Jumat, 15 Februari 2008

PANEL CONTROL BLOG

Diperuntukan bagi sobat yang baru membuat blog.

Sesungguhnya artikel ini sudah banyak dibahas oleh professional blogger, tetapi untuk mengingatkan-ku kembali agar tidak melupakannya, maka aku tulis kembali artikel ini. Saya tegaskan lagi bahwa aku bukanlah orang yang pintar, jadi aku tidak mempunyai ilmu apapun yang dapat dipamerkan apalagi disombongkan.


Setiap kali kita masuk ke halaman blog, kita akan mendapatkan halaman depan yang disebut Panel Kontrol ini. Dari bagian inilah sebua kegiatan untuk mengelola blog akan kita kerjakan. Dari mulai membuat artikel, mengedit artikel yang sudah lama di publikasikan, mengatur tata letak blog, mengedit profil, dan juga membuat sebuah blog baru.

Navigasi Panel Kontrol.



Keterangan :

TRIAL AND ERROR BLOG. Ini adalah nama blog yang sedang dikelola

Posting Baru. Langkah pintas untuk menulis dan mempublikasikan naskah di blog kita. Ketika kita klik link ini maka akan langsung menuju halaman editor untuk menulis dan mempublikasikan naskah.

Manage. Bagian ini terdiri dari Post, Pengaturan, Layout

Manage Post :
Langkah pintas untuk mengakses daftar naskah yang pernah diposting. Dari halaman pula untuk menata seluruh naskah kita atau mengenai hal-hal tentang menulis serta publikasi naskah. Pada bagian Post ini dibagi tiga bagian yaitu : Buat, untuk menulis dan mempublikasikan naskah baru, Edit Posting untuk mengedit naskah yang sudah dipublikasikan, dan Moderasi Komentar untuk mengelola komentar-komentar dari pembaca.

Manage Pengaturan :
Langkah pintas untuk mengelola blog kita. Klik link ini kita bias menyeting mulai dari mengganti judul Blog, Publikasi, Format, Komentar, Pengarsipan, Feed Situs, mengganti email bahkan sampai untuk menghapus blog kita.

Manage Layout :Bagian ini menuju langkah pintas ke bagian mengelola tata letak tampilan blog. Disini kita bias menambah dan menyusun elemen halaman, mengubah font dan warna judul blog kita, mengedit kode html navbar dan juga mengganti template baru bagi blog.

Lihat blog. Link cara pintas untuk melihat blog kita.

Ciptakan sebuah blog. Link pintas membuat blog baru. Di Blogger kita diperbolehkan mempunyai lebih dari satu blog.

Edit Profil. Link untuk mengedit profil

Account saya. Link untuk merubah account, lewat bagian ini bias mengubah password atau mengganti alamat e-mail

Bahasa. Link untuk mengubah bahasa pengantar.



ELEMEN HALAMAN BLOGSPOT

Bagi teman-teman yang sudah bikin blog atau mau mengenal Element Halaman Blogspot, silahkan login kemudian jika sekarang berada pada halaman Panel Kontrol lalu klik link yang bertuliskan Layout. Pada tampilan layout ini mempunyai beberapa menu diantaranya : Element Halaman, Font dan warna, Edit HTML, Pilih Template Baru.
Untuk mengetahui fasilitas apa saja yang ada pada Elemen Halaman , klik link bagian Tambah sebuah Elemen Halaman , kemudian akan muncul tampilan beberapa menu yang dapat digunakan atau ditambahkan dalam blog.



Tampilan Slide (Baru!)
Elemen ini berfungsi menampilkan gambar slide sumber bisa diambil, album picasa web, flikcr, photobucket atau lainnya.

Polling (Baru!)
Elemen ini berfungsi untuk mengajak pengunjung blog dengan mengisi polling atau jajak pendapat mengenai blog kamu maupun hal lain.

Daftar.
Elemen ini berfungsi untuk membuat daftar pada blog, bisa buku favorit, film dan lain-lain. Jika kebetulan ada hal yang sesuai dengan daftar yang dicari, klik icon link yang ada disamping kanan. Kemudian isi alamat URL situs atau blog maka topic tersebut menjadi terpampang di blog kita.

Daftar Link.
Elemen ini berfungsi untuk menyimpan link-link dari sahabat, perkumpulan, blog favorit dsb. Tujuannya antara lain : mempromosikan sebuah situs atau blog (bias teman, sekolah, perusahaan dll), memberikan rujukan, atau memperluas jaringan pertemanan dengan blogger lain.

