Jumat, 28 Desember 2007

Mencatat Pengunjung yang sedang mengakses blog Anda

Untuk menghitung jumlah pengunjung yang sedang mengakses dan membaca blog kita, dapat dilakukan dengan sebuah bantuan layanan gratis. Salah satu penyedia layanan pencatat ini adalah dari situs shinystat.com.Dari layanan ini bisa ditebak siapa yang mengunjungi blog, dengan melihat nomor IP komputer tamu.



Step 1
Berkunjunglah ke http://www.shinystat.com/. Pilih layanan gratis yang di tawarkan yaitu (ShinyStat Free).



Step 2
Klik (Sign Up) daftarkan nama baru anda sebagai anggota. Nama tidak boleh lebih dari 15 karakter. Tidak boleh memakai spasi atau karakter lainnya. Klik (Countinue).



Step 3
Isi formulir pendaftaran anggota pada halaman berikutnya. Dari username deskripsi blog, sampai subcategori. Selanjutnya klik (subscribe)



Step 4
Pendaftaran akun sudah selesai. Anda kini dapat mengaktifkan layanan ShinyStat dengan meng klik (Countine with installation)



Step 5
Pada bagian Setting tampilan pencatatan pengunjung versi gratis hanya tersedia (Simple Counter). Muncul banyak model tampilan pencatat tamu yang berkunjung. Pilihlan yang anda sukai kemudian tekan (Apply)



Step 6
Akun yang Anda bikin sudah selesai. Selanjutnya ada dua hal yang harus dilakukan klik (Go to step 1) pada bagian HTML kode ShinyStat meminta Anda memasukan akun milik Anda. Lanjutkan dengan meng klik (Generate Code) semua kode HTML yang muncul dicopy untuk nantinya dipasang lagi pada halaman template blog.



Step 7
Buka blog Anda pada bagian template edit html, sisipkan kode skrip yang tadi anda salin, tempatkan di bagian yang anda inginkan. Lihat pada bagian preview/pratinjau apakah penempatan pencatat pengunjung sudah benar. Jika sudah benar klik save setting

Artikel terkait: Memasang Sitemeter sebagai tool statistik, dan Membaca data pengunjung

0 komentar: