperti tangki padahal fungsi sebagai bagasi. Letak tangki tetap berada dibawah jok.

Respon tenaga, dengan mesin berkonfigurasi tegak 124.7 cc, kompresi mesin 10.7:1 teknologi SOHC dan pendingin liquid, tenaga yang dihasil oleh motor CS-1 ini dari putaran bawah hingga menengah terasa gede. Akselerasi cepat sewaktu grip gas mulai diputar.

Top speed, pada saat di test oleh mr. Testo sayang top speed hanya mencapai 115 km/jam mungkin karena putaran mesin di limit melalui CDI agar tidak terlalu tinggi. Limiternya dipatok 11.300 rpm untuk alasan safety. Untuk handling bagus, dipakai menikung ekstrim sasis tetap stabil. Wajar bila motorseharga Rp. 16.9 juta ini oleh AHM disarankan untuk kawula muda perkotaan yang doyan kecepatan.

Berikut adalah data spesifikasi teknis City Sport 1 :
  • Panjang x lebar x tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.251 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 130 mm
  • Berat kosong : 114 kg
  • Tipe rangka : Twin Tube Frame
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
  • Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
  • Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
  • Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
  • Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 124,7 cc
  • Perbandingan kompresi : 10,7 : 1
  • Daya maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
  • Torsi maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
  • Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
  • Gigi transmsi : 5 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
  • Starter : Electrik Starter & Kick Starter
  • Aki : MF, 12 V - 3,5 A.h
  • Busi : ND U24ESR-N / NGK CR8E
  • Sistem pengapian : DC - CDI

Sumber:Tabloid Otomotif edisi 50:XVII

Artikel lain: Minerva Sach MadAss 125, Perbandingan bebek super dan First ride Kawasaki New Ninja 250R serta Honda Icon lawan Yamaha Mio

4 komentar:

dhimaskeren mengatakan...

hoho...
keren juga nih motor..
Honda gituuu..
sempet kepikiran punya nih motor.
tapi apa daya ga menang undian..

Didiet mengatakan...

Aku gak ngeh cm lht lampu dpn aja,gmana gtu..Tpi emg keren,buset yg nginden bgt amit,pgn nginden tpi apa daya

#admin mengatakan...

Keren sih memang keren, tapi itu lho Honda selalu harnya kelewat mahal rp. 16.9 juta. Padahal Suzuki satria FU yang 150 cc dengan teknologi DOHC harganya dibawah itu Rp. 16.3 juta.

antown mengatakan...

tampilan penuh motornya gimana yak??/