Gambar.
Elemen ini berfungsi untuk nampilkan gambar pada blog, gambar yang dimasukan elemen ini selalu terlihat setiap kita buka blog. Gambar dapat diambil dari computer sendiri atau dari situs lain.

Teks.
Element ini berfungsi untuk membuat kalimat atau teks yang selalu ditampilkan dalam blog. Misal kata mutiara, ungkapan selamat datang, pengumuman dll.



HTML/Java Script
Elemen ini berfungsi untuk menempatkan kode-kode HTML yang ada hubungannya dengan utilily ataupun tools-tools. Misal untuk membuat blog kita menjadi semakin cantik dan fungsional , maka ditampilkanlah pernak-pernik seperti jam, stat counter, buku tamu dan lain-lain. Untuk menampilkan pernak-pernik itu di halaman blog perlu mendapatkan kode pemrograman. Kode itulah yang harus disisipkan pada elemen HTML/JavaScript.

Feed
Elemen ini berfungsi untuk menempatkan feed jika Sobat berlanggan berita dari blog atau web lain. Jadi selain artikel yang kita tulis sendiri atau foto-foto, video bikinan kita sendiri, juga dapat diisi dengan isi yang disajikan dari pihak lain.

Label
Elemen ini berfungsi untuk membuat kategori dari artikel yang dibuat. Label akan ditampilkan terus setiap kita membuka blog, sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang dia suka tampa membaca seluruh naskah.

Newsreel
Elemen ini berfungsi untuk menampilkan headlines berita terbaru dari Google pada halaman blog kita. Ini memberikan nilai tambah bagi pengunjung yang tertarik dengan berita-berita Google.

Logo.
Elemen ini berfungsi untuk memasang logo Blogger. Sobat bisa memilih mana logo yang disukai, agar blognya menjadi tambah cantik.

Baris Video.
Elemen ini berfungsi untuk menampilkan video clip dari YouTube.

Arsip Blog.
Elemen ini berfungsi untuk menampilkan semua artikel yang pernah diposting. Ini berguna untuk memudahkan pengunjung semua artikel yang ada.

AdSense
Elemen ini berfungsi untuk menampilkan iklan-iklan dari AdSense, Apabila sobat sudah punya account adsense untuk mencari penghasilan tambahan dari blog.

Profile.
Elemen ini berfungsi untuk memuat profil dari si pembuat blog. Fungsi ini sudah ditambahkan jadi tak perlu ada perubahan.

Page Header.
Elemen ini untuk menampilkan judul dan descripsi blog. Tapi elemen sejak awal sudah diseting pada saat kita membuat blog. Jadi tidak perlu adanya perubahan yang berarti.



CARA MENGUBAH WARNA BLOG

Untuk mengubah warna blog jika Sobat berada di Panel Kontrol, klik pada link Layout lalu akan tampil halaman layout beberapa pilhan menu. Pilih menu Font dan warna. Dari laya kita bias mencoba-coba warna blog. Ubahlah sesuai dengan selera.

Dalam bok menu disiapkan pilihan elemen halaman blog yang dapat diubah (mungkin daftar isi tidak sama karena tampilan blog saya berbeda dengan tampilan blog yang lain) diantaranya :



- Warna latar belakan utama blog.
- Warna teks dari artikel
- Warna judul posting
- Warna tanggal header
- Warna garis tepi posting
- Warna Link
- Warni link yang dikunjungi
- Warna latar belakang header halaman
- Warna judul blog
- Warna Sidebar atas
- Warna link yang dikunjungi sidebar atas
- Warna Sidebar bawah
- Warna sidebar link yang kunjungi
- Jenis , style dan ukuran huruf

Cara mengubah warna adalah dengan memilih element pada bagian panel paling kiri, lalu pilih warna yang akan digunakan (panel sebelahnya) hal ini sama dengan jika ingin merubah ukuran, style dan jenis huruf. Untuk melihat hasil lihatlah dibagian bawahnya.

Jangan lupa menekan tombol SIMPAN PERUBAHAN jika ingin menyimpan perubahan atau tombol BERSIHKAN EDIT jika ingin mengembalikan kepada warna default atau awal.

Artikel lain : Blogger sejati