Senin, 28 April 2008

Skutic Honda Icon melawan dominasi Yamaha Mio

Honda Icon sebenarnya nama sekutic di negara Gajah Putih atau Thailand. Untuk versi Indonesia kemungkinan namanya akan berbeda. Mungkin PT AHM sengaja merahasiakan nama yang akan dipakai tetapi gosipnya memakai gelar Honda Beat. Namanya gossip jadi belum tentu benar adanya seperti pada saat peluncuran Honda CS1 nama yang santer adalah Crossover. Ini hanyalah taktik marketing saja dimana semakin ramai di isukan oleh media semakin banyak masyarakat yang ingin tahu dan inilah iklan gratis untuk mendongkrak suksesnya penjualan.


Dominasi Mio
Perkembangan motor skutik di Indonseia sangat pesat mulai dari tahun 2006. Pada tahun 2007 market share 18.4 % dan pada triwulan pertama (Jan-Mar) 2008 market share sudah mencapai 23.8 %. Demam skutic bagi masyarakat kita karena segi pegendaraan yang lebih mudah dan nyaman karena system motor tanpa perpindahan gigi. Apalagi di jalanan perkotaan yang sering macet perlu kendaran yang lincah tinggal putar grip gas dan tekan tuas rem.

Pada kelas skutic ini Yamaha Mio masih mendominasi pemasaran. Pada awalnya Mio ini diperuntukan bagi kaum wanita seperti iklannya di TV Ibu-ibu bisa mengendarai skutic menggambarkan motor ini sangat friendly. Dalam perkembangannya banyak Pria juga menggemari skutic ini. Selain factor kenyamanan, factor harga (ada yg dibawah) motor bebek, model trendy, imut dan ramping juga bisa mempengaruhi konsumen. Karena marketnya semakin besar maka banyak juga pemain dikelas ini antara lain Honda Vario, Suzuki Spin, Kymco Libero tetapi sekali lagi Mio masih menjadi rajanya.

Di bawah ini tabel penjualan (Januari-Maret):
- Yamaha Mio : 150.724 unit
- Honda Vario : 87.582 unit
- Yamaha Mio Soul : 45.155 unit
- Suzuki Spin : 28.611 unit
- Suzuki Skywave : 25.486 unit
- Kymco Libero : 744 unit
- Kymco Free : 599 unit
Sumber: AISI

Melawan dominasi
Di tahun 2007 Sepeda Motor Honda sudah menjadi pemimpin di kelas bebek dan sport hanya dikelas skutic ini saja pabrikan yang berlambang sayap mengepak belum menjadi pemimpin. Makanya pada bulan Juni 2008 mendatang PT AHM akan meluncurkan motor skutic gres sebagai senjata untuk melawan dominasi pesainggnya. Honda Icon versi Thailand mempunyai dimensi lebih kecil dari Vario, mesin 108 cc 4 tak transmisi CVT.

Specifikasi Mesin Honda Icon Thailand
  • Engine : 4 stroke SOHC let off the heat with the air
  • Cylinder capacity : 108 cc
  • The ratio compressing : 9.5: 1
  • Cylinder x distance draws : 50 x55 mm.
  • Ignition system : CDI
  • Start system : electric starting
  • Fuel Capacity : 3.3 liter
  • Lubricating oil capacity : 0.8 liter
  • Tranmition System : V - MATIC
  • Carrying forward gears rate : 2.68 - 0.85
  • W x Lx H : 667 x 1859 x 1046 mm
  • Height : 135 mm
  • Space of wheel : 130 mm
  • Junction front/back wheels : 1,240 mm
  • Weight : 103 kg
  • Front suspension : Telehydraulic
  • Rear suspension : Unit swing
  • Brake : Disk Brake/ Drum Brake
  • Front wheels : 70/90 - 14
  • Back wheels : 80/90 - 14
  • Battery : 12 V - 3.5 Ah

Basis sama dengan vario minus pendingin radiator dan tambahan fitur lainnya tetapi tampilannya tidak akan berbeda jauh dengan versi Thailand atau disesuaikan dengan selera masyarakat. PT AHM kemungkinan akan menghadapkan skutic ini dengan pesaingnya mengingat desainnya lebih ramping minus pendingin radiator sehingga motor ini lebih memasyarakat dan harga ditekan seharga 11-12 juta an. Bisa ditebak siapa yang di hadapi kalau bukan Si Mio dan Si Spin skutic yang berada di kelas tersebut? Seperti di ungkapkan Johannes Loman marketing director PT AHM “bahwa motor akan lebih unggul dari pesaingnya tetapi harga di bawah Vario”.

Jika Mio bisa di taklukan Icon berarti Honda benar-benar Mengepakan Sayap sebagai Raja di Raja donk? He..he…he.. yang paling diuntungkan konsumen jadi banyak pilihan sesuai kantong sambil berdoa berharap PT AHM ambil untung dikit aja biar kebeli. (Untung kecil jika yang beli banyak kan jadi untung besar kayak pesaingnya gitu lho..!)

Artikel lain: Jadwal balap MotoGP

Source: Tabloid Otomotif no. 52/XVII, 28/4/08, Oto Trend edisi 367 minggu IV April 2008 dan www.blogcatalog.com

3 komentar:

rizky mengatakan...

Vario dan Mio emang hampir sama?? aQ hampir sulit menbedakannya

Giri mengatakan...

Bedanya antara lain: dimensi Vario lebih besar dan agak gambot. Specifikasi mesin juga berbeda vol. silinder, rasio kompresi dan pendinginan menggunakan air (radiator)

ranz mengatakan...

ijin kopi paste buat milis Auto-Mania@yahoogroups.com yah ...
soalnya hari ini ada yg nanya Honda Icon ... eh malah situ udah nulis dulan .. bolehkan ..? tengkyu ..
ranzbebek.blogspot.com