Jumat, 01 Februari 2008

Mendaftarkan Blog ke RSS Feed dengan FeedBurner

RSS (Really Simple Syndication) yaitu cara berlangganan websites atau blog. Dengan fasilitas ini kita bisa mengumpulkan artikel dari berbagai websites atau blog favorit tanpa harus mengunjungi blog tersebut.

Keuntungan :
-Hemat waktu untuk mendapatkan berita-berita terbaru dari websites atau blog pilihan.
-Dengan mendaftarkan URL blog ke RSS feed membuat blog mudah ditemukan oleh Search Engine sebagai sarana untuk meningkatkan traffic dan page ranking karena RSS feed menyediakan fasilitas Ping yang berguna pada saat kita mengupdate posting.





Mendaftar ke FeedBurner.Com

1. Buka situs Feedburner.com
2. Ketik alamat URL Blog Anda pada kotak yang disediakan, klik Next
3. Jika platform blogspot Feedburner akan menampilkan dialog yang meminta Anda memilih antara dua alamat feed yang akan digunakan. Pilih salah satu dan tekan tombol Next.



4. Isi form untuk membuat account :
- Feed title : judul feed
- Feed Address : Alamat feed
- User name
- Password
- Email aktif
- Tekan tombol Active Feed
5. Jika proses berhasil maka akan muncul pemberitahuan feed Anda sudah diaktifkan, tekan tombol Skip directly to feed management.



6. Fasilitas Account FeedBurner ada 5 macam :
- Analyze : fasilitas menganalisa dan melihat perkembangan feed
- Optimize : fasilitas untuk mengoptimalkan feed
- Publisize : fasilitas untuk mempublikasikan feed
- Monetize : fasilitas untuk menghasilkan uang dari feed
- Troubleshootize : fasilitas untuk memecahkan beberapa permasalahan yang mungkin terjadi

Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner. Beberapa fasilitas yang penting antara lain :

Email Subscriptions

Adalah fasilitas untuk menawarkan feed melalui email dengan cara menempatkan widget yang disediakan oleh feedburner pada blog. Beberapa service yang bisa dipi;ih adalah FeedBurner, FeedBlitz, dan RMail. Pilih salah satu service klik Active untuk mengaktifkan. Setelah itu akan muncul kode HTML yang nantinya di tempatkan pada blog.

Feed Count

Adalah fasilitas untuk mempromosikan dan menampilkan jumlah user yang telah menjadi anggota atau berlangganan Feed dari Blog Anda. Dengan menampilkan Feed Count ini seperti menampilkan statistic dari blog Anda.



Ada dua pilihan tampilan atau style yang disediakan yaitu Chicklet static dan animated. Pilih salah satu kemudian akan muncul kode HTML copy dan tempatkan pada blog.

Pingshot

Adalah fasilitas ping, sangat bermanfaat saat kita mengupdate isi dari blog, dengan fasilitas ping ini search engine akan tahu jika Anda mengupdate artikel. Sehingga artikel yang baru akan cepat di indek oleh search engine.

FeedBurner menyediakan beberapa service yang biasa digunakan, diantaranya My Yahoo, Technorati, Blog Lines, Ping O Matic, News Gator. Servis ini adalah beberapa service yang digunakan oleh pengguna RSS feed. Anda juga dapat menambahkan lagi (maksimal 5) service tambahan dengan cara memilih pada combo box yang telah disediakan. Pilih service yang akan ditambahkan kemudian klik tombol add.

Chicklet Chooser

Fasilitas ini untuk mempromosikan feed Anda, dengan cara menempatkan logo Feed pada blog. Kita bisa memilih untuk menempatkan logo dengan 2 cara :



Manual :
mengcopy kode HTML dari logo dan menempatkan pada template blog

Otomatis :
(cara ini hanya berlaku untuk platform Blogger dan TypePad) dengan cara memilih logo dan memilih blog platform yang disediakan pada combo box dibagian bawah lalu tekan Go.

Selamat mencoba, sukses untuk Anda

[Belajar yang menurut-ku baik adalah bagaimana jika kita bisa menulis untuk orang lain karena dengan itu kita akan belajar lebih banyak untuk mendalami sesuatu hal]

Artikel terkait: Mendaftar ke Technorati

1 komentar:

hakimtea mengatakan...

Seeep infonya bermanfaat sekali, lagi pengen daftar nih via feedburner. Ntar saya baca2 dulu ya baru dipraktekkan. Btw, kata penutupnya dahsyat sekali ^_^ onehoundredpersen setuju... :)